site traffic analytics

Cara Mengirim Video di Google Classroom

Haii teman Radar, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara mengirim video di Google Classroom. Seiring dengan perkembangan teknologi, e-learning semakin populer dan menjadi pilihan utama bagi para siswa dan guru untuk belajar dan mengajar online. Platform Google Classroom menjadi salah satu platform e-learning yang paling banyak digunakan karena mudah digunakan dan terintegrasi dengan layanan Google seperti Google Drive dan Google Meet.

Apa itu Google Classroom?

Google Classroom adalah platform e-learning yang dibuat oleh Google untuk memudahkan siswa dan guru dalam proses belajar-mengajar secara online. Pengguna bisa membuat kelas di Google Classroom dan mengundang siswa untuk bergabung dan mengakses tugas, quiz, dan materi pembelajaran online.

Bagaimana Cara Mengirim Video ke Google Classroom?

Berikut adalah langkah-langkah cara mengirim video ke Google Classroom:

1. Siapkan Video yang Akan Dikirim

Pertama, kamu harus menyiapkan video yang akan kamu kirim ke Google Classroom. Kamu bisa membuat video menggunakan kamera smartphone atau webcam laptop, atau menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti OBS atau Camtasia.

2. Upload Video ke Google Drive

Setelah kamu membuat video, selanjutnya kamu harus meng-upload video ke Google Drive. Pastikan kamu meng-upload video ke folder yang mudah kamu temukan.

3. Bagikan Video dengan Kelas di Google Classroom

Setelah video ter-upload di Google Drive, kamu bisa membagikan video dengan kelas di Google Classroom. Pilih kelas yang ingin kamu bagikan video, lalu klik Tugas atau Materi. Pilih Buat Tugas atau Buat Materi, lalu isikan judul tugas atau materi, deskripsi, dan tautan video dari Google Drive. Kamu juga bisa menambahkan daftar masalah yang harus di jawab siswa terkait video tersebut.

TRENDING :  Rekomendasi Laptop Gaming dengan Performa Tinggi untuk Pecinta Game

4. Izinkan Siswa untuk Mengakses Video

Sebelum siswa bisa mengakses video, kamu harus mengizinkan mereka untuk mengakses video di Google Drive. Pilih file video, klik tombol Bagikan, lalu pilih akses “Siapa Pun yang Memiliki Tautan” atau “Kelas atau Orang yang Ditentukan”. Pilih opsi “Lihat” atau “Edit”, tergantung pada izin yang kamu ingin berikan.

5. Siswa Mengunduh Video

Siswa yang telah mendapat izin dari kamu bisa mengunduh video dan menontonnya langsung di Google Classroom.

Video Apa Saja yang Bisa Diposting di Google Classroom?

YouTube tidak bisa digunakan sebagai sumber video di Google Classroom. Namun, kamu bisa memposting video dari Google Drive, Microsoft Stream, atau Vimeo, dan menjadikannya tugas atau materi di Google Classroom.

Apakah Google Classroom Gratis?

Google Classroom adalah layanan yang gratis untuk semua pengguna. Kamu hanya perlu membuat akun Google dan login ke Google Classroom untuk mulai menggunakan layanan ini.

Bisakah Guru Menghapus Video Setelah Dikirim ke Google Classroom?

Setelah tugas atau materi di-posting, guru masih bisa mengubah atau menghapus tugas atau materi tersebut sebelum batas waktu pengumpulan berakhir.

Apakah Ada Batasan Ukuran Video yang Dapat Dikirim?

Google Drive memiliki batasan 750 GB per hari untuk meng-upload file. Namun, ukuran maksimum file yang dapat di-upload tergantung pada jenis akun Google Drive yang kamu miliki.

Kesimpulan

Google Classroom merupakan platform e-learning yang populer dan mudah digunakan dalam proses belajar-mengajar secara online. Pengguna dapat dengan mudah meng-upload video ke Google Drive dan membagikannya dengan kelas di Google Classroom. Kamu bisa memilih sumber video dari Google Drive, Microsoft Stream atau Vimeo dan menjadikannya tugas atau materi di Google Classroom. Google Classroom Gratis dan guru bisa menghapus tugas atau materi mereka sebelum batas waktu pengumpulan berakhir.

TRENDING :  Cara Mengatasi Tombol Android Rusak dengan Mudah