site traffic analytics

Cara Instal Aplikasi Dapodik dengan Mudah di Indonesia

Haii teman Radar, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara instal aplikasi dapodik. Bagi para pendidik di Indonesia, pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi ini. Aplikasi Dapodik atau Data Pokok Pendidikan adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengelola data-data sekolah yang nantinya akan diakses oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Instalasi aplikasi ini sebenarnya sangat mudah dilakukan untuk para pengguna yang telah terbiasa dengan teknologi. Namun itu tidak berarti sulit bagi para pendidik pengguna komputer untuk dapat melakukan instalasi. Berikut adalah cara instal aplikasi dapodik yang mudah diikuti oleh para pengguna:

Penjelasan tentang Aplikasi Dapodik

Sebelum melakukan instalasi aplikasi Dapodik, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu tentang aplikasi yang akan kita instal. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, aplikasi Dapodik atau Data Pokok Pendidikan adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengelola data-data sekolah yang nantinya akan diakses oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Aplikasi ini sendiri digunakan oleh para kepala sekolah sebagai tindak lanjut dari program Kerjasama pendidikan antara Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mencapai tujuan nasional yang berkaitan dengan pengembangan pendidikan.

Kelebihan dari penggunaan aplikasi Dapodik adalah dapat mempercepat proses pengumpulan data sekolah, terutama data administrasi dan akademik siswa. Data tersebut nantinya akan dapat disajikan secara sistematis, sehingga proses monitoring dan evaluasi akan menjadi lebih mudah dilakukan. Hal ini tentunya akan sangat membantu para pendidik serta lembaga pendidikan dalam melaksanakan tugasnya.

Langkah-langkah Instalasi Aplikasi Dapodik

Berikut adalah langkah-langkah instalasi aplikasi Dapodik yang mudah diikuti:

1. Download file instalasi aplikasi Dapodik

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengunduh file instalasi aplikasi Dapodik terlebih dahulu. File instalasi ini dapat diunduh langsung dari situs resmi Dapodik atau melalui link yang telah disediakan oleh admin website sekolah atau kabupaten/kota tempat bekerja. Ada beberapa varian Dapodik yang tersedia, jadi pastikan memilih varian sesuai dengan lokasi dan tahun ajaran yang berlaku di sekolah tersebut.

TRENDING :  Cara Mengatasi iCloud Penuh di iPhone dengan Mudah

2. Persiapkan file yang diperlukan

Setelah file instalasi Dapodik berhasil diunduh, persiapkan file-file yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi Dapodik, yaitu software RAR atau WinRAR dan software .NET Framework versi 4.5 atau yang lebih tinggi. Kedua software tersebut dapat diunduh secara gratis melalui website resmi.

3. Lakukan ekstraksi file instalasi

Setelah semua persiapan selesai, lakukan ekstraksi file instalasi Dapodik dengan menggunakan software RAR atau WinRAR yang telah terpasang di komputer atau laptop anda. Setelah proses ekstraksi selesai, akan muncul folder bernama “Dapodik”.

4. Instal .NET Framework

Setelah proses ekstraksi selesai, langkah selanjutnya adalah melakukan instalasi .NET Framework versi 4.5 atau lebih tinggi. Jangan lupa untuk meng-update software tersebut secara berkala agar aplikasi Dapodik bisa berjalan dengan lancar.

5. Install aplikasi Dapodik

Setelah semua persiapan selesai, langkah terakhir adalah melakukan instalasi aplikasi Dapodik dengan klik kanan pada file yang telah diekstrak pada langkah ketiga dan kemudian pilih opsi “Run as Administrator”. Selanjutnya, ikuti petunjuk instalasi yang muncul pada layar anda dan tunggu hingga proses instalasi selesai.

Apakah Aplikasi Dapodik Gratis?

Ya, aplikasi Dapodik gratis dan telah disediakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui situs resmi Dapodik. Namun, kita perlu mengunduh file instalasi aplikasi tersebut untuk menggunakannya. Dalam proses instalasi juga tidak akan dikenakan biaya apapun.

Apakah Aplikasi Dapodik Aman Digunakan?

Ya, aplikasi Dapodik aman digunakan karena telah melalui pengujian dan sertifikasi cyber security oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika. Namun, pengguna juga perlu melakukan update secara berkala untuk menjaga keamanan aplikasi tersebut dari serangan virus dan malware.

Apakah Aplikasi Dapodik Tersedia untuk Sistem Operasi Lain Selain Windows?

Tidak, saat ini aplikasi Dapodik hanya tersedia untuk sistem operasi Windows dan belum tersedia untuk sistem operasi lain seperti MacOS atau Linux.

TRENDING :  Cara Download Foto di Google Drive: Mudah dan Praktis

Apakah Bisa Menggunakan Aplikasi Dapodik Tanpa Koneksi Internet?

Ya, aplikasi Dapodik bisa digunakan tanpa koneksi internet. Namun, untuk proses verifikasi data dan sinkronisasi data ke server nasional, diperlukan koneksi internet yang stabil dan cepat.

Kesimpulan

Melalui artikel ini, kita telah mempelajari tentang cara instalasi aplikasi Dapodik yang mudah dilakukan dan beberapa hal yang perlu diketahui tentang aplikasi ini. Dengan bantuan aplikasi Dapodik, para pendidik dan lembaga pendidikan dapat lebih mudah dan cepat untuk mengelola data administrasi dan akademik siswa. Selain itu, kita juga telah mengetahui bahwa aplikasi Dapodik gratis, aman digunakan, tersedia hanya untuk sistem operasi Windows, dan dapat digunakan tanpa koneksi internet.