site traffic analytics

Cara Print Google Form: Mudah dan Praktis untuk Mendapatkan Salinan Formulir Anda

Haii Teman Radar, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang “cara print google form”. Mungkin Anda telah membuat atau mengisi formulir menggunakan Google Form dan ingin mencetak salinan formulir tersebut. Jangan khawatir! Kami akan memandu Anda langkah demi langkah dalam mencetak Google Form dengan mudah dan praktis. Dengan mengetahui cara ini, Anda dapat memiliki salinan formulir yang dapat dicetak dan disimpan untuk referensi atau keperluan lainnya. Mari kita mulai!

1. Buka Google Form dan Pilih Respon

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka Google Form yang ingin Anda cetak. Setelah itu, klik tab “Respon” di bagian atas formulir. Halaman respon akan menampilkan semua respons yang telah Anda terima dari pengisi formulir.

1.1 Buka Google Form

Untuk membuka Google Form, Anda bisa menggunakan akun Google yang telah terhubung dengan formulir yang ingin dicetak. Anda dapat membuka Google Form melalui aplikasi Google Drive atau melalui tautan formulir yang telah Anda bagikan.

1.2 Pilih Respon

Setelah membuka Google Form, Anda akan melihat beberapa tab di bagian atas. Klik tab “Respon” untuk melihat semua respons yang telah masuk ke formulir tersebut. Pada halaman respon, Anda dapat melihat daftar respons dari pengisi formulir.

2. Pilih Opsi Lainnya dan Pilih “Cetak”

Jika Anda telah membuka halaman respon pada Google Form, langkah selanjutnya adalah memilih opsi lainnya di bagian kanan atas halaman. Ketika Anda mengklik opsi lainnya, akan muncul beberapa pilihan, termasuk “Cetak”. Klik opsi “Cetak” untuk memulai proses pencetakan Google Form.

2.1 Pilih Opsi Lainnya

Pada halaman respon, Anda akan melihat ikon tiga titik vertikal di bagian kanan atas halaman. Klik ikon tersebut untuk membuka menu opsi lainnya.

TRENDING :  Cara Screenshot Panjang PC

2.2 Pilih “Cetak”

Setelah Anda membuka menu opsi lainnya, akan muncul beberapa pilihan. Gulir ke bawah dan temukan opsi “Cetak”. Klik opsi “Cetak” untuk memulai proses pencetakan Google Form.

3. Atur Pengaturan Cetak dan Klik “Cetak”

Setelah Anda klik opsi “Cetak”, jendela pengaturan cetak akan muncul. Di sini, Anda dapat mengatur pengaturan cetak sesuai preferensi Anda. Anda dapat memilih printer yang ingin digunakan, mengatur jumlah salinan, dan mengatur tata letak cetak. Setelah Anda mengatur pengaturan cetak, klik tombol “Cetak” untuk memulai pencetakan.

3.1 Atur Pengaturan Cetak

Pada jendela pengaturan cetak, Anda dapat melihat berbagai opsi pengaturan cetak. Pilih printer yang ingin Anda gunakan, atur jumlah salinan yang ingin dicetak, dan sesuaikan tata letak cetak sesuai kebutuhan Anda.

3.2 Klik “Cetak”

Setelah Anda selesai mengatur pengaturan cetak, klik tombol “Cetak” untuk memulai proses pencetakan Google Form. Pastikan printer Anda terhubung dan siap digunakan sebelum mengeklik tombol “Cetak”.

4. Tunggu Selesai dan Ambil Salinan Cetak

Setelah Anda mengeklik tombol “Cetak”, Google Form akan mulai dicetak sesuai dengan pengaturan yang Anda tentukan. Tunggu sampai proses pencetakan selesai dan jangan lupa untuk mengambil salinan cetak formulir Anda dari printer.

4.1 Tunggu Selesai

Setelah Anda mengeklik tombol “Cetak”, proses pencetakan akan dimulai. Tunggu sampai proses pencetakan selesai sebelum Anda mengambil salinan cetak formulir dari printer.

4.2 Ambil Salinan Cetak

Setelah proses pencetakan selesai, jangan lupa untuk mengambil salinan cetak formulir dari printer. Pastikan untuk menyimpannya dengan baik agar dapat digunakan untuk referensi atau keperluan lainnya.

5. Simpan Salinan Digital sebagai Cadangan

Selain mencetak salinan Google Form, penting untuk menyimpan salinan digital sebagai cadangan. Anda dapat menyimpan salinan digital dalam format PDF atau menyimpannya di akun Google Drive Anda. Dengan memiliki salinan digital, Anda dapat dengan mudah mencetak formulir lagi jika diperlukan.

TRENDING :  Cara Melihat Status Story WhatsApp

5.1 Simpan sebagai PDF

Jika Anda ingin menyimpan salinan digital dalam format PDF, Anda dapat memilih opsi “Simpan sebagai PDF” saat memilih pengaturan cetak. Pilih opsi ini dan klik “Cetak” untuk menyimpan salinan digital Google Form dalam bentuk file PDF.

5.2 Simpan di Google Drive

Anda juga dapat menyimpan salinan digital Google Form di akun Google Drive Anda. Setelah Anda mengklik opsi “Cetak” dan memilih pengaturan cetak, pilih opsi “Simpan di Google Drive”. Salinan digital akan disimpan di Google Drive Anda dan dapat diakses kapan saja.

FAQ Jawaban
1. Apakah saya perlu menginstall printer? Tentu, Anda perlu menginstall printer dan memastikan printer terhubung dengan komputer atau perangkat lainnya sebelum mencetak Google Form.
2. Bagaimana jika saya ingin mencetak hanya beberapa bagian dari Google Form? Anda dapat memilih opsi “Print Range” atau “Rentang Cetak” saat mengatur pengaturan cetak. Pilih opsi ini dan tentukan bagian yang ingin dicetak.
3. Bisakah saya mencetak salinan Google Form tanpa mengisi formulir? Tentu, Anda dapat mencetak salinan Google Form tanpa mengisi formulir. Cukup klik opsi “Print” di bagian atas formulir dan ikuti langkah-langkah yang dijelaskan sebelumnya.
4. Mengapa penting untuk menyimpan salinan digital sebagai cadangan? Menyimpan salinan digital sebagai cadangan penting untuk menjaga keamanan dan ketersediaan formulir. Salinan digital akan memudahkan Anda jika Anda perlu mencetak formulir lagi di masa mendatang.
5. Jika saya ingin mencetak salinan formulir dari akun Google Drive, apakah langkah-langkahnya sama? Ya, langkah-langkahnya sama. Anda dapat membuka formulir di akun Google Drive Anda, pilih opsi “Print” atau “Cetak”, atur pengaturan cetak, dan akhiri dengan mencetak formulir.
TRENDING :  Cara Restart Modem Indihome: Solusi Ampuh Mengatasi Masalah Internet

Sebagai kesimpulan, mencetak Google Form dapat dilakukan dengan mudah dan praktis. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat memiliki salinan cetak dan salinan digital formulir dengan cepat. Jangan lupa untuk mengatur pengaturan cetak sesuai kebutuhan Anda sebelum mencetak. Pastikan juga printer Anda terhubung dan siap digunakan sebelum memulai proses pencetakan. Selamat mencetak Google Form!