site traffic analytics

Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara di iPhone

Haii Teman Radar, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang “cara menonaktifkan wa sementara di iPhone”. Bagi pengguna iPhone yang ingin beristirahat sejenak dari aktifitas di WhatsApp, artikel ini akan memberikan panduan langkah demi langkah untuk menonaktifkan aplikasi dengan mudah. Yuk, simak cara-cara berikut ini!

1. Menggunakan Mode Airplane

Salah satu cara termudah untuk menonaktifkan WhatsApp sementara di iPhone adalah dengan menggunakan mode Airplane. Langkah-langkahnya cukup sederhana:

Langkah 1:

Buka Pengaturan (Settings) di iPhone Anda.

Langkah 2:

Gulir ke bawah dan temukan opsi “Mode Pesawat” (Airplane Mode). Aktifkan opsi ini dengan menggesernya ke posisi ON.

Langkah 3:

Tunggu beberapa saat dan WhatsApp akan kehilangan koneksi internet. Anda tidak akan menerima pesan baru dan tidak akan dapat mengirim pesan selama mode pesawat aktif.

Langkah 4:

Untuk mengaktifkan kembali WhatsApp, cukup matikan mode pesawat dengan menggesernya ke posisi OFF. WhatsApp akan kembali terhubung dengan internet dan Anda bisa menggunakan aplikasi seperti biasa.

2. Mengatur Notifikasi

Jika Anda tidak ingin sepenuhnya menonaktifkan WhatsApp, namun ingin menghindari gangguan dari pesan yang masuk, Anda bisa mengatur notifikasi dengan langkah-langkah berikut:

Langkah 1:

Buka Pengaturan (Settings) di iPhone Anda.

Langkah 2:

Pilih opsi “Notifikasi” (Notifications).

Langkah 3:

Cari dan pilih WhatsApp dari daftar aplikasi yang ada di iPhone Anda.

Langkah 4:

Matikan opsi “Notifikasi dari Aplikasi” (Allow Notifications) dengan menggeser tombolnya ke posisi OFF.

Langkah 5:

Dengan menonaktifkan notifikasi, Anda tidak akan menerima pemberitahuan atau suara pesan baru dari WhatsApp. Namun, Anda masih bisa membuka aplikasi dan membaca pesan-pesan yang masuk secara manual.

TRENDING :  Cara Reset HP Android: Panduan Lengkap untuk Mengatasi Masalah di Ponsel Anda

3. Menggunakan Mode “Away”

iOS memiliki fitur “Away” yang memungkinkan penggunanya untuk menampilkan status “Tidak Aktif” dalam aplikasi pesan. Dengan mengaktifkan mode “Away” di WhatsApp, Anda bisa menonaktifkan notifikasi pesan sementara. Berikut adalah caranya:

Langkah 1:

Buka aplikasi WhatsApp di iPhone Anda.

Langkah 2:

Tap ikon “Setting” di pojok kanan bawah.

Langkah 3:

Pilih opsi “Pengaturan” (Settings).

Langkah 4:

Pilih opsi “Akun” (Account).

Langkah 5:

Pilih opsi “Privasi” (Privacy).

Langkah 6:

Pilih opsi “Terakhir Dilihat” (Last Seen).

Langkah 7:

Pilih opsi “Jauh” (Away) untuk menampilkan status “Tidak Aktif” di aplikasi WhatsApp. Dengan mengaktifkan mode ini, pengirim pesan tidak akan melihat Anda online dan Anda juga tidak akan menerima notifikasi pesan baru.

4. Menghapus Aplikasi Untuk Sementara

Jika Anda ingin benar-benar istirahat dari WhatsApp, Anda dapat mempertimbangkan untuk menghapus aplikasi sementara dari iPhone. Berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1:

Tekan dan tahan ikon WhatsApp di layar beranda iPhone Anda.

Langkah 2:

Tekan ikon tanda “x” di pojok kiri ikon WhatsApp untuk menghapus aplikasi.

Langkah 3:

Ambil keputusan untuk menghapus aplikasi atau membatalkannya saat muncul pesan konfirmasi. Jika Anda ingin menghapus sementara, pilih “Hapus” (Delete).

Langkah 4:

Setelah menghapus aplikasi, Anda tidak akan bisa membukanya atau menerima pesan baru. Namun, semua data dan riwayat chat akan tetap ada ketika Anda menginstal ulang aplikasi.

FAQ

1. Bagaimana cara mengaktifkan kembali WhatsApp setelah mode pesawat dinonaktifkan?

Untuk mengaktifkan kembali WhatsApp setelah mode pesawat dinonaktifkan, cukup matikan mode pesawat dengan menggesernya ke posisi OFF. WhatsApp akan kembali terhubung dengan internet dan Anda bisa menggunakan aplikasi seperti biasa.

TRENDING :  Cara Menggunakan IDM: Panduan Lengkap

2. Apakah saya masih bisa membaca pesan di WhatsApp jika saya menonaktifkan notifikasi?

Ya, meskipun Anda menonaktifkan notifikasi, Anda masih bisa membuka aplikasi secara manual dan membaca pesan-pesan yang masuk.

3. Apakah data dan riwayat chat saya akan hilang jika saya menghapus aplikasi WhatsApp sementara?

Tidak, semua data dan riwayat chat akan tetap ada ketika Anda menginstal ulang aplikasi WhatsApp nantinya. Menghapus aplikasi hanya akan menonaktifkannya sementara tanpa menghapus data chat Anda.

4. Bisakah seseorang melihat bahwa saya sedang online di WhatsApp saat mode “Away” diaktifkan?

Tidak, saat mode “Away” diaktifkan, pengirim pesan tidak akan melihat Anda online. Mode “Away” akan menampilkan status “Tidak Aktif” di WhatsApp.

5. Apakah ada pengaturan untuk menonaktifkan notifikasi pesan dari kontak tertentu?

Tidak, WhatsApp tidak menyediakan pengaturan khusus untuk menonaktifkan notifikasi pesan dari kontak tertentu. Namun, Anda dapat mengatur “Nada Notifikasi” (Notification Sound) secara individual untuk setiap kontak di WhatsApp.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas beberapa cara untuk menonaktifkan WhatsApp sementara di iPhone. Anda dapat menggunakan mode pesawat, mengatur notifikasi, mengaktifkan mode “Away”, atau bahkan menghapus aplikasi secara sementara. Pilihlah cara yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ingatlah bahwa dengan menonaktifkan WhatsApp sementara, Anda dapat beristirahat sejenak dari gangguan pesan dan fokus pada kegiatan lainnya. Apapun alasan Anda, semoga panduan ini berguna untuk membuat pengalaman menggunakan iPhone Anda menjadi lebih nyaman dan terorganisir.