site traffic analytics

Cara Screenshot di PC Termudah dan Paling Simpel

Haii, Teman Radar! Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara screenshot di PC termudah dan paling simpel. Jika Anda sering menggunakan PC atau laptop, pasti tidak asing dengan kebutuhan untuk mengambil tangkapan layar atau screenshot. Screenshot ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan, seperti mengabadikan gambar dari layar, membagikan tampilan program atau halaman web kepada orang lain, atau menyimpan informasi penting dari suatu aplikasi.

Meskipun fitur screenshot sudah ada pada sistem operasi Windows, tidak semua orang mungkin mengetahui caranya. Oleh karena itu, kami akan membagikan beberapa cara yang paling mudah dan simpel dalam mengambil screenshot di PC Anda. Tanpa perlu repot-repot mengunduh aplikasi tambahan, Anda bisa dengan cepat mengabadikan gambar layar dengan langkah-langkah berikut:

1. Cara Screenshot Menggunakan Tombol Print Screen (PrtSc)

Tombol Print Screen atau biasa disingkat PrtSc pada keyboard adalah cara termudah untuk mengambil screenshot di PC. Caranya sangat sederhana, Anda hanya perlu menekan tombol PrtSc pada keyboard dan layar akan langsung tersimpan sebagai gambar di clipboard komputer. Namun, gambar yang dihasilkan tidak akan langsung terlihat, karena sebenarnya masih berada di clipboard dan tidak disimpan secara otomatis.

Setelah menekan tombol PrtSc, langkah selanjutnya adalah membuka program pengedit gambar seperti Paint, dan paste (Ctrl+V) gambar dari clipboard. Anda bisa melakukan editing atau menyimpan gambar tersebut sesuai keinginan Anda. Metode ini sangat umum digunakan oleh pengguna PC karena kepraktisannya. Namun, jika Anda ingin proses pengambilan screenshot menjadi lebih cepat dan otomatis, simak cara selanjutnya.

2. Cara Screenshot Menggunakan Tombol Windows + PrtSc

Jika Anda ingin mengambil screenshot dengan lebih mudah dan tanpa perlu paste di program pengedit gambar, Anda bisa menggunakan kombinasi tombol Windows + PrtSc. Tombol Windows biasanya berada di antara tombol Ctrl dan Alt pada keyboard, dengan logo jendela Windows. Caranya cukup tekan kedua tombol tersebut secara bersamaan, dan gambar layar akan secara otomatis tersimpan di folder “Screenshots” dalam folder “Pictures” di komputer Anda.

TRENDING :  Cara Menghilangkan Sadapan Pinjaman Online

Kelebihan menggunakan metode ini adalah Anda tidak perlu membuka program pengedit gambar terlebih dahulu. Setelah menekan kombinasi tombol Windows + PrtSc, Anda bisa langsung membuka folder Screenshots dan melihat hasil screenshot baru yang telah disimpan di sana. Metode ini sangat efisien untuk pengguna yang sering melakukan screenshot dan ingin menghemat waktu.

3. Cara Screenshot Menggunakan Snipping Tool

Bagi Anda yang menggunakan Windows 7 atau versi Windows yang lebih lama, Snipping Tool adalah salah satu fitur bawaan yang bisa Anda gunakan untuk mengambil screenshot dengan lebih mudah. Caranya sebagai berikut:

– Buka Snipping Tool dengan mengetikkan “Snipping Tool” di kotak pencarian atau mencarinya di menu Start.

– Setelah Snipping Tool terbuka, klik “New” untuk memulai membuat screenshot.

– Secara default, Snipping Tool akan membiarkan Anda membuat screenshot dari bagian area dengan men-drag mouse. Anda juga bisa memilih mode lain seperti Screenshot Window atau Full-Screen Snip.

– Setelah melakukan screenshot, Anda bisa menyimpannya dengan cara mengklik “Save” atau men-copy screenshot ke clipboard untuk dipaste di program lain.

4. Cara Screenshot Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda menginginkan fitur yang lebih lengkap, terkadang menggunakan aplikasi pihak ketiga menjadi pilihan. Ada banyak aplikasi screenshot yang dapat Anda unduh dan instal di PC Anda, seperti Lightshot, Greenshot, atau Snagit. Aplikasi-aplikasi ini biasanya memiliki fitur yang lebih canggih, seperti kemampuan untuk mengambil screenshot pada bagian tertentu saja, memberikan anotasi, atau membagikan screenshot secara langsung ke platform media sosial.

Masih ada beberapa cara lain untuk mengambil screenshot di PC, tergantung pada sistem operasi yang Anda gunakan dan kebutuhan spesifik Anda. Namun, kelima cara di atas adalah cara paling umum dan paling simpel yang bisa Anda coba. Tidak perlu takut untuk mencobanya dan eksplorasi sendiri, karena mengambil screenshot di PC sebenarnya sangatlah mudah dan simpel.

TRENDING :  Cara Instal LUTs di Premiere Pro

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Bagaimana cara mengambil screenshot di PC secara selektif?

Untuk mengambil screenshot di PC secara selektif, Anda bisa menggunakan fitur Snipping Tool atau aplikasi pihak ketiga seperti Lightshot atau Greenshot. Anda dapat memilih area yang ingin diambil screenshot dengan mouse, dan kemudian menyimpannya atau mengeditnya sesuai kebutuhan.

2. Bisakah saya menentukan tempat penyimpanan screenshot di PC?

Ya, Anda dapat menentukan tempat penyimpanan screenshot di PC. Jika Anda menggunakan metode tombol Windows + PrtSc, gambar akan secara otomatis disimpan dalam folder “Screenshots” dalam folder “Pictures” di komputer Anda. Namun, jika Anda menggunakan aplikasi pihak ketiga, biasanya Anda dapat mengatur folder penyimpanan sesuai preferensi Anda.

3. Apa perbedaan antara PrtSc dan Alt + PrtSc dalam mengambil screenshot di PC?

Tombol PrtSc akan mengambil screenshot dari seluruh layar, sedangkan tombol Alt + PrtSc akan mengambil screenshot hanya dari jendela aktif saat itu. Jika Anda hanya ingin mengambil tangkapan layar pada aplikasi tertentu atau jendela program, Anda dapat menggunakan tombol Alt + PrtSc untuk mempermudah prosesnya.

4. Apakah bisa mengambil screenshot di PC menggunakan aplikasi smartphone?

Ya, Anda dapat mengambil screenshot di PC menggunakan aplikasi smartphone. Anda dapat menggunakan aplikasi remote desktop atau aplikasi khusus yang memungkinkan smartphone terhubung dengan PC Anda. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, Anda dapat mengambil screenshot dari PC melalui smartphone Anda.

5. Bagaimana cara mengambil screenshot pada game yang sedang dimainkan di PC?

Untuk mengambil screenshot pada game yang sedang dimainkan di PC, Anda dapat menggunakan tombol Print Screen atau PrtSc pada keyboard. Gambar layar game akan tersimpan di clipboard komputer Anda. Setelah itu, Anda bisa membuka program pengedit gambar, paste gambar dari clipboard, dan menyimpannya sesuai kebutuhan.

TRENDING :  Cara Beli Game Steam: Langkah mudah untuk mendapatkan game favorit

Kesimpulan

Setelah membahas cara-cara screenshot di PC termudah dan paling simpel, dapat disimpulkan bahwa mengambil screenshot di PC sebenarnya tidaklah sulit. Anda tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan jika hanya membutuhkan fitur dasar seperti mengambil screenshot layar penuh atau jendela aktif. Metode termudah adalah dengan menggunakan tombol PrtSc atau kombinasi tombol Windows + PrtSc untuk mengambil tangkapan layar dan membukanya di program pengedit gambar sesuai keinginan Anda.

Bagi Anda yang membutuhkan fitur lebih lengkap, seperti mengambil screenshot selektif, memberikan anotasi, atau membagikan screenshot ke media sosial, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Lightshot, Greenshot, atau Snagit. Metode lain seperti menggunakan Snipping Tool juga bisa menjadi alternatif terutama bagi pengguna Windows versi sebelum Windows 10.

Dengan mengetahui cara-cara screenshot di PC, Anda bisa lebih leluasa dalam mengabadikan momen penting atau berbagi informasi melalui gambar. Tetapi tetap perhatikan etika penggunaan screenshot dan hindari mengambil screenshot yang melanggar privasi orang lain. Selamat mencoba!