site traffic analytics

Membuat Monitor Laptop Biasa Menjadi Layar Sentuh Touchscreen Begini Caranya

Haii, Teman Radar, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang “membuat monitor laptop biasa menjadi layar sentuh touchscreen begini caranya”.

Pengenalan tentang Layar Sentuh Touchscreen pada Monitor Laptop

Monitortouchscreen biasanya digunakan pada perangkat mobile seperti smartphone atau tablet. Namun, apakah mungkin bagi kita untuk mengubah monitor laptop biasa menjadi layar sentuh touchscreen? Jawabannya adalah ya. Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah yang diperlukan untuk membuat monitor laptop biasa menjadi layar sentuh touchscreen.

1. Menggunakan Overlay Touchscreen

Salah satu cara termudah untuk mengubah monitor laptop biasa menjadi layar sentuh touchscreen adalah dengan menggunakan overlay touchscreen. Overlay touchscreen dapat dipasang di atas layar monitor dan dikontrol dengan menggunakan sentuhan jari.

Langkah pertama adalah membeli overlay touchscreen yang kompatibel dengan ukuran monitor laptop Anda. Selanjutnya, bersihkan layar laptop dengan baik sebelum memasang overlay touchscreen. Setelah itu, tempelkan overlay touchscreen dengan hati-hati dan pastikan agar tidak ada gelembung udara yang terperangkap di antara layar dan overlay touchscreen.

Setelah overlay touchscreen terpasang dengan baik, sambungkan kabel yang disediakan ke laptop. Instal driver yang diperlukan untuk mengaktifkan fungsi touchscreen pada monitor laptop Anda. Setelah proses instalasi selesai, Anda sudah dapat menggunakan monitor laptop Anda sebagai layar sentuh touchscreen.

2. Menggunakan Pen Stylus

Jika Anda tidak ingin menggunakan overlay touchscreen, Anda masih dapat mengubah monitor laptop biasa menjadi layar sentuh touchscreen dengan menggunakan pen stylus. Pen stylus adalah alat yang memungkinkan Anda untuk mengontrol layar dengan presisi yang lebih tinggi daripada menggunakan jari.

Langkah pertama adalah membeli pen stylus yang kompatibel dengan laptop Anda. Ada banyak pilihan pen stylus yang tersedia di pasaran, jadi pastikan Anda memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah membeli pen stylus, hubungkan pen stylus ke laptop Anda menggunakan koneksi bluetooth atau kabel yang disediakan.

TRENDING :  Cara Melihat Gaji Youtuber

Setelah pen stylus terhubung dengan laptop, Anda dapat mulai menggunakan monitor laptop sebagai layar sentuh touchscreen dengan menggunakan pen stylus. Pen stylus dapat digunakan untuk menulis, menggambar, atau mengontrol aplikasi dan program di laptop Anda.

3. Menggunakan Software Tambahan

Selain menggunakan overlay touchscreen atau pen stylus, Anda juga dapat mengubah monitor laptop biasa menjadi layar sentuh touchscreen menggunakan software tambahan. Ada beberapa software yang dapat Anda gunakan untuk mengaktifkan fungsi touchscreen pada monitor laptop Anda.

Langkah pertama adalah mencari software yang kompatibel dengan laptop Anda. Ada beberapa software yang dapat Anda coba, seperti Touch-It Virtual Keyboard, Touch Base, atau goTouch. Setiap software memiliki tata letak dan fitur yang berbeda, jadi pastikan untuk memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Setelah menemukan software yang cocok, ikuti petunjuk instalasi yang diberikan. Setelah proses instalasi selesai, Anda dapat langsung menggunakan layar monitor laptop sebagai layar sentuh touchscreen.

4. Menggunakan Sistem Operasi yang Mendukung Touchscreen

Jika Anda ingin mengubah monitor laptop biasa menjadi layar sentuh touchscreen tanpa menggunakan overlay, pen stylus, atau software tambahan, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan sistem operasi yang mendukung touchscreen.

Misalnya, Anda dapat menginstal sistem operasi Windows 10 yang memiliki fitur touchscreen built-in. Dengan menggunakan sistem operasi ini, Anda dapat menggunakan monitor laptop sebagai layar sentuh touchscreen tanpa perlu melakukan instalasi tambahan.

Anda juga dapat mencoba sistem operasi lain yang mendukung touchscreen seperti Chrome OS atau Ubuntu. Setiap sistem operasi memiliki cara pengoperasian yang berbeda, jadi pastikan untuk membaca petunjuk penggunaan yang disediakan.

5. Menggunakan Perangkat Tambahan

Jika Anda masih ingin mengubah monitor laptop biasa menjadi layar sentuh touchscreen tanpa menggunakan cara-cara di atas, Anda dapat mencoba menggunakan perangkat tambahan seperti pen tablet atau papan ketik touchscreen.

TRENDING :  Cara Aktifkan Mode Gelap WhatsApp Web

Pen tablet adalah perangkat yang memiliki layar sentuh touchscreen yang dapat dihubungkan ke laptop Anda. Anda dapat menggunakan pen tablet ini untuk menggambar, menulis, atau mengontrol aplikasi dan program di laptop Anda. Papan ketik touchscreen adalah perangkat yang memungkinkan Anda untuk mengetik dengan menggunakan sentuhan jari pada layar.

Memilih perangkat tambahan yang tepat tergantung pada kebutuhan dan preferensi Anda. Pastikan untuk membaca petunjuk penggunaan yang disediakan untuk memaksimalkan penggunaan monitor laptop sebagai layar sentuh touchscreen.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah overlay touchscreen dapat merusak monitor laptop?

Tidak, overlay touchscreen tidak akan merusak monitor laptop karena dipasang di atas layar dan dapat dilepas kapan pun.

2. Apakah pen stylus dapat digunakan untuk semua jenis aplikasi dan program di laptop?

Ya, pen stylus dapat digunakan untuk mengontrol semua jenis aplikasi dan program di laptop yang mendukung input sentuhan.

3. Apakah software tambahan dapat membuat monitor laptop menjadi lebih lambat?

Tergantung pada spesifikasi laptop Anda dan software yang digunakan. Namun, biasanya penggunaan software tambahan tidak signifikan mempengaruhi kinerja laptop.

4. Apakah semua jenis laptop dapat diubah menjadi layar sentuh touchscreen?

Tidak semua jenis laptop dapat diubah menjadi layar sentuh touchscreen. Pastikan untuk memeriksa kompatibilitas laptop Anda sebelum mengubahnya.

5. Apakah penggunaan perangkat tambahan dapat mengurangi respon sentuhan pada layar?

Tergantung pada kualitas perangkat tambahan yang digunakan. Pilihlah perangkat tambahan yang berkualitas untuk mendapatkan respon sentuhan yang maksimal pada layar.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, mengubah monitor laptop biasa menjadi layar sentuh touchscreen memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan penggunaan laptop dalam berbagai kegiatan seperti menulis, menggambar, atau mengontrol aplikasi dan program dengan presisi yang lebih tinggi. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan overlay touchscreen, pen stylus, software tambahan, atau perangkat tambahan seperti pen tablet atau papan ketik touchscreen. Pilihlah cara yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Pastikan untuk memeriksa kompatibilitas laptop Anda sebelum melakukan perubahan dan mengikuti petunjuk penggunaan yang disediakan. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat memberikan wawasan baru bagi Anda dalam menggunakan monitor laptop sebagai layar sentuh touchscreen. Selamat mencoba!

TRENDING :  Cara Menggunakan Aplikasi Youtube Kids