site traffic analytics

Cara Screenshot di Laptop Toshiba

Haii, Teman Radar, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara screenshot di laptop toshiba.

1. Menggunakan Tombol Print Screen

Jika Anda menggunakan laptop Toshiba, Anda bisa menggunakan tombol Print Screen (PrtSc) di keyboard untuk mengambil screenshot. Tombol ini biasanya terletak di bagian atas keyboard di sebelah kanan. Berikut langkah-langkahnya:

Step 1: Buka tampilan yang ingin Anda screenshot

Pertama, buka tampilan yang ingin Anda ambil screenshotnya. Misalnya, jika Anda ingin mengambil screenshot halaman web atau aplikasi, bukalah halaman web atau aplikasi tersebut.

Step 2: Tekan Tombol Print Screen

Setelah tampilan yang ingin Anda screenshot ditampilkan di layar, tekan tombol Print Screen (PrtSc) di keyboard Toshiba Anda. Biasanya tombol ini juga dikombinasikan dengan tombol “Fn” pada laptop Toshiba.

Step 3: Tempelkan Screenshot ke Aplikasi Pengolah Gambar

Setelah Anda menekan tombol Print Screen, screenshot akan disimpan di clipboard. Selanjutnya, buka aplikasi pengolah gambar seperti Paint atau Photoshop, lalu tekan tombol “Ctrl + V” untuk menempelkan screenshot yang telah diambil tadi.

Step 4: Simpan Screenshot

Setelah menempelkan screenshot di aplikasi pengolah gambar, Anda dapat menggunakan fitur-fitur editing atau menambahkan catatan pada screenshot jika diperlukan. Setelah itu, klik “File” dan pilih “Save” atau “Save As” untuk menyimpan screenshot di lokasi yang Anda inginkan.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan tombol Print Screen, Anda juga dapat mengambil screenshot di laptop Toshiba dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang menawarkan fitur-fitur tambahan yang lebih lengkap dan mudah digunakan. Berikut adalah beberapa aplikasi screenshot yang direkomendasikan:

Greenshot

Greenshot adalah aplikasi screenshot yang populer dan mudah digunakan. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur seperti pengeditan gambar, penambahan teks atau tanda panah, dan kemampuan untuk langsung membagikan screenshot ke media sosial atau platform lainnya.

TRENDING :  Cara Mengatasi Google Play Store Error RH 01

Snagit

Snagit adalah aplikasi screenshot yang sangat lengkap dan serbaguna. Selain fitur dasar seperti mengambil screenshot layar penuh atau bagian tertentu, Snagit juga memiliki fitur pengeditan canggih seperti crop, resize, dan efek khusus. Aplikasi ini juga dapat merekam video dari layar laptop.

Lightshot

Lightshot adalah aplikasi screenshot sederhana namun powerful. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot dengan mudah, serta melakukan editing sederhana seperti crop, highlight, atau blur. Lightshot juga menyediakan fitur untuk langsung membagikan screenshot ke platform media sosial atau menguploadnya ke server mereka.

3. Menyimpan Screenshot di Cloud Storage

Jika Anda menggunakan laptop Toshiba dengan fitur cloud storage, Anda dapat menyimpan screenshot langsung ke cloud storage seperti Google Drive atau Dropbox. Dengan cara ini, Anda dapat mengakses screenshot Anda dari perangkat lain dan dapat membagikannya dengan mudah kepada orang lain.

4. Menggunakan Screenshot Tool Windows

Windows juga menyediakan fitur built-in yang disebut “Snipping Tool” untuk mengambil screenshot. Anda dapat membuka Snipping Tool dengan mencarinya di menu Start atau melalui tombol “Windows + Shift + S” pada keyboard. Dengan Snipping Tool, Anda dapat memilih area tertentu untuk diambil screenshotnya, serta melakukan beberapa editing sederhana.

5. Menggunakan Ekstensi Browser

Jika Anda sering mengambil screenshot dari halaman web, Anda dapat menggunakan ekstensi browser seperti “Fireshot” untuk mempermudah prosesnya. Fireshot memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot dari halaman web secara keseluruhan atau bagian tertentu, dan dapat melakukan editing serta menyimpannya dalam beberapa format gambar yang berbeda.

FAQ:

1. Apakah cara screenshot di laptop Toshiba sama dengan laptop lain?

Ya, cara screenshot di laptop Toshiba umumnya sama dengan laptop lain yang menggunakan sistem operasi Windows. Anda dapat menggunakan tombol Print Screen, aplikasi pihak ketiga, Snipping Tool Windows, atau ekstensi browser untuk mengambil screenshot.

TRENDING :  Cara Memindahkan Data dari HP Lama ke HP Baru Samsung

2. Bagaimana jika tombol Print Screen tidak berfungsi di laptop Toshiba saya?

Jika tombol Print Screen tidak berfungsi di laptop Toshiba Anda, Anda dapat mencoba kombinasi tombol lain seperti “Fn + PrtSc” atau “Alt + PrtSc”. Jika masih tidak berhasil, cobalah menggunakan aplikasi pihak ketiga atau fitur Snipping Tool Windows.

3. Apakah saya harus mengunduh aplikasi pihak ketiga untuk mengambil screenshot di laptop Toshiba?

Tidak, Anda tidak perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga jika hanya perlu mengambil screenshot sederhana. Laptop Toshiba sudah menyediakan fitur screenshot bawaan menggunakan tombol Print Screen dan Snipping Tool.

4. Bisakah saya mengedit screenshot setelah diambil?

Tentu saja, setelah Anda mengambil screenshot, Anda dapat menyuntingnya dengan menggunakan aplikasi pengolah gambar seperti Paint, Photoshop, atau aplikasi screenshot seperti Greenshot atau Snagit.

5. Apakah saya bisa langsung membagikan screenshot ke media sosial setelah diambil?

Iya, beberapa aplikasi screenshot seperti Greenshot, Snagit, atau Lightshot memiliki fitur untuk langsung membagikan screenshot ke platform media sosial atau mengunggahnya ke server mereka. Namun, Anda juga dapat menggunakan aplikasi atau platform media sosial lainnya untuk membagikan screenshot yang telah Anda simpan.

Demikianlah pembahasan tentang cara screenshot di laptop Toshiba. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan informasi mengenai cara mengambil screenshot di laptop Toshiba. Selamat mencoba!