site traffic analytics

Cara Mengubah Inchi ke Cm di Word: Panduan Praktis

Haii Teman Radar, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara mengubah inchi ke cm di Word. Apakah Anda sering kebingungan saat harus mengkonversi ukuran dari inchi ke cm ketika menggunakan Microsoft Word? Tenang, dalam artikel ini kami akan membagikan panduan praktis yang membantu Anda mengubah ukuran dengan mudah dan cepat. Simak terus artikel ini untuk mengetahui caranya!

1. Membuka Dokumen Word

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka dokumen Word yang ingin Anda ubah ukurannya dari inchi ke cm. Caranya sangat sederhana, cukup klik dua kali ikon program Microsoft Word di desktop atau cari aplikasi Word di menu start komputer Anda. Setelah Word terbuka, buka dokumen yang ingin diubah ukurannya.

1.1 Memilih Teks yang Ingin Diubah Ukurannya

Setelah dokumen terbuka, pilihlah teks atau bagian dokumen yang ingin Anda ubah ukurannya. Misalnya, jika Anda ingin mengubah ukuran paragraf tertentu, sorot atau klik kursor pada paragraf tersebut.

1.2 Membuka Menu “Ruler”

Pada menu utama Word, Anda akan menemukan ikon “Ruler” di bagian atas tampilan. Klik ikon tersebut untuk membuka pengaturan ukuran.

1.3 Mengubah Ukuran dari Inchi ke Cm

Setelah menu “Ruler” terbuka, Anda akan melihat tampilan pengaturan ukuran dalam inchi. Untuk mengubahnya ke dalam cm, klik kanan pada “Ruler” dan pilih satuan “cm” dalam opsi yang muncul.

1.4 Mengatur Ukuran Teks atau Paragraf dengan Angka

Jika Anda ingin mengatur ukuran teks atau paragraf secara spesifik, Anda dapat menggunakan angka pada “Ruler” untuk mengubahnya. Pindahkan kursor ke angka yang sesuai dengan ukuran yang diinginkan, lalu klik untuk mengatur ukurannya.

1.5 Mengkonversi Ukuran Lainnya

Selain mengubah ukuran teks atau paragraf, Anda juga dapat menggunakan langkah-langkah yang sama untuk mengkonversi ukuran lainnya, seperti margin atau ukuran tabel di Word. Pilihlah elemen yang ingin diubah ukurannya, buka menu “Ruler”, dan pilih satuan ukuran yang diinginkan.

TRENDING :  Cara Membuat Suara Google Tanpa Aplikasi

2. Menggunakan Fitur Konversi Otomatis di Word

Selain cara manual di atas, Microsoft Word juga menyediakan fitur konversi otomatis yang memudahkan Anda mengubah ukuran dari inchi ke cm.

2.1 Memilih Teks yang Ingin Diubah Ukurannya

Langkah pertama tetap sama, yaitu memilih teks atau bagian dokumen yang ingin Anda ubah ukurannya.

2.2 Mengaktifkan Fitur Konversi Otomatis

Pada menu utama Word, klik ikon “Layout” di bagian atas tampilan. Di dalam menu “Layout”, Anda akan menemukan opsi “Convert” atau “Konversi”. Klik opsi tersebut untuk mengaktifkan fitur konversi otomatis.

2.3 Mengubah Teks ke Ukuran Cm

Setelah fitur konversi otomatis diaktifkan, Word akan secara otomatis mengubah ukuran teks yang Anda pilih menjadi cm. Anda tidak perlu repot-repot lagi menghitung atau mengkonversi secara manual.

3. Menggunakan Formula di Word

Jika Anda ingin mengubah ukuran dalam inchi ke cm secara keseluruhan, Anda dapat menggunakan formula di Word yang memudahkan Anda dalam mengkonversi ukuran secara otomatis.

3.1 Menambahkan Formula Konversi

Pada bagian dokumen yang ingin Anda ubah ukurannya, ketikkan formula berikut ini: “=CONVERT(angka, “in”, “cm”)”. Gantilah kata “angka” dengan ukuran dalam inchi yang ingin diubah.

3.2 Melakukan Konversi

Setelah menambahkan formula konversi, tekan tombol Enter. Word akan langsung mengkonversi ukuran yang Anda tulis menjadi cm secara otomatis.

3.3 Menyesuaikan Format Angka

Jika hasil konversi tidak sesuai dengan format angka yang diinginkan, Anda dapat menyesuaikannya dengan mengubah format sel pada Word. Pilih sel hasil konversi, klik kanan, dan pilih opsi “Format Cells”. Di dalam menu “Format Cells”, Anda dapat memilih format angka yang sesuai dengan preferensi Anda.

4. Menggunakan Add-On atau Plugin Pendukung

Jika Anda sering mengubah ukuran dari inchi ke cm di Word, Anda dapat mempertimbangkan untuk menginstal add-on atau plugin pendukung. Add-on atau plugin ini akan memperluas fungsi Word dan memudahkan Anda dalam mengkonversi ukuran dengan cepat.

TRENDING :  Cara Beli Token Listrik di Brimo

4.1 Mencari Add-On atau Plugin

Ada banyak add-on atau plugin yang dapat Anda cari dan instal untuk mendukung fitur konversi ukuran di Word. Cari melalui toko aplikasi Word atau cari di mesin pencari dengan kata kunci “Word add-on convert inches to cm” atau “Word plugin convert inches to cm”.

4.2 Menginstal dan Menggunakan Add-On atau Plugin

Masuk ke toko aplikasi Word atau situs resmi add-on atau plugin yang Anda pilih, lalu ikuti petunjuk instalasi yang disediakan. Setelah berhasil diinstal, add-on atau plugin tersebut akan otomatis terintegrasi dengan Word dan Anda dapat menggunakannya untuk mengkonversi ukuran dengan mudah.

5. Mengubah Pengaturan Default di Word

Jika Anda lebih sering menggunakan ukuran dalam cm daripada inchi, Anda juga dapat mengubah pengaturan default di Word agar ukuran yang digunakan adalah cm.

5.1 Membuka Pengaturan Word

Pada menu utama Word, klik ikon “File”. Di dalam menu “File”, pilih opsi “Options” atau “Pilihan”.

5.2 Mengubah Pengaturan Ukuran Default

Di dalam menu “Options” atau “Pilihan”, cari dan pilih opsi “Advanced” atau “Tingkat Lanjut”. Pada opsi ini, Anda akan menemukan pengaturan default untuk ukuran. Ubahlah satuan ukuran default dari inchi menjadi cm.

5.3 Menerapkan Perubahan

Setelah mengubah pengaturan ukuran default, klik tombol “OK” untuk menerapkan perubahan. Mulai sekarang, saat Anda menggunakan Word, ukuran yang akan digunakan secara default adalah dalam cm.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

1. Apakah cara ini hanya bisa digunakan di Microsoft Word?

Ya, panduan ini khusus untuk pengguna Microsoft Word.

2. Bagaimana jika saya ingin mengubah ukuran yang tidak ada pada “Ruler”?

Anda masih dapat menggunakan langkah-langkah yang sama untuk mengubah ukuran yang tidak ada pada “Ruler”. Pilih elemen yang ingin diubah ukurannya, buka menu “Ruler”, dan pilih satuan ukuran yang diinginkan.

TRENDING :  Cara Download di Scribd Gratis: Panduan Lengkap dan Praktis

3. Apakah fitur konversi otomatis ini bisa digunakan untuk dokumen yang sudah jadi?

Ya, fitur konversi otomatis dapat digunakan untuk mengubah ukuran teks atau elemen pada dokumen yang sudah jadi.

4. Bagaimana jika saya tidak menemukan add-on atau plugin yang sesuai?

Anda dapat mencoba mencari add-on atau plugin yang merupakan bagian dari paket Office lainnya, seperti Excel atau PowerPoint.

5. Apakah pengaturan default yang diubah akan mempengaruhi dokumen yang sudah ada sebelumnya?

Ya, pengaturan default yang diubah akan mempengaruhi semua dokumen yang dibuka dengan Word ke depannya.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, mengubah inchi ke cm di Word tidaklah sulit jika Anda mengetahui cara yang tepat. Anda dapat menggunakan langkah-langkah manual dengan membuka menu “Ruler”, mengaktifkan fitur konversi otomatis, atau menggunakan formula di Word. Jika Anda ingin kemudahan dan fleksibilitas yang lebih, Anda juga dapat mencari add-on atau plugin pendukung. Selain itu, Anda juga dapat mengubah pengaturan default di Word agar ukuran yang digunakan adalah cm. Dengan memahami cara mengubah inchi ke cm di Word, Anda dapat mengatur ukuran dokumen dengan lebih efisien dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pastikan untuk selalu berlatih dan eksplorasi fitur-fitur lain di Word agar Anda semakin mahir dalam menggunakan program ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan solusi bagi Anda yang sering berurusan dengan konversi ukuran di Word. Selamat mencoba!