site traffic analytics

Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan PC Windows 10

Haii, Teman Radar! Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara mengosongkan ruang penyimpanan PC Windows 10. Jika kamu sering merasa bahwa ruang penyimpanan di PC kamu semakin penuh, ini adalah artikel yang tepat untuk kamu baca. Kami akan memberikan panduan lengkap dan praktis tentang cara mengosongkan ruang penyimpanan di PC berbasis Windows 10, sehingga kamu dapat memperoleh lebih banyak ruang penyimpanan dan menjaga PC kamu berfungsi dengan lancar.

1. Menghapus File dan Folder Tidak Terpakai

Jika kamu ingin mengosongkan ruang penyimpanan PC Windows 10, langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghapus file dan folder yang tidak terpakai. Banyak kali kita menyimpan file dan folder yang sebenarnya tidak lagi kita butuhkan. Menghapus file dan folder yang tidak terpakai ini dapat memberikan kamu banyak ruang kosong dalam penyimpanan PC kamu.

1.1. Menghapus File yang Tidak Terpakai secara Manual

Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu membuka File Explorer di PC kamu, lalu telusuri dan cari file atau folder yang tidak terpakai. Setelah menemukannya, kamu bisa mengklik kanan pada file atau folder tersebut, lalu pilih “Delete” atau “Hapus”. Dengan melakukan langkah ini secara berkala, kamu akan dapat mengosongkan ruang penyimpanan PC Windows 10 dengan mudah.

1.2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga untuk Menghapus File yang Tidak Terpakai

Jika kamu merasa repot untuk menghapus file dan folder tidak terpakai secara manual, kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti CCleaner, Wise Disk Cleaner, atau Revo Uninstaller untuk membantu kamu menghapus file dan folder yang tidak terpakai secara otomatis. Aplikasi-aplikasi ini bisa membantu kamu menemukan dan menghapus file-file yang tidak terpakai dengan lebih cepat dan efisien.

2. Membersihkan File Temporary dan Cache

Selain menghapus file dan folder yang tidak terpakai, membersihkan file temporary dan cache juga dapat membantu mengosongkan ruang penyimpanan PC Windows 10. File temporary dan cache biasanya dihasilkan saat kamu menggunakan aplikasi atau browsing internet. Ukuran file-file ini bisa cukup besar dan mengambil ruang penyimpanan yang berharga di PC kamu.

TRENDING :  Cara Membuat Local Disk C Tidak Penuh

2.1. Membersihkan File Temporary

Untuk membersihkan file temporary, kamu bisa membuka File Explorer, lalu ketikkan “%temp%” (tanpa tanda kutip) di address bar. Setelah itu, kamu akan melihat berbagai file temporary yang ada di PC kamu. Kamu bisa menghapus file-file ini dengan mengklik kanan pada file tersebut, lalu pilih “Delete” atau “Hapus”.

2.2. Membersihkan Cache

Untuk membersihkan cache, kamu bisa membuka pengaturan di PC kamu, pilih “System”, lalu pilih “Storage”. Di sana, kamu akan menemukan opsi “Storage Sense” yang memungkinkan kamu untuk membersihkan cache secara otomatis setiap beberapa hari atau minggu. Kamu juga bisa memilih untuk membersihkan cache secara manual dengan memilih “Temporary Files”.

3. Menggunakan Fitur Penyimpanan OneDrive

Jika kamu menggunakan penyimpanan cloud OneDrive, kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk mengosongkan ruang penyimpanan lokal di PC Windows 10 kamu. Fitur ini memungkinkan kamu untuk menyimpan file dan folder secara online, sehingga kamu tidak perlu menyimpan semuanya di penyimpanan lokal PC kamu.

3.1. Memindahkan File ke OneDrive

Untuk memindahkan file ke OneDrive, kamu bisa membuka File Explorer, lalu pilih file atau folder yang ingin kamu pindahkan. Setelah itu, kamu bisa mengklik kanan pada file atau folder tersebut, lalu pilih “Move to OneDrive”. Dengan memindahkan file ke OneDrive, kamu akan mengosongkan ruang penyimpanan PC Windows 10 kamu.

3.2. Sinkronisasi File dengan OneDrive

Jika kamu ingin menyimpan file secara online dengan menggunakan fitur OneDrive, kamu bisa melakukan sinkronisasi file dengan OneDrive. Caranya, kamu hanya perlu membuka pengaturan OneDrive di PC kamu, lalu pilih “Account” dan pastikan kamu telah masuk dengan akun Microsoft yang terhubung dengan OneDrive. Di sana, kamu bisa memilih file atau folder yang ingin kamu sinkronisasikan dengan OneDrive.

TRENDING :  Cara Mengunci PDF: Panduan Lengkap untuk Melindungi File Anda

4. Menghapus Program yang Tidak Terpakai

Selain file dan folder, program-program yang tidak terpakai juga dapat memengaruhi ruang penyimpanan PC Windows 10 kamu. Banyak kali kita menginstal program-program yang tidak lagi kita gunakan atau kita tidak butuhkan. Menghapus program-program yang tidak terpakai ini dapat membantu kamu mengosongkan ruang penyimpanan dengan signifikan.

4.1. Menghapus Program secara Manual

Untuk menghapus program secara manual, kamu bisa membuka Control Panel di PC kamu, lalu pilih “Programs” atau “Programs and Features”. Di sana, kamu akan menemukan daftar program-program yang terinstal di PC kamu. Kamu bisa mengklik kanan pada program yang tidak terpakai, lalu pilih “Uninstall” atau “Uninstall/Change” untuk menghapusnya.

4.2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga untuk Menghapus Program

Jika kamu ingin lebih mudah menghapus program-program yang tidak terpakai, kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Revo Uninstaller atau IObit Uninstaller. Aplikasi-aplikasi ini dapat membantu kamu menghapus program-program secara bersih dan efisien, termasuk file-file dan registry yang terkait dengan program tersebut.

5. Menggunakan Fitur Penyimpanan Terpadu di Windows 10

Windows 10 memiliki fitur penyimpanan terpadu yang memungkinkan kamu untuk mengosongkan ruang penyimpanan secara otomatis. Fitur ini disebut “Storage Sense” dan dapat diaktifkan melalui pengaturan di PC kamu.

5.1. Mengaktifkan Storage Sense

Untuk mengaktifkan Storage Sense, kamu bisa membuka pengaturan di PC kamu, lalu pilih “System” dan pilih “Storage”. Di sana, kamu akan menemukan opsi “Storage Sense” yang dapat kamu aktifkan. Kamu juga bisa mengatur opsi “Free up space now” untuk membersihkan ruang penyimpanan secara manual.

5.2. Mengatur Storage Sense

Untuk mengatur Storage Sense, kamu bisa membuka pengaturan di PC kamu, lalu pilih “System” dan pilih “Storage”. Di sana, kamu akan menemukan opsi “Configure Storage Sense or run it now” yang memungkinkan kamu untuk mengatur kapan dan bagaimana Storage Sense akan membersihkan ruang penyimpanan di PC kamu.

TRENDING :  Kenapa WhatsApp Web Tidak Bisa Dibuka dan Cara Mengatasinya?
FAQ Jawaban
1. Apakah menghapus file temporary akan mempengaruhi kinerja PC? Tidak, menghapus file temporary tidak akan mempengaruhi kinerja PC kamu. File temporary ini sebenarnya hanya file sementara yang dihasilkan oleh aplikasi atau sistem operasi saat kamu menggunakannya.
2. Apakah saya perlu membersihkan cache secara teratur? Iya, membersihkan cache secara teratur dianjurkan untuk menjaga kinerja PC kamu. Cache yang tidak dibersihkan dapat mengambil ruang penyimpanan yang berharga dan memperlambat kinerja PC kamu.
3. Apakah file yang saya pindahkan ke OneDrive akan tetap aman? Iya, file yang kamu pindahkan ke OneDrive akan tetap aman. OneDrive memiliki fitur keamanan yang kuat untuk melindungi file-file kamu dari kehilangan atau kerusakan.
4. Apakah saya harus menghapus program yang tidak terpakai secara manual? Secara manual merupakan satu-satunya cara yang efektif untuk menghapus program yang tidak terpakai secara bersih. Menggunakan aplikasi pihak ketiga mungkin tidak dapat menghapus semua file-file terkait dengan program tersebut.
5. Apakah Storage Sense akan menghapus file-file penting di PC saya? Tidak, Storage Sense tidak akan menghapus file-file penting di PC kamu. Fitur ini hanya akan membersihkan file-file temporary, cache, dan file yang ada di Recycle Bin.

Dalam artikel ini, kami telah membahas cara mengosongkan ruang penyimpanan PC Windows 10 secara efektif. Dengan mengikuti panduan dan tips di atas, kamu dapat memperoleh lebih banyak ruang penyimpanan dan menjaga kinerja PC kamu tetap optimal. Pastikan untuk secara teratur menghapus file-file tidak terpakai, membersihkan file temporary dan cache, memanfaatkan fitur OneDrive, menghapus program tidak terpakai, dan menggunakan fitur penyimpanan terpadu di Windows 10. Dengan langkah-langkah ini, ruang penyimpanan PC Windows 10 kamu akan tetap terjaga dengan baik.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat untuk kamu. Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah ini. Kami siap membantu kamu!