site traffic analytics

Cara Mengirim Lamaran Lewat Email: Panduan Lengkap

Haii Teman Radar, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang “cara mengirim lamaran lewat email”.

Mengapa Mengirim Lamaran Lewat Email?

Seiring dengan perkembangan teknologi, mengirim lamaran lewat email menjadi pilihan yang semakin populer di kalangan pencari kerja. Berikut adalah beberapa alasan mengapa mengirim lamaran lewat email dapat menjadi pilihan yang tepat:

1. Efisien dan Cepat

Proses pengiriman lamaran lewat email dapat dilakukan dengan cepat dan efisien. Anda tidak perlu repot mencetak lamaran dan mengirimkannya via pos, yang memakan waktu dan biaya yang lebih banyak.

2. Lebih Mudah Diakses

Para perekrut dapat dengan mudah mengakses dan membuka lamaran yang dikirim melalui email. Lamaran Anda akan langsung masuk ke kotak masuk perekrut, sehingga memperbesar kemungkinan lamaran Anda dibaca.

3. Memudahkan Penyimpanan

Dengan mengirim lamaran lewat email, perekrut dapat menyimpan lamaran dan CV Anda secara elektronik dengan mudah. Ini memudahkan bagi mereka untuk mencari dan melihatnya kembali apabila membutuhkan.

4. Menghemat Biaya

Jika Anda mengirim lamaran lewat email, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk ongkos kirim pos atau mencetak lamaran dan CV. Ini dapat membantu menghemat biaya dalam proses pencarian kerja.

5. Dapat Mengirim ke Banyak Perusahaan

Dengan mengirim lamaran lewat email, Anda dapat dengan mudah mengirim lamaran ke banyak perusahaan sekaligus. Anda hanya perlu mengganti nama dan alamat perusahaan, sedangkan file lamaran bisa tetap sama.

Langkah-langkah Mengirim Lamaran Lewat Email

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti dalam mengirim lamaran lewat email:

1. Siapkan Berkas Lamaran

Sebelum mengirim lamaran lewat email, pastikan Anda telah menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan, seperti CV, surat lamaran, dan portofolio. Pastikan file-file tersebut dalam format yang sesuai dan tidak terlalu besar.

TRENDING :  Cara Mudah Meningkatkan Kecepatan Video

2. Tulis Pesan Ringkas

Setelah menyiapkan berkas lamaran, tulis pesan singkat dan ringkas sebagai pengantar dan alasan mengapa Anda tertarik dengan posisi tersebut. Jelaskan dengan baik pengalaman dan kualifikasi yang Anda miliki.

3. Periksa Kembali Lamaran dan Pesan

Sebelum mengirim lamaran lewat email, pastikan untuk memeriksa kembali lamaran dan pesan yang akan dikirim. Pastikan tidak ada kesalahan, baik itu dalam penulisan maupun format file yang dikirimkan.

4. Cantumkan Subject yang Jelas

Agar email Anda mudah ditemukan oleh perekrut, tulislah subject email dengan jelas. Misalnya, “Lamaran Pekerjaan – Nama Anda”. Hal ini akan membantu perekrut mengenali email Anda lebih mudah.

5. Lampirkan Berkas Lamaran

Setelah semuanya siap, lampirkan berkas lamaran yang telah Anda persiapkan. Pastikan formatnya sesuai dengan yang diminta oleh perusahaan dan file tidak terlalu besar.

6. Kirim ke Alamat yang Tepat

Pastikan Anda mengirimkan email lamaran ke alamat yang tepat. Biasanya, alamat email untuk mengirim lamaran akan tercantum di iklan lowongan atau situs resmi perusahaan.

7. Sertakan Informasi Kontak Anda

Jangan lupa untuk mencantumkan informasi kontak Anda, seperti alamat email dan nomor telepon di bawah tanda tangan Anda. Hal ini memudahkan perekrut untuk menghubungi Anda jika mereka tertarik dengan lamaran Anda.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah saya harus membuat surat lamaran terpisah jika mengirim lamaran lewat email?

Tidak, Anda tidak perlu membuat surat lamaran terpisah jika mengirim lamaran lewat email. Cukup tuliskan pesan pengantar yang singkat dan jelas sebagai pengganti surat lamaran.

2. Apakah saya perlu mencetak lamaran jika mengirim lewat email?

Tidak, Anda tidak perlu mencetak lamaran jika mengirim lewat email. File lamaran yang Anda lampirkan sudah cukup sebagai bentuk aplikasi Anda.

TRENDING :  Cara Mengatasi HP Xiaomi Bootloop

3. Berapa lama perusahaan biasanya merespons email lamaran?

Lama waktu respons dari perusahaan bisa bervariasi. Ada perusahaan yang merespons dalam beberapa hari, sementara ada juga yang membutuhkan waktu lebih lama. Bersabarlah dan jangan ragu untuk melakukan follow-up jika belum mendapat balasan setelah beberapa waktu.

4. Apakah saya perlu mencantumkan alamat rumah di dalam email lamaran?

Tidak, Anda tidak perlu mencantumkan alamat rumah di dalam email lamaran. Biasanya, informasi kontak seperti alamat rumah tidak perlu dicantumkan kecuali ada permintaan khusus dari perusahaan.

5. Apakah saya harus mengirim email lamaran ke semua perusahaan yang saya lamar?

Ya, sebaiknya Anda mengirim email lamaran ke setiap perusahaan yang Anda lamar. Ini memberikan kesan bahwa Anda benar-benar tertarik dengan posisi yang diiklankan.

Kesimpulan

Dalam era digital seperti sekarang, mengirim lamaran lewat email menjadi pilihan yang cerdas dan efisien. Dengan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di atas, Anda dapat mengirim lamaran dengan mudah dan cepat. Jangan lupa untuk mencantumkan informasi kontak yang valid dan memeriksa kembali lamaran dan pesan yang akan Anda kirim. Bersabarlah dalam menunggu respons dari perusahaan dan jangan ragu untuk melakukan follow-up jika diperlukan. Semoga sukses dalam mencari pekerjaan!