site traffic analytics

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi Tanpa Root

Haii Teman Radar, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara menghapus aplikasi bawaan Xiaomi tanpa root. Bagi pengguna Xiaomi, seringkali kita mendapati banyak aplikasi bawaan yang jarang digunakan atau bahkan tidak perlu. Nah, di artikel ini kami akan memberikan panduan lengkap untuk menghapus aplikasi-aplikasi tersebut tanpa harus melakukan root pada perangkat Xiaomi Anda. Simak terus artikel ini untuk mengetahui caranya!

1. Menggunakan Fitur Bawaan Xiaomi

Step 1: Masuk ke Pengaturan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah masuk ke pengaturan perangkat Xiaomi Anda. Caranya, buka aplikasi Pengaturan yang ada di menu utama atau di laci aplikasi.

Step 2: Pilih Aplikasi

Setelah masuk ke pengaturan, gulir ke bawah dan pilih opsi “Aplikasi” atau “Manajemen Aplikasi”, tergantung versi MIUI yang Anda gunakan.

Step 3: Pilih Aplikasi yang Akan Dihapus

Setelah masuk ke menu Aplikasi, pilih aplikasi yang ingin Anda hapus dari daftar aplikasi yang terpasang pada perangkat Xiaomi Anda.

Step 4: Hapus Aplikasi

Setelah Anda memilih aplikasi yang ingin dihapus, gulir ke bawah dan pilih opsi “Hapus” atau “Uninstall”. Ikuti petunjuk yang muncul untuk menghapus aplikasi tersebut.

Step 5: Konfirmasi Penghapusan

Untuk beberapa aplikasi bawaan, Anda mungkin perlu mengonfirmasi penghapusan dengan mengklik tombol “Hapus” atau “Uninstall” yang muncul setelah Anda memilih opsi sebelumnya. Setelah itu, aplikasi bawaan akan dihapus dari perangkat Xiaomi Anda.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Step 1: Unduh dan Pasang Aplikasi “Package Disabler Pro” dari Play Store

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunduh dan memasang aplikasi “Package Disabler Pro”. Anda dapat mengunduhnya langsung dari Play Store pada perangkat Xiaomi Anda.

Step 2: Buka Aplikasi dan Berikan Izin Superuser

Setelah aplikasi terpasang, buka aplikasi “Package Disabler Pro” dan berikan izin superuser atau akses root jika diminta. Ini penting agar Anda dapat menggunakan fitur penghapusan aplikasi bawaan tanpa root pada perangkat Xiaomi Anda.

TRENDING :  Cara Menggunakan NFC HP Samsung

Step 3: Pilih Aplikasi yang Akan Dihapus

Setelah memberikan izin superuser, Anda akan melihat daftar aplikasi yang terpasang pada perangkat Xiaomi Anda. Pilih aplikasi bawaan yang ingin Anda hapus dengan mencentang kotak di sebelahnya.

Step 4: Hapus Aplikasi

Setelah Anda memilih aplikasi yang ingin dihapus, klik tombol “Disable” atau “Nonaktifkan”. Aplikasi bawaan yang Anda pilih akan dinonaktifkan dan tidak akan dapat digunakan lagi.

Step 5: Konfirmasi Penghapusan

Beberapa aplikasi mungkin meminta konfirmasi penghapusan tambahan. Jika diminta, ikuti petunjuk yang muncul untuk menghapus aplikasi tersebut dari perangkat Xiaomi Anda.

3. Menggunakan ADB (Android Debug Bridge)

Step 1: Aktifkan Mode Pengembang

Langkah pertama adalah mengaktifkan Mode Pengembang pada perangkat Xiaomi Anda. Caranya, masuk ke Pengaturan > Tentang Ponsel > Ketuk “MIUI Version” beberapa kali sampai muncul pesan “Anda sekarang adalah pengembang”.

Step 2: Aktifkan USB Debugging

Setelah Mode Pengembang diaktifkan, kembali ke menu pengaturan dan masuk ke opsi “Pengembang Opsi” yang baru muncul. Di dalamnya, aktifkan “USB Debugging” atau “Debugging USB”.

Step 3: Sambungkan Perangkat ke Komputer

Sambungkan perangkat Xiaomi Anda ke komputer menggunakan kabel USB.

Step 4: Buka ADB Shell

Buka Command Prompt atau Terminal di komputer Anda dan ketik perintah “adb devices” untuk memastikan perangkat Xiaomi Anda terdeteksi.

Step 5: Hapus Aplikasi Bawaan

Setelah perangkat Xiaomi terdeteksi, ketik perintah “adb shell pm uninstall -k –user 0 [nama_paket_aplikasi]” untuk menghapus aplikasi bawaan Xiaomi. Ganti “[nama_paket_aplikasi]” dengan nama paket aplikasi yang ingin Anda hapus.

4. Menggunakan Aplikasi Xiaomi Debloat Tool

Step 1: Unduh dan Pasang Aplikasi “Xiaomi Debloat Tool” dari Situs Resmi

Langkah pertama adalah mengunduh dan memasang aplikasi “Xiaomi Debloat Tool” dari situs resmi pengembang. Pastikan Anda mendownload versi yang sesuai dengan perangkat Xiaomi Anda.

TRENDING :  Cara Membuat Akun Grab di Indonesia dengan Mudah

Step 2: Buka Aplikasi dan Tunggu Sampai Perangkat Terdeteksi

Setelah aplikasi terpasang, buka aplikasi “Xiaomi Debloat Tool” dan tunggu hingga perangkat Xiaomi Anda terdeteksi.

Step 3: Pilih Aplikasi yang Akan Dihapus

Setelah perangkat terdeteksi, Anda akan melihat daftar aplikasi bawaan yang dapat dihapus. Pilih aplikasi yang ingin Anda hapus dengan mencentang kotak di sebelahnya.

Step 4: Hapus Aplikasi

Setelah Anda memilih aplikasi yang ingin dihapus, klik tombol “Uninstall” atau “Hapus”. Aplikasi bawaan yang Anda pilih akan dihapus dari perangkat Xiaomi Anda.

Step 5: Konfirmasi Penghapusan

Jika diminta, konfirmasikan penghapusan aplikasi tambahan yang muncul. Ikuti petunjuk yang muncul untuk menghapus aplikasi tersebut secara permanen.

5. Menggunakan Aplikasi Root seperti Titanium Backup

Step 1: Root Perangkat Xiaomi Anda

Langkah pertama adalah me-root perangkat Xiaomi Anda agar Anda dapat menghapus aplikasi bawaan. Ada banyak panduan di luar sana tentang cara me-root perangkat Xiaomi, pastikan Anda melakukan riset dan mengikuti langkah-langkah dengan hati-hati.

Step 2: Pasang Aplikasi “Titanium Backup” dari Play Store

Setelah Anda berhasil me-root perangkat Xiaomi, pasang aplikasi “Titanium Backup” dari Play Store pada perangkat Anda.

Step 3: Buka Aplikasi dan Berikan Izin Superuser

Setelah aplikasi terpasang, buka aplikasi “Titanium Backup” dan berikan izin superuser atau akses root jika diminta.

Step 4: Pilih Aplikasi yang Akan Dihapus

Setelah memberikan izin superuser, Anda akan melihat daftar aplikasi yang terpasang pada perangkat Xiaomi Anda. Pilih aplikasi bawaan yang ingin Anda hapus dengan mencentang kotak di sebelahnya.

Step 5: Hapus Aplikasi

Setelah Anda memilih aplikasi yang ingin dihapus, klik tombol “Uninstall” atau “Hapus” untuk menghapus aplikasi bawaan tersebut dari perangkat Xiaomi Anda.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apakah saya bisa menghapus semua aplikasi bawaan Xiaomi tanpa root?

Tidak, Anda tidak dapat menghapus semua aplikasi bawaan Xiaomi tanpa melakukan root pada perangkat Anda. Namun, Anda dapat menghapus sebagian besar aplikasi menggunakan metode yang telah kami jelaskan di atas.

TRENDING :  Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi Facebook

2. Apakah menghapus aplikasi bawaan Xiaomi dapat merusak perangkat?

Tidak, menghapus aplikasi bawaan Xiaomi yang tidak Anda gunakan tidak akan merusak perangkat. Namun, kami sarankan untuk berhati-hati dan hanya menghapus aplikasi yang Anda yakini tidak berpengaruh pada kinerja perangkat.

3. Apakah perlu me-root perangkat Xiaomi untuk menghapus aplikasi bawaan?

Tidak, Anda tidak perlu me-root perangkat Xiaomi untuk menghapus sebagian besar aplikasi bawaan. Beberapa metode yang kami jelaskan di atas dapat digunakan tanpa melakukan root pada perangkat Anda.

4. Apakah penghapusan aplikasi bawaan dapat meningkatkan kinerja perangkat Xiaomi?

Tidak secara signifikan. Penghapusan aplikasi bawaan yang jarang digunakan dapat membebaskan ruang penyimpanan dan mempercepat beberapa proses, tetapi pengaruhnya pada kinerja umum perangkat Xiaomi mungkin tidak terlalu terasa.

5. Apakah ada risiko yang harus saya pertimbangkan saat menghapus aplikasi bawaan Xiaomi?

Risiko utama adalah mungkin menghapus aplikasi yang ternyata diperlukan oleh sistem atau aplikasi lain pada perangkat Xiaomi Anda. Pastikan Anda hanya menghapus aplikasi yang Anda yakini tidak berpengaruh pada kinerja perangkat.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah mengulas beberapa cara untuk menghapus aplikasi bawaan Xiaomi tanpa harus melakukan root pada perangkat Anda. Metode-metode tersebut meliputi penggunaan fitur bawaan Xiaomi, aplikasi pihak ketiga seperti Package Disabler Pro, ADB (Android Debug Bridge), Xiaomi Debloat Tool, dan aplikasi root seperti Titanium Backup. Setiap metode memiliki kelebihan dan kelemahan, jadi pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selalu berhati-hati saat menghapus aplikasi bawaan dan pastikan untuk hanya menghapus aplikasi yang tidak Anda gunakan dan tidak berpengaruh pada kinerja perangkat Xiaomi Anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan selamat mencoba menghapus aplikasi bawaan Xiaomi tanpa root!