site traffic analytics

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi

Haii Teman Radar, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara menghapus aplikasi bawaan xiaomi. Jika kamu sudah bosan dengan aplikasi-aplikasi bawaan yang tidak terpakai dan memenuhi ruang penyimpanan di smartphone Xiaomi kamu, kami akan memberikan panduan lengkap untuk menghapusnya secara mudah dan praktis.

1. Langkah Pertama: Buka Pengaturan

Mengakses Pengaturan

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka menu Pengaturan di smartphone Xiaomi kamu. Cara tercepat adalah dengan mengaksesnya melalui ikon roda gigi atau pengaturan yang biasanya terletak di layar utama atau bilah notifikasi.

Pilihan Aplikasi

Setelah kamu masuk ke menu Pengaturan, gulir ke bawah dan cari opsi bernama “Pilihan Aplikasi” atau “Manajemen Aplikasi”. Klik opsi ini untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

Aplikasi Bawaan

Di dalam menu Pilihan Aplikasi, kamu akan menemukan daftar semua aplikasi yang terpasang di smartphone Xiaomi kamu, termasuk juga aplikasi bawaan yang ingin kamu hapus.

Pilih Aplikasi yang Ingin Dihapus

Dari daftar aplikasi yang ditampilkan, cari aplikasi bawaan Xiaomi yang ingin kamu hapus. Setelah menemukannya, klik atau sentuh nama aplikasi tersebut untuk melanjutkan proses penghapusan.

Proses Penghapusan

Setelah kamu memilih aplikasi yang ingin dihapus, kamu akan melihat beberapa informasi tentang aplikasi tersebut. Gulir ke bawah dan cari opsi “Hapus” atau “Uninstall”. Klik opsi ini untuk menghapus aplikasi bawaan Xiaomi dari smartphone kamu.

Konfirmasi Penghapusan

Setelah kamu memilih opsi “Hapus” atau “Uninstall”, smartphone Xiaomi kamu akan meminta konfirmasi penghapusan aplikasi bawaan tersebut. Klik opsi “Ok” atau “Ya” untuk mengkonfirmasi penghapusan.

Penghapusan Berhasil

Setelah mengkonfirmasi penghapusan, smartphone Xiaomi kamu akan mulai menghapus aplikasi bawaan tersebut. Proses penghapusan bisa memakan waktu beberapa detik hingga beberapa menit, tergantung pada ukuran aplikasi yang akan dihapus. Setelah penghapusan selesai, kamu akan melihat pemberitahuan bahwa aplikasi sudah berhasil dihapus.

2. Langkah Kedua: Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Pasang Aplikasi Pihak Ketiga

Jika kamu tidak menemukan opsi untuk menghapus aplikasi bawaan Xiaomi di menu Pengaturan, kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti “Xiaomi ADB/Fastboot Tools” atau “Package Disabler Pro”. Pasang aplikasi pihak ketiga yang sesuai dengan kebutuhan kamu melalui Play Store atau unduh APK-nya langsung.

Masuk ke Menu Aplikasi Pihak Ketiga

Setelah memasang aplikasi pihak ketiga, buka aplikasi tersebut dan masuk ke menu yang berisi daftar semua aplikasi yang terpasang di smartphone Xiaomi kamu.

Temukan Aplikasi Bawaan Xiaomi

Dalam menu aplikasi pihak ketiga, cari aplikasi bawaan Xiaomi yang ingin kamu hapus. Biasanya, aplikasi bawaan ditandai dengan label “sistem” atau tidak bisa dihapus langsung dari menu Pengaturan. Klik atau sentuh nama aplikasi tersebut untuk melanjutkan.

TRENDING :  Cara Setting BunnyCDN Blog WordPress

Penghapusan Melalui Aplikasi Pihak Ketiga

Seperti halnya di langkah sebelumnya, setelah kamu memilih aplikasi yang ingin dihapus, cari opsi “Hapus” atau “Uninstall” di menu aplikasi pihak ketiga. Klik opsi ini untuk menghapus aplikasi bawaan Xiaomi dari smartphone kamu.

Konfirmasi Penghapusan

Setelah memilih opsi “Hapus” atau “Uninstall”, aplikasi pihak ketiga yang kamu gunakan akan meminta konfirmasi penghapusan aplikasi bawaan tersebut. Klik opsi “Ok” atau “Ya” untuk mengkonfirmasi penghapusan.

Penghapusan Berhasil

Setelah mengkonfirmasi penghapusan, aplikasi pihak ketiga akan mulai menghapus aplikasi bawaan Xiaomi tersebut. Proses penghapusan bisa memakan waktu beberapa detik hingga beberapa menit, tergantung pada ukuran aplikasi yang akan dihapus. Setelah penghapusan selesai, kamu akan melihat pemberitahuan bahwa aplikasi sudah berhasil dihapus.

3. Langkah Ketiga: Factory Reset

Buka Menu Pengaturan

Factory reset adalah proses mengembalikan smartphone Xiaomi kamu ke pengaturan pabrik. Namun, perlu diingat bahwa dengan melakukan factory reset, semua data dan pengaturan yang ada di smartphone kamu akan terhapus. Sebelum melakukan factory reset, pastikan kamu sudah mem-backup data penting kamu. Untuk memulai proses factory reset, buka menu Pengaturan di smartphone Xiaomi kamu.

Pilih Opsi Backup & Reset

Setelah masuk ke menu Pengaturan, gulir ke bawah dan cari opsi “Backup & Reset” atau “Pencadangan & Setel Ulang”. Klik opsi ini untuk melanjutkan.

Pilih Opsi Factory Reset

Dalam menu Backup & Reset, cari opsi bernama “Factory Reset” atau “Setel Ulang Pabrik”. Klik opsi ini untuk melakukan factory reset pada smartphone Xiaomi kamu.

Konfirmasi Factory Reset

Setelah memilih opsi Factory Reset, smartphone Xiaomi kamu akan meminta konfirmasi. Baca dengan seksama pesan konfirmasi yang muncul dan pastikan kamu sudah mem-backup data penting kamu. Jika sudah siap, klik opsi “Reset” atau “Setel Ulang” untuk mengkonfirmasi.

Proses Factory Reset

Setelah mengkonfirmasi factory reset, smartphone Xiaomi kamu akan memulai proses reset. Proses ini bisa memakan waktu beberapa menit hingga beberapa jam, tergantung pada jumlah data yang tersimpan di smartphone kamu. Pastikan smartphone Xiaomi kamu memiliki daya baterai yang mencukupi dan jangan mematikan atau mencabut baterai saat proses reset sedang berlangsung.

Pengaturan Awal

Setelah factory reset selesai, smartphone Xiaomi kamu akan kembali ke pengaturan awal seperti saat kamu baru membelinya. Kamu bisa mulai mengatur kembali smartphone kamu sesuai keinginan.

4. Langkah Keempat: Menggunakan ROM Custom

Pasang ROM Custom

Jika kamu menginginkan kendali penuh atas smartphone Xiaomi kamu dan ingin menghapus semua aplikasi bawaan, kamu bisa mempertimbangkan untuk mengganti ROM bawaan dengan ROM custom. ROM custom adalah versi modifikasi dari ROM bawaan yang memberikan fitur dan fleksibilitas tambahan. Namun, mengganti ROM memerlukan pengetahuan teknis yang cukup dan berpotensi mengakibatkan kerusakan pada smartphone. Silakan lakukan riset dan persiapan yang cukup sebelum mengganti ROM pada smartphone Xiaomi kamu.

TRENDING :  Cara Youtube Aman untuk Anak

Masuk ke Mode Pemulihan

Sebelum memasang ROM custom, kamu perlu memasuki mode pemulihan di smartphone Xiaomi kamu. Untuk melakukannya, matikan smartphone Xiaomi kamu terlebih dahulu. Setelah mati, tahan tombol Volume Atas dan tombol Daya secara bersamaan hingga muncul logo Mi. Setelah itu, lepaskan tombol Daya tetapi tetap tahan tombol Volume Atas hingga masuk ke mode pemulihan.

Wipe Data

Di dalam mode pemulihan, kamu akan melihat beberapa opsi. Gulir ke bawah dan cari opsi bernama “Wipe Data” atau “Hapus Data”. Klik opsi ini untuk menghapus semua data yang ada di smartphone Xiaomi kamu, termasuk aplikasi bawaan.

Pasang ROM Custom

Setelah melakukan wipe data, kamu bisa memasang ROM custom pada smartphone Xiaomi kamu. Ikuti panduan instalasi yang disediakan oleh developer ROM untuk memasang ROM custom secara benar.

Reboot

Setelah selesai memasang ROM custom, reboot atau restart smartphone Xiaomi kamu. Setelah reboot, smartphone Xiaomi kamu akan menggunakan ROM custom baru dan tidak akan ada lagi aplikasi bawaan Xiaomi di dalamnya.

5. Langkah Kelima: Gunakan Aplikasi Cleaner

Pasang Aplikasi Cleaner

Jika cara-cara sebelumnya terlalu rumit atau memerlukan pengetahuan teknis yang tinggi, kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi cleaner untuk menghapus aplikasi bawaan Xiaomi. Pasang aplikasi cleaner yang terpercaya dari Play Store, seperti “CCleaner” atau “Clean Master”.

Buka Aplikasi Cleaner

Setelah memasang aplikasi cleaner, buka aplikasi tersebut. Biasanya, setelah dibuka, aplikasi cleaner akan melakukan pemindaian awal terhadap smartphone Xiaomi kamu untuk menemukan aplikasi-aplikasi yang bisa dihapus.

Pilih Aplikasi yang Ingin Dihapus

Dalam menu aplikasi cleaner, kamu akan melihat daftar aplikasi yang bisa dihapus. Ceklis atau centang aplikasi bawaan Xiaomi yang ingin kamu hapus.

Hapus Aplikasi

Setelah memilih aplikasi yang ingin dihapus, cari opsi “Hapus” atau “Uninstall” di aplikasi cleaner. Klik opsi ini untuk menghapus aplikasi bawaan Xiaomi dari smartphone kamu.

Penghapusan Berhasil

Setelah mengkonfirmasi penghapusan, aplikasi cleaner akan mulai menghapus aplikasi bawaan Xiaomi tersebut. Proses penghapusan bisa memakan waktu beberapa detik hingga beberapa menit, tergantung pada ukuran aplikasi yang akan dihapus. Setelah penghapusan selesai, kamu akan melihat pemberitahuan bahwa aplikasi sudah berhasil dihapus.

FAQ 1: Apakah Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi Aman?

Jawab: Menghapus aplikasi bawaan Xiaomi secara umum aman dilakukan. Namun, sebaiknya kamu hanya menghapus aplikasi bawaan yang memang tidak kamu butuhkan atau tidak pernah kamu gunakan. Menghapus aplikasi bawaan yang penting atau digunakan secara sistem dapat berpotensi menyebabkan kerusakan pada smartphone Xiaomi kamu.

TRENDING :  Cara Menghilangkan Mode Aman di HP Samsung

FAQ 2: Bisakah Aplikasi Bawaan Xiaomi Dikembalikan setelah Dihapus?

Jawab: Aplikasi bawaan Xiaomi yang dihapus tidak dapat dikembalikan secara langsung melalui smartphone. Namun, kamu bisa mencari file APK dari aplikasi tersebut melalui internet dan memasangnya kembali secara manual. Namun, harus diingat bahwa memasang APK dari sumber yang tidak terpercaya bisa membahayakan keamanan smartphone kamu.

FAQ 3: Apakah Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi Mempengaruhi Kinerja Smartphone?

Jawab: Menghapus aplikasi bawaan Xiaomi yang tidak kamu butuhkan atau tidak kamu gunakan bisa membantu meningkatkan kinerja smartphone kamu. Aplikasi-aplikasi bawaan yang terus berjalan di latar belakang dapat menghabiskan daya baterai dan mempengaruhi kinerja keseluruhan smartphone. Namun, perlu diingat bahwa menghapus aplikasi bawaan yang penting atau digunakan secara sistem bisa mengakibatkan gangguan pada kinerja smartphone.

FAQ 4: Apakah Hapus Aplikasi Bawaan Xiaomi Menghemat Ruang Penyimpanan?

Jawab: Ya, menghapus aplikasi bawaan Xiaomi yang tidak kamu butuhkan atau tidak kamu gunakan bisa menghemat ruang penyimpanan internal smartphone kamu. Aplikasi bawaan Xiaomi biasanya memakan ruang penyimpanan yang cukup besar dan menghapusnya akan memberikan lebih banyak ruang untuk menyimpan data penting atau aplikasi lain yang kamu butuhkan.

FAQ 5: Bagaimana Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan Xiaomi yang Dihapus dengan Factory Reset?

Jawab: Jika kamu telah menghapus aplikasi bawaan Xiaomi dengan melakukan factory reset, kamu tidak dapat mengembalikan aplikasi tersebut dengan mudah. Factory reset akan menghapus semua data dan pengaturan yang ada di smartphone Xiaomi kamu, termasuk aplikasi bawaan. Satu-satunya cara untuk mendapatkan kembali aplikasi bawaan Xiaomi adalah dengan menginstal ulang ROM bawaan pada smartphone kamu.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, menghapus aplikasi bawaan Xiaomi dapat membantu mengoptimalkan kinerja smartphone kamu, menghemat ruang penyimpanan, dan memudahkan penggunaan. Namun, kamu perlu berhati-hati dalam menghapus aplikasi bawaan yang penting atau digunakan secara sistem, karena ini bisa mengakibatkan gangguan pada kinerja smartphone. Pastikan kamu hanya menghapus aplikasi bawaan Xiaomi yang memang tidak kamu butuhkan atau tidak kamu gunakan. Selain itu, ada beberapa cara yang bisa kamu pilih untuk menghapus aplikasi bawaan Xiaomi, mulai dari menghapus secara manual melalui menu Pengaturan, menggunakan aplikasi pihak ketiga, melakukan factory reset, mengganti ROM dengan ROM custom, atau menggunakan aplikasi cleaner. Pilihlah metode yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan teknis kamu. Selamat mencoba!