site traffic analytics

Cara Mengembalikan Windows Photo Viewer di Windows 10

Haii Teman Radar, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang “cara mengembalikan Windows Photo Viewer di Windows 10”.

1. Apa itu Windows Photo Viewer?

Pengenalan

Windows Photo Viewer adalah aplikasi bawaan Windows yang berguna untuk melihat dan mengedit foto di komputer. Namun, pada Windows 10, aplikasi ini tidak lagi menjadi default dan digantikan oleh Aplikasi Foto.

Alasan Mengembalikan

Ada beberapa alasan mengapa seseorang ingin mengembalikan Windows Photo Viewer di Windows 10. Mungkin mereka lebih nyaman dengan antarmuka Photo Viewer yang lama, atau mungkin tidak menyukai fitur-fitur baru yang ditawarkan oleh Aplikasi Foto.

Langkah Mengembalikan

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengembalikan Windows Photo Viewer di Windows 10:

  1. Buka “Pengaturan” dengan cara menekan Windows Key + I pada keyboard.
  2. Pilih “Aplikasi” dari menu pengaturan.
  3. Klik “Aplikasi Default” di bagian kiri.
  4. Scroll ke bawah dan klik “Pilih Default Aplikasi menurut Tipe File”.
  5. Cari tipe file gambar seperti JPEG atau PNG.
  6. Klik pada aplikasi yang saat ini menjadi default, kemudian pilih “Windows Photo Viewer”.
  7. Setelah itu, Windows Photo Viewer akan menjadi default untuk tipe file gambar yang dipilih.

2. Kenapa Windows Photo Viewer tidak menjadi default di Windows 10?

Penjelasan

Keputusan Microsoft untuk menggantikan Windows Photo Viewer dengan Aplikasi Foto pada Windows 10 didasarkan pada pembaruan dan peningkatan fitur. Namun, tidak semua pengguna menyukai perubahan ini.

Solusi Alternatif

Jika Anda tidak ingin mengembalikan Windows Photo Viewer, tetapi tidak menyukai Aplikasi Foto, ada beberapa solusi alternatif yang bisa Anda coba. Anda bisa mencari aplikasi pengelola foto pihak ketiga yang lebih sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda.

TRENDING :  Cara Hapus Background Tanpa Mengurangi Kualitas Foto

3. Bagaimana cara mengedit foto dengan Windows Photo Viewer?

Panduan Mengedit

Dulu, Windows Photo Viewer memiliki fitur pengeditan sederhana yang memungkinkan Anda melakukan penyesuaian warna, pemotongan, dan rotasi gambar. Namun, sejak Windows 10, fitur pengeditan foto telah dipindahkan ke Aplikasi Foto.

Fitur-fitur Aplikasi Foto

Aplikasi Foto menawarkan berbagai fitur pengeditan yang lebih canggih, seperti pengaturan kecerahan dan kontras, penyesuaian warna, efek filter, dan banyak lagi. Anda juga dapat menambahkan teks dan crop gambar dengan lebih mudah.

4. Bisakah saya mengembalikan Windows Photo Viewer setelah memperbarui ke Windows 10?

Kemungkinan Mengembalikan

Sayangnya, jika Anda sudah memperbarui ke Windows 10, Anda tidak dapat mengembalikan Windows Photo Viewer secara langsung karena aplikasi tersebut tidak lagi menjadi default. Namun, Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang telah kami sebutkan sebelumnya untuk menjadikannya default untuk tipe file gambar tertentu.

5. Apakah ada risiko dalam mengembalikan Windows Photo Viewer di Windows 10?

Potensi Risiko

Secara umum, mengembalikan Windows Photo Viewer di Windows 10 tidak akan menimbulkan risiko yang signifikan. Namun, penting bagi Anda untuk memahami bahwa aplikasi ini mungkin tidak lagi mendapatkan pembaruan keamanan atau dukungan resmi dari Microsoft.

Pelanggan Pihak Ketiga

Jika Anda masih ingin menggunakan Windows Photo Viewer, penting untuk memastikan bahwa Anda mengunduhnya dari sumber tepercaya atau menggunakan pelanggan pihak ketiga yang dapat diandalkan dan aman.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas tentang cara mengembalikan Windows Photo Viewer di Windows 10. Meskipun aplikasi ini tidak lagi menjadi default pada Windows 10, Anda masih dapat menggunakannya dengan mengikuti langkah-langkah yang telah kami berikan. Jika Anda merasa tidak nyaman dengan Aplikasi Foto, ada beberapa solusi alternatif yang dapat Anda coba. Terlepas dari pilihan Anda, pastikan untuk memastikan keamanan perangkat Anda dengan hanya mengunduh aplikasi dari sumber tepercaya.

TRENDING :  Cara Membuat Akun NFT: Panduan Lengkap dalam Bahasa Indonesia

Apakah Anda telah mencoba mengembalikan Windows Photo Viewer di Windows 10? Bagikan pengalaman Anda atau pertanyaan Anda dalam komentar di bawah ini!