site traffic analytics

Cara Mengembalikan File Terhapus Android

Haii Teman Radar, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang “cara mengembalikan file terhapus android”. Apakah Anda pernah mengalami kejadian di mana file-file penting di perangkat Android Anda tiba-tiba terhapus? Jangan khawatir, karena dalam artikel ini kami akan memberikan panduan langkah demi langkah untuk mengembalikan file terhapus Anda. Jadi, simak terus artikel ini untuk mengetahui cara mengatasi masalah ini dengan mudah dan cepat.

1. Menggunakan Aplikasi Recycle Bin

Salah satu metode yang bisa Anda coba adalah menggunakan aplikasi Recycle Bin. Aplikasi ini bekerja seperti recycle bin di komputer, yaitu menyimpan file yang telah dihapus sementara sebelum benar-benar dihapus secara permanen. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Unduh dan Pasang Aplikasi Recycle Bin

Pertama, Anda perlu mengunduh dan memasang aplikasi Recycle Bin dari Google Play Store. Setelah itu, buka aplikasinya.

Langkah 2: Pilih File yang Ingin Dikembalikan

Selanjutnya, cari file yang ingin Anda kembalikan di dalam aplikasi Recycle Bin. Anda dapat menggunakan fungsi pencarian untuk memudahkan proses ini.

Langkah 3: Pilih dan Pulihkan File

Setelah menemukan file yang ingin Anda pulihkan, pilih file tersebut dan tekan tombol “Pulihkan” atau “Restore”. File akan dikembalikan ke lokasi aslinya di perangkat Anda.

Anda bisa memilih aplikasi Recycle Bin yang sesuai dengan preferensi Anda, seperti Dumpster, DiskDigger, atau Undeleter. Setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, jadi pilihlah yang paling cocok untuk Anda.

2. Memanfaatkan Google Drive

Jika Anda pernah menyinkronkan perangkat Android Anda dengan akun Google Drive, Anda memiliki kesempatan untuk mengembalikan file terhapus dari sana. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Aplikasi Google Drive

Pertama, buka aplikasi Google Drive di perangkat Android Anda. Pastikan Anda sudah masuk ke akun Google Anda.

Langkah 2: Cari File yang Ingin Dikembalikan

Selanjutnya, gunakan fungsi pencarian atau jelajahi folder-folder di dalam Google Drive untuk menemukan file yang ingin Anda kembalikan.

Langkah 3: Pilih File dan Kembalikan

Setelah menemukan file yang ingin Anda kembalikan, tahan file tersebut hingga muncul pilihan. Pilih opsi “Kembalikan” atau “Restore” untuk mengembalikan file ke perangkat Android Anda.

TRENDING :  Mengonversi PDF ke Format Lain: Solusi Praktis untuk Mengubah File PDF

Perlu diingat bahwa file-file yang dihapus dari Google Drive akan tetap berada di folder Sampah selama 30 hari sebelum secara otomatis dihapus secara permanen. Jadi, pastikan Anda mengembalikan file tersebut sebelum waktu tersebut berakhir.

3. Menggunakan Aplikasi Pemulihan Data Android

Jika kedua metode di atas tidak berhasil atau file Anda terhapus secara permanen, Anda dapat menggunakan aplikasi pemulihan data Android. Aplikasi ini dapat memindai dan mengembalikan file-file yang terhapus dari penyimpanan internal atau kartu SD perangkat Android Anda. Pastikan Anda memiliki akses root untuk menggunakan aplikasi ini. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Unduh dan Pasang Aplikasi Pemulihan Data Android

Pertama, unduh dan pasang aplikasi pemulihan data Android seperti DiskDigger, Dr.Fone, atau EaseUS MobiSaver dari Google Play Store.

Langkah 2: Buka Aplikasi dan Pilih Jenis File yang Ingin Dikembalikan

Setelah menginstal aplikasi, buka aplikasinya dan pilih jenis file yang ingin Anda kembalikan, seperti foto, video, dokumen, atau lainnya. Anda juga dapat memilih opsi “Semua File” untuk memulai pemindaian lengkap.

Langkah 3: Pindai Perangkat Anda

Setelah memilih jenis file yang ingin dikembalikan, aplikasi akan meminta izin untuk mengakses penyimpanan perangkat Anda. Berikan izin tersebut dan biarkan aplikasi memindai penyimpanan perangkat Anda untuk mencari file-file yang terhapus.

Langkah 4: Pilih dan Pulihkan File

Setelah proses pemindaian selesai, aplikasi akan menampilkan file-file yang berhasil ditemukan. Pilih file yang ingin Anda pulihkan dan tekan tombol “Pulihkan” atau “Restore” untuk mengembalikan file ke perangkat Android Anda.

Aplikasi pemulihan data Android dapat sangat berguna dalam situasi terakhir ketika file Anda terhapus secara permanen dan tidak dapat ditemukan di tempat lain. Namun, perlu diingat bahwa beberapa aplikasi pemulihan data memerlukan akses root untuk berfungsi penuh.

4. Menggunakan Fitur Pemulihan Bawaan

Beberapa perangkat Android memiliki fitur pemulihan bawaan yang dapat digunakan untuk mengembalikan file terhapus. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menggunakan fitur ini:

Langkah 1: Buka Pengaturan Perangkat

Pertama, buka aplikasi Pengaturan di perangkat Android Anda.

Langkah 2: Cari dan Buka Opsi Pengelolaan Penyimpanan atau Penyimpanan

Selanjutnya, cari opsi “Pengelolaan Penyimpanan” atau “Penyimpanan” di dalam pengaturan perangkat Anda dan buka opsi tersebut.

TRENDING :  Rahasia Merawat Kulit Wajah Secara Alami Agar Selalu Bersinar

Langkah 3: Cari dan Buka Opsi Pemulihan

Setelah masuk ke pengaturan penyimpanan, cari opsi “Pemulihan” dan buka opsi tersebut.

Langkah 4: Pilih dan Kembalikan File

Setelah masuk ke menu pemulihan, Anda akan melihat daftar file yang telah dihapus dari perangkat Android Anda. Pilih file yang ingin Anda kembalikan dan pilih opsi “Kembalikan” atau “Restore”. File akan dikembalikan ke lokasi aslinya di perangkat Anda.

Perlu diingat bahwa fitur pemulihan bawaan ini mungkin tidak tersedia di semua perangkat Android. Selain itu, file-file yang dapat dikembalikan mungkin terbatas hanya pada beberapa jenis file tertentu. Namun, jika perangkat Anda memiliki fitur ini, Anda dapat mencoba menggunakannya untuk mengembalikan file terhapus.

5. Menggunakan Aplikasi Pemulihan File dari PC

Jika Anda tidak dapat mengembalikan file terhapus langsung dari perangkat Android Anda, Anda dapat menggunakan aplikasi pemulihan file dari PC. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Hubungkan Perangkat Android ke PC

Pertama, hubungkan perangkat Android Anda ke PC menggunakan kabel USB yang sesuai. Pastikan perangkat Anda terdeteksi dan terhubung dengan baik.

Langkah 2: Pilih Aplikasi Pemulihan File PC

Selanjutnya, unduh dan pasang aplikasi pemulihan file PC seperti Recuva, EaseUS Data Recovery Wizard, atau Wondershare Recoverit di PC Anda.

Langkah 3: Buka Aplikasi dan Pilih Perangkat yang Terhubung

Setelah menginstal aplikasi pemulihan file PC, buka aplikasinya dan pilih perangkat Android yang terhubung di dalam aplikasi.

Langkah 4: Pindai Perangkat Android

Setelah memilih perangkat yang terhubung, aplikasi akan meminta izin untuk memindai perangkat Android Anda. Berikan izin tersebut dan biarkan aplikasi memindai perangkat Anda untuk mencari file-file yang terhapus.

Langkah 5: Pilih dan Pulihkan File

Setelah proses pemindaian selesai, aplikasi akan menampilkan file-file yang berhasil ditemukan. Pilih file yang ingin Anda pulihkan dan pilih lokasi penyimpanan di PC Anda untuk menyimpan file yang dikembalikan.

Aplikasi pemulihan file dari PC dapat sangat berguna dalam situasi di mana Anda tidak dapat mengembalikan file terhapus secara langsung dari perangkat Android Anda. Namun, pastikan Anda memilih aplikasi yang andal dan hanya menggunakan aplikasi ini jika metode lain tidak berhasil.

TRENDING :  Cara Mematikan Last Seen WhatsApp dengan Mudah dan Cepat
Pertanyaan Jawaban
1. Apakah ada aplikasi bawaan yang dapat mengembalikan file terhapus di Android? Pada beberapa perangkat Android, terdapat fitur pemulihan bawaan yang memungkinkan Anda untuk mengembalikan file terhapus. Namun, fitur ini mungkin tidak tersedia di semua perangkat dan keterbatasan jenis file yang dapat dikembalikan.
2. Bisakah saya memulihkan file terhapus dari Google Drive? Jika Anda pernah menyinkronkan perangkat Android Anda dengan akun Google Drive, Anda memiliki kesempatan untuk mengembalikan file terhapus dari sana. Namun, file-file yang dihapus dari Google Drive tetap berada di folder Sampah selama 30 hari sebelum dihapus permanen.
3. Apakah saya perlu akses root untuk menggunakan aplikasi pemulihan data Android? Ya, beberapa aplikasi pemulihan data Android memerlukan akses root untuk berfungsi penuh. Akses root memungkinkan aplikasi untuk mengakses dan memindai bagian penyimpanan perangkat yang tidak dapat dijangkau oleh aplikasi biasa.
4. Dapatkah saya mengembalikan file terhapus melalui aplikasi recycle bin di Android? Ya, beberapa aplikasi recycle bin di Android dapat menyimpan file yang telah dihapus sementara sebelum benar-benar dihapus secara permanen. Anda dapat memilih aplikasi recycle bin yang sesuai dengan preferensi Anda, seperti Dumpster, DiskDigger, atau Undeleter.
5. Apakah saya bisa menggunakan aplikasi pemulihan file dari PC untuk mengembalikan file terhapus di Android? Ya, jika Anda tidak dapat mengembalikan file terhapus langsung dari perangkat Android Anda, Anda dapat menggunakan aplikasi pemulihan file dari PC. Aplikasi seperti Recuva, EaseUS Data Recovery Wizard, atau Wondershare Recoverit dapat membantu Anda dalam proses ini.

Dalam artikel ini, kami telah membahas beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk mengembalikan file terhapus di perangkat Android. Mulai dari menggunakan aplikasi recycle bin, memanfaatkan Google Drive, menggunakan aplikasi pemulihan data Android, hingga menggunakan aplikasi pemulihan file dari PC. Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pastikan Anda selalu berhati-hati saat menghapus file di perangkat Android Anda dan melakukan pencadangan secara berkala untuk menghindari kehilangan file yang penting. Selamat mencoba dan semoga berhasil mengembalikan file terhapus Android Anda!