site traffic analytics

Cara Mengatasi “This Copy of Windows is Not Genuine”

Haii Teman Radar, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara mengatasi “this copy of windows is not genuine” yang sering muncul pada komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows. Jika Anda mengalami masalah ini, jangan khawatir karena kami telah menyiapkan solusi yang mudah dipahami dan dapat membantu Anda mengatasi peringatan tersebut.

Bagaimana Mengetahui Jika Windows Bukan Genuine?

Jika Anda melihat peringatan “This copy of Windows is not genuine” atau tulisan serupa yang muncul di pojok kanan bawah layar desktop Anda, itu berarti sistem operasi Windows yang terpasang di komputer atau laptop Anda tidak diaktivasi dengan lisensi yang sah dari Microsoft.

Terdapat beberapa tanda lain yang menunjukkan bahwa Windows tidak genuine, seperti adanya pesan error yang muncul saat menginstal update Windows, hilangnya fitur-fitur penting, atau tidak adanya dukungan teknis resmi dari Microsoft.

Jika Anda menghadapi masalah ini, berikut adalah beberapa cara mengatasi “This copy of Windows is not genuine” yang dapat Anda coba:

1. Aktivasi Ulang dengan Lisensi Asli

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengaktifkan ulang Windows menggunakan lisensi asli dari Microsoft. Anda dapat membeli lisensi baru dan mengikuti langkah-langkah aktivasi yang disediakan.

Jika Anda sudah memiliki lisensi asli namun masih mengalami peringatan ini, Anda bisa mencoba menghubungi dukungan pelanggan Microsoft untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

2. Menggunakan Product Key yang Valid

Jika Anda yakin bahwa Anda memiliki lisensi Windows yang valid namun masih muncul peringatan ini, Anda dapat mencoba memasukkan product key Anda kembali. Lakukan langkah-langkah aktivasi menggunakan product key yang telah didapatkan.

TRENDING :  Cara Menghilangkan Suara Kamera Samsung

Pastikan Anda memasukkan product key dengan benar dan sesuai dengan versi Windows yang Anda gunakan. Jika tidak yakin, Anda dapat mencari product key yang Anda miliki melalui akun Microsoft atau menghubungi dukungan pelanggan Microsoft.

Jika product key yang Anda masukkan tetap tidak berhasil, bisa jadi itu sudah digunakan di komputer lain. Anda perlu menghubungi dukungan pelanggan Microsoft untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

3. Menjalankan Perintah SLMGR -REARM

Salah satu cara lain yang mungkin dapat membantu mengatasi masalah “This copy of Windows is not genuine” adalah dengan menjalankan perintah SLMGR -REARM melalui Command Prompt. Perintah ini akan mereset masa aktivasi Windows selama 30 hari.

Buka Command Prompt sebagai administrator dan masukkan perintah “SLMGR -REARM”, lalu tekan Enter. Setelah itu, restart komputer Anda dan periksa apakah peringatan tersebut masih muncul.

4. Menggunakan Windows Loader atau Aktivator Lainnya

Jika Anda memang memiliki lisensi asli namun mengalami peringatan ini, Anda juga dapat mencoba menggunakan aktivator Windows seperti Windows Loader. Aktivator ini dapat membantu mengaktivasi ulang Windows secara ilegal, namun kami menyarankan untuk menggunakan solusi legal terlebih dahulu sebelum mencoba jalur ini.

Perlu diingat bahwa menggunakan aktivator ilegal dapat melanggar peraturan dan berisiko terhadap keamanan komputer Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda memahami risiko yang ada sebelum menggunakan aktivator seperti Windows Loader.

5. Menginstal Ulang Windows

Jika semua upaya di atas masih tidak berhasil, pilihan terakhir yang dapat Anda coba adalah dengan menginstal ulang sistem operasi Windows secara keseluruhan. Pastikan Anda memiliki backup data penting sebelum melakukan proses ini, karena penginstalan ulang akan menghapus semua data pada partisi sistem.

TRENDING :  Cara Download File di Google Drive

Selain itu, pastikan juga Anda menginstal versi Windows yang sah dan memiliki lisensi yang valid. Segera lakukan aktivasi setelah menginstal ulang Windows untuk menghindari peringatan “This copy of Windows is not genuine”.

Pertanyaan Umum (FAQ)

1. Apa penyebab munculnya peringatan “This copy of Windows is not genuine”?

Peringatan ini muncul ketika sistem operasi Windows yang terpasang di komputer atau laptop tidak diaktivasi dengan lisensi yang sah dari Microsoft. Hal ini bisa terjadi jika Anda menggunakan versi sistem operasi bajakan, lisensi Windows kedaluwarsa, atau adanya masalah dengan aktivasi Windows.

2. Apakah saya bisa mengatasi peringatan ini tanpa membeli lisensi asli?

Iya, ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi peringatan “This copy of Windows is not genuine” tanpa harus membeli lisensi asli. Anda bisa mencoba menggunakan product key yang valid, menjalankan perintah SLMGR -REARM, atau menggunakan aktivator Windows seperti Windows Loader.

3. Bagaimana cara memeriksa apakah product key yang saya gunakan masih valid?

Anda dapat memeriksa validitas product key Windows Anda melalui akun Microsoft atau menghubungi dukungan pelanggan Microsoft. Mereka akan membantu Anda memeriksa keaslian product key yang digunakan.

4. Apakah menggunakan aktivator seperti Windows Loader aman?

Menggunakan aktivator seperti Windows Loader dapat melanggar peraturan dan berisiko terhadap keamanan komputer Anda. Kami sarankan untuk menggunakan solusi legal terlebih dahulu sebelum mencoba jalur ini. Pastikan Anda memahami risiko yang ada sebelum menggunakan aktivator ilegal.

5. Apakah menginstal ulang Windows adalah satu-satunya solusi yang tersisa jika semua upaya di atas gagal?

Menginstal ulang Windows memang bisa menjadi solusi terakhir jika semua upaya di atas gagal. Namun, pastikan Anda memiliki backup data penting sebelum melakukan proses ini, karena penginstalan ulang akan menghapus semua data pada partisi sistem.

TRENDING :  Cara Mematikan Mode Aman Xiaomi

Kesimpulan

Untuk mengatasi peringatan “This copy of Windows is not genuine” yang muncul pada komputer atau laptop Anda, Anda dapat mencoba beberapa langkah berikut: mengaktifkan ulang dengan lisensi asli, menggunakan product key yang valid, menjalankan perintah SLMGR -REARM, menggunakan aktivator Windows, atau menginstal ulang sistem operasi Windows secara keseluruhan.

Pastikan Anda memilih solusi yang sesuai dengan kebutuhan dan situasi yang Anda hadapi. Konsultasikan juga dengan dukungan pelanggan Microsoft jika Anda mengalami kesulitan dalam mengatasi masalah ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda mengatasi peringatan “This copy of Windows is not genuine”.