site traffic analytics

Cara Mengatasi Subtitle Terlalu Cepat VLC

Haii, Teman Radar! Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara mengatasi subtitle terlalu cepat vlc.

1. Memperbarui Versi VLC

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi subtitle terlalu cepat di VLC adalah dengan memperbarui versi VLC yang digunakan. Terkadang, masalah ini bisa terjadi karena ada bug pada versi yang sudah lama. Dengan memperbarui VLC ke versi terbaru, Anda dapat memperbaiki masalah subtitle yang terlalu cepat.

1.1 Mengunjungi Situs Resmi VLC

Untuk memperbarui VLC, Anda dapat mengunjungi situs resmi VLC di vlc-media-player.org. Di sana, Anda dapat menemukan versi terbaru VLC yang tersedia untuk diunduh.

1.2 Mengikuti Petunjuk Penginstalan

Setelah mendownload file instalasi VLC terbaru, ikuti petunjuk penginstalan yang diberikan. Pastikan untuk memilih opsi “Upgrade” atau “Perbarui” saat diminta untuk memilih jenis instalasi.

1.3 Menguji Subtitle Baru

Setelah selesai menginstal versi terbaru VLC, coba putar video dengan subtitle baru yang sebelumnya terlalu cepat. Jika masalahnya tetap ada, ada beberapa langkah lain yang bisa Anda coba.

2. Mengatur Sinkronisasi Subtitle

Jika memperbarui VLC tidak memperbaiki masalah subtitle terlalu cepat, Anda dapat mencoba mengatur sinkronisasi subtitle secara manual. Berikut adalah langkah-langkahnya:

2.1 Memainkan Video dengan Subtitle

Pertama-tama, putar video dengan subtitle yang terlalu cepat di VLC. Biarkan video dan subtitle berjalan sampai Anda melihat perbedaan waktu yang signifikan antara video dan subtitle.

2.2 Memperhatikan Perbedaan Waktu

Perhatikan berapa lama perbedaan waktu antara video dan subtitle. Apakah subtitle terlalu cepat atau terlalu lambat? Catat perbedaan waktu ini untuk langkah selanjutnya.

2.3 Mengatur Sinkronisasi Subtitle

Klik kanan pada video yang sedang diputar di VLC dan pilih opsi “Subtitles” atau “Subtitle Track”. Kemudian, pilih opsi “Synchronize Subtitle (h/m/s)”. Masukkan nilai perbedaan waktu yang telah Anda catat tadi untuk mengatur sinkronisasi subtitle.

TRENDING :  Cara Setting APN 3 XL Telkomsel dan Indosat

2.4 Menguji Sinkronisasi Subtitle

Setelah mengatur sinkronisasi subtitle, putar video kembali dan perhatikan apakah subtitle tetap terlalu cepat atau sudah berada dalam sinkronisasi yang baik dengan video. Jika masih terdapat masalah, Anda dapat mencoba langkah selanjutnya.

3. Mengganti Codec Video

Kadang-kadang, masalah subtitle terlalu cepat di VLC dapat terjadi karena codec video yang digunakan tidak sesuai. Anda dapat mencoba mengganti codec video untuk memperbaiki masalah ini. Berikut langkah-langkahnya:

3.1 Mencari Informasi Codec Video

Pertama-tama, cari tahu jenis codec video yang digunakan dalam file video yang sedang Anda putar di VLC. Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti GSpot atau MediaInfo untuk melihat informasi codec video dari file tersebut.

3.2 Mengganti Codec Video di VLC

Setelah mengetahui jenis codec video yang digunakan, buka VLC dan pilih opsi “Tools” atau “Peralatan” di menu utama. Kemudian, pilih opsi “Preferences” atau “Preferensi”. Di jendela Preferensi, pilih opsi “Input / Codecs”.

3.3 Mengganti Codec Video

Pada bagian “Codecs”, cari opsi “Hardware-accelerated decoding” atau “Dekoding berakselerasi perangkat keras”. Matikan opsi ini atau ubah menjadi “Disabled” atau “Nonaktifkan”. Kemudian, pada bagian “Decoding / Video codecs”, ubah codec video ke codec alternatif yang kompatibel dengan file video Anda.

3.4 Menguji Playback Video

Setelah mengganti codec video, putar kembali video dengan subtitle yang sebelumnya terlalu cepat. Perhatikan apakah subtitle sudah berada dalam sinkronisasi yang baik dengan video. Jika masih ada masalah, langkah berikutnya dapat Anda coba.

4. Mengunduh Subtitle Baru

Jika subtitle yang Anda gunakan terlalu cepat, Anda dapat mencoba mengunduh subtitle baru yang sudah disesuaikan dengan video yang Anda putar. Berikut langkah-langkahnya:

4.1 Mencari Subtitle Alternatif

Anda dapat mencari subtitle alternatif di situs web yang menyediakan subtitle untuk film dan serial TV. Pastikan subtitle yang Anda unduh sudah cocok dengan versi video yang Anda putar.

TRENDING :  Cara Mengatasi Android yang Lemot

4.2 Memasang Subtitle Baru

Setelah mengunduh subtitle baru, letakkan file subtitle tersebut di folder yang sama dengan file video yang Anda putar di VLC. Pastikan nama file subtitle sama dengan nama file video kecuali ekstensinya. Misalnya, jika nama file video adalah “film.mp4”, maka nama subtitle harus menjadi “film.srt”.

4.3 Menguji Subtitle baru

Setelah memasang subtitle baru, putar kembali video di VLC dan perhatikan apakah subtitle sudah berada dalam sinkronisasi yang baik dengan video. Jika masih ada masalah, cobalah langkah terakhir berikutnya.

5. Menggunakan Program Subtitle Editor

Terakhir, jika semua langkah sebelumnya tidak berhasil, Anda dapat mencoba menggunakan program subtitle editor untuk memperbaiki subtitle terlalu cepat secara manual. Berikut langkah-langkahnya:

5.1 Menginstall Program Subtitle Editor

Pilih dan instal program subtitle editor seperti Aegisub, Subtitle Edit, atau Jubler di komputer Anda. Program ini akan memungkinkan Anda untuk memodifikasi dan menyelaraskan subtitle secara manual.

5.2 Membuka File Subtitle

Buka file subtitle yang terlalu cepat di program subtitle editor yang telah Anda instal. Pastikan Anda memilih file subtitle yang sesuai dengan video yang Anda putar di VLC.

5.3 Menyesuaikan Waktu Subtitle

Di dalam program subtitle editor, Anda dapat menyesuaikan waktu mulai dan selesai dari setiap baris subtitle. Carilah baris subtitle yang terlalu cepat dan geser waktu mulai dan selesai menjadi lebih lambat sesuai dengan kebutuhan.

5.4 Menyimpan Subtitle yang Telah Dimodifikasi

Setelah menyesuaikan waktu subtitle, simpan file subtitle yang telah dimodifikasi dan gantikan file subtitle asli dengan versi yang telah Anda edit. Kemudian, putar video dengan subtitle yang baru Anda edit di VLC dan perhatikan apakah masalah subtitle terlalu cepat sudah teratasi.

TRENDING :  Mengatur Tanggal dan Jam di Windows

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Mengapa subtitle di VLC terlalu cepat?

Subtitle di VLC dapat menjadi terlalu cepat karena beberapa alasan, seperti bug dalam versi VLC yang digunakan, sinkronisasi yang salah antara video dan subtitle, codec video yang tidak kompatibel, atau subtitle yang tidak sesuai dengan versi video yang diputar.

2. Bagaimana cara memperbarui VLC?

Anda dapat memperbarui VLC dengan mengunjungi situs resmi VLC di vlc-media-player.org, mendownload versi terbaru, dan mengikuti petunjuk penginstalan.

3. Apa yang harus dilakukan jika subtitle tidak sinkron dengan video di VLC?

Jika subtitle tidak sinkron dengan video di VLC, Anda dapat mencoba mengatur sinkronisasi subtitle secara manual. Pilih opsi “Synchronize Subtitle” dan masukkan nilai perbedaan waktu antara video dan subtitle.

4. Bagaimana cara mengganti codec video di VLC?

Anda dapat mengganti codec video di VLC dengan membuka menu “Preferences”, memilih opsi “Input / Codecs”, dan mengubah opsi “Hardware-accelerated decoding” menjadi “Disabled”. Selanjutnya, ubah codec video ke codec alternatif yang kompatibel dengan file video yang diputar.

5. Apakah ada cara lain untuk mengatasi masalah subtitle terlalu cepat di VLC?

Ya, cara lain untuk mengatasi masalah subtitle terlalu cepat di VLC adalah dengan mengunduh subtitle baru yang sudah disesuaikan dengan video yang diputar atau dengan menggunakan program subtitle editor untuk memperbaiki subtitle secara manual.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas tentang cara mengatasi subtitle terlalu cepat di VLC. Langkah-langkah yang dapat Anda lakukan meliputi memperbarui versi VLC, mengatur sinkronisasi subtitle, mengganti codec video, mengunduh subtitle baru, dan menggunakan program subtitle editor. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat memperbaiki masalah subtitle terlalu cepat dan menikmati pengalaman menonton video dengan subtitle yang lebih baik. Selamat mencoba!