site traffic analytics

Cara Mengarsipkan Kelas di Google Classroom

Haii Teman Radar, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara mengarsipkan kelas di Google Classroom. Apakah Anda seorang pengajar atau siswa yang menggunakan Google Classroom? Jika iya, pasti Anda pernah mencari cara untuk mengarsipkan kelas yang telah selesai atau tidak aktif lagi. Nah, di artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah untuk memudahkan Anda dalam mengarsipkan kelas di Google Classroom. Simak terus artikel ini untuk mengetahui caranya!

Panduan Mengarsipkan Kelas di Google Classroom

Mengarsipkan kelas di Google Classroom merupakan langkah yang penting untuk mengatur dan menyimpan kelas yang telah selesai atau tidak aktif lagi. Berikut adalah 5 langkah mudah untuk mengarsipkan kelas di Google Classroom:

1. Buka Google Classroom

Langkah pertama adalah membuka aplikasi Google Classroom di perangkat Anda atau mengaksesnya melalui browser di komputer Anda. Pastikan Anda sudah masuk ke akun Google Classroom yang akan digunakan untuk mengarsipkan kelas.

2. Pilih Kelas yang Akan Diarsipkan

Setelah membuka Google Classroom, pilih kelas yang ingin Anda arsipkan dari daftar kelas yang tersedia. Klik pada kelas tersebut untuk masuk ke halaman kelas yang ingin diarsipkan.

3. Buka Pengaturan Kelas

Di halaman kelas, cari dan klik ikon “Pengaturan” yang berbentuk roda gigi di pojok kanan atas halaman. Akan muncul menu dropdown dengan berbagai opsi pengaturan untuk kelas tersebut. Pilih opsi “Pengaturan kelas”.

4. Pergi ke Opsi Pengarsipan

Setelah memilih opsi “Pengaturan kelas”, gulir ke bawah halaman hingga menemukan bagian “Pengarsipan”. Di bagian ini, Anda akan melihat opsi “Arsipkan kelas”. Klik opsi tersebut untuk mengarsipkan kelas.

5. Konfirmasi Pengarsipan Kelas

Setelah mengklik opsi “Arsipkan kelas”, akan muncul jendela konfirmasi untuk mengonfirmasi tindakan anda. Pastikan Anda telah mempertimbangkan keputusan ini dengan baik, karena mengarsipkan kelas akan menyembunyikan kelas dari daftar kelas aktif. Jika sudah yakin, klik “Arsipkan” untuk selesai.

TRENDING :  Cara Menambah Followers TikTok

FAQ Mengenai Mengarsipkan Kelas di Google Classroom

1. Apa fungsi mengarsipkan kelas di Google Classroom?

Mengarsipkan kelas di Google Classroom berfungsi untuk menyembunyikan kelas yang telah selesai atau tidak aktif lagi dari daftar kelas aktif. Dengan mengarsipkan kelas, Anda dapat menjaga kebersihan dan keteraturan tampilan Google Classroom Anda.

2. Bisakah saya mengakses kelas yang telah diarsipkan?

Ya, Anda masih bisa mengakses kelas yang telah diarsipkan. Namun, kelas tersebut akan disembunyikan dari daftar kelas aktif dan akan muncul di bagian “Kelas Terarsipkan”. Anda bisa mengakses kelas tersebut kapan pun Anda inginkan melalui bagian tersebut.

3. Apakah siswa masih dapat melihat kelas yang telah diarsipkan?

Tidak, saat kelas diarsipkan, siswa tidak dapat melihatnya lagi di daftar kelas mereka. Namun, mereka masih dapat mengakses materi atau tugas yang telah Anda bagikan sebelum mengarsipkan kelas melalui bagian “Tugas Terarsipkan”.

4. Bisakah saya mengembalikan kelas yang telah diarsipkan menjadi aktif?

Ya, Anda bisa mengembalikan kelas yang telah diarsipkan menjadi aktif kapan pun Anda mau. Caranya adalah dengan memilih kelas di bagian “Kelas Terarsipkan”, lalu klik opsi “Pulihkan”. Kelas akan kembali muncul di daftar kelas aktif Anda.

5. Apakah saya bisa menghapus kelas yang telah diarsipkan?

Ya, Anda memiliki opsi untuk menghapus kelas yang telah diarsipkan jika Anda ingin menghapusnya secara permanen. Caranya adalah dengan memilih kelas di bagian “Kelas Terarsipkan”, lalu klik opsi “Hapus”. Kelas akan dihapus dan tidak dapat dikembalikan lagi.

Kesimpulan

Mengarsipkan kelas di Google Classroom sangatlah penting untuk menjaga kebersihan dan keteraturan tampilan Google Classroom Anda, terutama jika Anda memiliki banyak kelas yang telah selesai atau tidak aktif lagi. Dengan mengikuti panduan langkah demi langkah yang telah kami berikan di atas, Anda dapat dengan mudah mengarsipkan kelas di Google Classroom.

TRENDING :  Cara Beli Pulsa 1000 Telkomsel

Jangan lupakan fungsionalitas fitur arsip di Google Classroom ini, karena dengan mengarsipkan kelas yang telah selesai, Anda dapat fokus pada kelas-kelas yang sedang berlangsung. Jangan ragu untuk mencoba cara ini dan semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Terima kasih telah membaca, dan selamat mengarsipkan kelas di Google Classroom!