site traffic analytics

Cara Memutar Youtube di Latar Belakang

Haii Teman Radar, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara memutar Youtube di latar belakang. Jika kamu sering menggunakan Youtube untuk mendengarkan musik atau menonton video, mungkin pernah mengalami situasi di mana kamu ingin menjelajahi aplikasi lain atau sekedar membuka browser, namun musik dari Youtube tiba-tiba berhenti. Nah, dengan cara memutar Youtube di latar belakang, kamu dapat terus mendengarkan musik favorit tanpa harus terus membuka aplikasi Youtube di layar utama.

1. Menggunakan Fitur Background Play di Aplikasi Youtube

Haii Teman Radar, apakah seringkali kamu menggunakan Youtube untuk mendengarkan musik secara streaming? Kami akan memberitahu kamu cara untuk memutar Youtube di latar belakang. Jika kamu menggunakan aplikasi Youtube di perangkat Android, kamu dapat menggunakan fitur Background Play yang disediakan oleh Youtube sebagai salah satu kelebihan dari langganan Youtube Premium.

a. Langkah pertama

Dalam aplikasi Youtube, cari video yang ingin kamu dengarkan dan putar seperti biasa. Setelah video terbuka, geser layar ke bawah sehingga video akan berjalan di latar belakang dan kamu dapat melanjutkan kegiatan lain di perangkatmu.

b. Langkah kedua

Jika kamu ingin mengontrol video yang sedang diputar, kamu dapat menekan notifikasi yang muncul di layar ponselmu. Dari notifikasi tersebut, kamu dapat memilih untuk pause, play, atau mengubah lagu/video yang sedang diputar.

2. Menggunakan Browser dengan Fitur Background Play

Haii Teman Radar, kita masih membahas tentang cara memutar Youtube di latar belakang. Jika kamu tidak ingin mengunduh aplikasi Youtube atau tidak memiliki langganan Youtube Premium, kamu masih bisa menggunakan browser dengan fitur Background Play untuk tetap mendengarkan Youtube di latar belakang. Beberapa browser yang memiliki fitur ini antara lain Google Chrome dan Mozilla Firefox.

TRENDING :  Cara Memindahkan Data dari iPhone ke Android

a. Langkah pertama

Buka browser yang telah kamu instal di perangkatmu, seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox. Kemudian, ketikkan alamat youtube.com di bilah search dan tekan enter untuk membuka halaman Youtube.

b. Langkah kedua

Cari video yang ingin kamu dengarkan dan putar seperti biasa. Setelah video terbuka, keluar dari aplikasi browser tanpa menutup tab Youtube. Video akan tetap berjalan di latar belakang dan kamu dapat melanjutkan kegiatan lain di perangkatmu.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Haii Teman Radar, masih penasaran bagaimana cara memutar Youtube di latar belakang? Jika kamu ingin memiliki pengalaman yang lebih baik dalam memutar Youtube di latar belakang, kamu dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang telah disediakan oleh pengembang lain. Beberapa aplikasi pihak ketiga yang populer untuk memutar Youtube di latar belakang adalah Youtube Vanced dan NewPipe.

a. Langkah pertama

Download dan instal aplikasi pihak ketiga yang kamu pilih, seperti Youtube Vanced atau NewPipe. Pastikan kamu mengunduh aplikasi dari sumber yang terpercaya.

b. Langkah kedua

Buka aplikasi yang telah kamu instal dan login dengan akun Youtube milikmu. Setelah itu, kamu dapat mencari video yang ingin kamu dengarkan dan memutarnya seperti biasa.

4. Menggunakan Mode Picture-in-Picture (PiP)

Haii Teman Radar, masih bersama kami untuk membahas cara memutar Youtube di latar belakang. Jika perangkatmu memiliki fitur Picture-in-Picture (PiP), maka kamu dapat menggunakan fitur ini untuk memutar Youtube di latar belakang saat sedang melakukan aktivitas lain di perangkatmu.

a. Langkah pertama

Buka aplikasi Youtube di perangkatmu dan putar video yang ingin kamu dengarkan. Setelah video terbuka, keluar dari aplikasi Youtube dengan menekan tombol home atau tombol navigasi yang ada di perangkatmu.

TRENDING :  Cara Mengecek Masa Aktif Kartu Axis

b. Langkah kedua

Jika perangkatmu memiliki fitur Picture-in-Picture (PiP), maka video yang sedang diputar akan muncul dalam bentuk kecil dan dapat kamu geser ke latar belakang. Kamu dapat menjalankan aplikasi lain atau membuka browser tanpa mempengaruhi video yang sedang diputar.

5. Menggunakan Aplikasi Musik Streaming

Haii Teman Radar, masih belum puas dengan pembahasan kita mengenai cara memutar Youtube di latar belakang? Jika kamu lebih suka menggunakan aplikasi musik streaming seperti Spotify atau Apple Music, kamu juga dapat menikmati musik dari Youtube di latar belakang dengan menggunakan aplikasi ini.

a. Langkah pertama

Download dan instal aplikasi musik streaming pilihanmu, seperti Spotify atau Apple Music. Pastikan kamu sudah memiliki langganan premium untuk mendapatkan fitur pemutaran di latar belakang.

b. Langkah kedua

Buka aplikasi musik streaming yang telah kamu instal dan cari lagu atau artis yang ingin kamu dengarkan. Kemudian, kamu dapat memilih lagu dari Youtube dengan menggunakan fitur integrasi yang disediakan oleh aplikasi musik streaming.

FAQ (Pertanyaan Umum)

1. Apa itu fitur Background Play di Youtube?

Background Play adalah fitur yang disediakan oleh Youtube untuk memungkinkan pengguna mendengarkan audio dari video Youtube di latar belakang, bahkan saat aplikasi Youtube tidak aktif atau digunakan untuk menjelajahi aplikasi lain atau browser.

2. Apakah pengguna harus membayar untuk menggunakan fitur Background Play?

Fitur Background Play merupakan salah satu kelebihan dari langganan Youtube Premium. Jadi, pengguna harus membayar langganan Youtube Premium untuk dapat menggunakan fitur ini.

3. Apakah semua browser mendukung fitur Background Play di Youtube?

Tidak semua browser mendukung fitur Background Play di Youtube. Namun, beberapa browser seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox memiliki fitur ini.

TRENDING :  Cara Mempercepat Download IDM: Tips dan Trik Terbaik

4. Bagaimana cara menggunakan fitur Picture-in-Picture (PiP) untuk memutar Youtube di latar belakang?

Untuk menggunakan fitur PiP, pengguna harus memiliki perangkat dengan fitur tersebut. Setelah itu, pengguna dapat membuka aplikasi Youtube, memutar video yang diinginkan, lalu keluar dari aplikasi untuk melanjutkan kegiatan lain. Video yang sedang diputar akan muncul dalam bentuk kecil dan tetap berjalan di latar belakang.

5. Apakah aplikasi musik streaming dapat memutar video dari Youtube di latar belakang?

Ya, beberapa aplikasi musik streaming seperti Spotify atau Apple Music memiliki integrasi dengan Youtube, yang memungkinkan pengguna untuk memutar lagu dari Youtube di latar belakang.

Kesimpulan

Haii Teman Radar, pada artikel ini kami telah membahas tentang cara memutar Youtube di latar belakang. Ada beberapa cara yang dapat kamu gunakan, tergantung pada preferensi dan perangkat yang kamu miliki. Jika kamu menggunakan aplikasi Youtube, kamu dapat menggunakan fitur Background Play (tersedia di Youtube Premium) atau aplikasi pihak ketiga seperti Youtube Vanced atau NewPipe. Jika tidak ingin mengunduh aplikasi baru, kamu dapat menggunakan browser dengan fitur Background Play seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox. Selain itu, jika perangkatmu memiliki fitur Picture-in-Picture (PiP), kamu dapat memanfaatkannya untuk memutar Youtube di latar belakang. Terakhir, jika kamu lebih suka menggunakan aplikasi musik streaming, kamu juga dapat memutar lagu dari Youtube di latar belakang dengan aplikasi tersebut.

Semoga informasi yang kami berikan dapat membantu kamu untuk tetap dapat mendengarkan musik atau menonton video favorit di Youtube tanpa harus terus membuka aplikasi Youtube di layar utama. Jadi, kamu dapat tetap menjalankan kegiatan lain di perangkatmu tanpa terganggu. Selamat mencoba dan semoga berhasil!