site traffic analytics

Cara Memunculkan Icon Baterai di Laptop

Haii, Teman Radar, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara memunculkan icon baterai di laptop. Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk mengatasi masalah tersebut.

Mengatur Pengaturan Tampilan Sistem

Jika Anda tidak melihat icon baterai di laptop Anda, langkah pertama yang dapat Anda coba adalah mengatur pengaturan tampilan sistem. Ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Klik Ikon Start

Klik ikon Start di pojok kiri bawah layar desktop Anda. Setelah itu, cari dan klik ikon “Settings” yang berbentuk gear.

Langkah 2: Buka Pengaturan

Setelah memasuki menu Pengaturan, cari dan klik opsi “Personalisasi”. Kemudian, pilih “Taskbar” di menu sebelah kiri dan gulir ke bawah hingga menemukan “Notification area”.

Langkah 3: Atur Tampilan Baterai

Pada pengaturan tampilan baterai, pastikan opsi “Power” dalam keadaan aktif tergantung pada preferensi Anda. Jika opsi ini tidak aktif, aktifkan dengan menggeser tombol ke posisi “On”. Setelah itu, simpan perubahan dengan menutup pengaturan.

Menjalankan Troubleshooter Baterai

Jika pengaturan tampilan sistem sudah benar dan tetap tidak terlihat icon baterai di laptop, Anda dapat menjalankan troubleshooter baterai yang disediakan oleh sistem operasi Windows. Ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Buka Pengaturan

Buka menu Pengaturan dengan mengklik ikon Start dan kemudian ikon “Settings”. Setelah itu, cari dan klik opsi “Update & Security”.

Langkah 2: Akses Troubleshoot

Pilih opsi “Troubleshoot” di menu sebelah kiri dan gulir ke bawah untuk menemukan opsi “Power”. Klik opsi “Power” dan kemudian klik tombol “Run the troubleshooter”.

Langkah 3: Ikuti Petunjuk

Ikuti petunjuk yang ditampilkan oleh troubleshooter baterai. Troubleshooter akan memeriksa dan memperbaiki masalah yang terkait dengan pengaturan baterai Anda.

TRENDING :  Cara Download File di Scribd: Tips Praktis untuk Mendapatkan Konten yang Anda Inginkan

Memperbarui Driver Baterai

Ketika icon baterai tetap tidak muncul, kemungkinan masalah terletak pada driver baterai yang sudah usang atau rusak. Berikut adalah langkah-langkah untuk memperbarui driver baterai:

Langkah 1: Buka Device Manager

Caranya adalah dengan mengklik kanan pada ikon Start dan memilih opsi “Device Manager” dari menu yang muncul.

Langkah 2: Cari Driver Baterai

Dalam Device Manager, cari dan klik opsi “Batteries” untuk mengembangkannya. Di dalamnya, Anda akan menemukan driver baterai yang terpasang di laptop Anda.

Langkah 3: Perbarui Driver

Klik kanan pada driver baterai dan pilih opsi “Update driver”. Pilih opsi “Search automatically for updated driver software” dan biarkan sistem mencari dan menginstal pembaruan driver yang diperlukan.

Mengubah Pengaturan Registry

Jika langkah-langkah sebelumnya tidak berhasil, Anda dapat mencoba mengubah pengaturan registry untuk memunculkan icon baterai di laptop. Silakan ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Buka Registry Editor

Tekan tombol “Windows” + “R” pada keyboard Anda untuk membuka jendela “Run”. Ketik “regedit” dan tekan Enter.

Langkah 2: Cari Key Registry yang Sesuai

Di dalam Registry Editor, pergi ke alamat berikut:
“HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System”

Langkah 3: Buat Nilai DWORD

Di dalam folder System, klik kanan di area kosong dan pilih “New” > “DWORD (32-bit) Value”. Beri nama nilai DWORD tersebut sebagai “ShowPowerButton” dan atur nilainya menjadi “1”.

Memperbarui Sistem Operasi

Terakhir, jika semua langkah sebelumnya tidak berhasil, mungkin perlu untuk memperbarui sistem operasi laptop Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Pengaturan

Klik ikon Start dan kemudian ikon “Settings”. Cari dan pilih opsi “Update & Security”.

Langkah 2: Periksa Pembaruan

Dalam menu Update & Security, klik opsi “Windows Update” di menu sebelah kiri. Klik tombol “Check for updates” dan biarkan sistem mencari pembaruan yang tersedia.

TRENDING :  Cara Meningkatkan Kesehatan Baterai iPhone

Langkah 3: Instal Pembaruan

Jika ada pembaruan yang tersedia, klik tombol “Install now” untuk menginstalnya ke sistem operasi laptop Anda. Pastikan untuk menyimpan pekerjaan Anda terlebih dahulu dan membiarkan proses pembaruan selesai tanpa gangguan.

FAQs (Frequently Asked Questions)

1. Apakah icon baterai menghilang secara permanen?

Tidak, icon baterai yang menghilang biasanya disebabkan oleh pengaturan yang salah atau masalah driver. Dalam kebanyakan kasus, Anda dapat memunculkan kembali icon baterai dengan mengikuti langkah-langkah yang kami berikan di artikel ini.

2. Mengapa saya tidak melihat opsi “Power” dalam pengaturan tampilan sistem?

Hal ini mungkin karena Anda menggunakan sistem operasi yang berbeda atau versi yang lebih lama. Pastikan laptop Anda menjalankan sistem operasi Windows yang up-to-date dan coba periksa pengaturan tampilan sistem yang relevan.

3. Troubleshooter baterai tidak menemukan masalah. Bagaimana cara memperbaikinya?

Jika troubleshooter baterai tidak menemukan masalah, langkah selanjutnya adalah memeriksa driver baterai. Ikuti langkah-langkah yang telah kami sampaikan di artikel ini untuk memperbarui driver baterai dan coba lagi.

4. Apakah mengubah pengaturan registry berisiko?

Mengubah pengaturan registry bisa berisiko jika dilakukan secara sembarangan atau tanpa pengetahuan yang cukup. Pastikan untuk mengikuti langkah-langkah dengan cermat dan membuat cadangan registry Anda sebelum melakukan perubahan.

5. Mengapa saya masih tidak dapat melihat icon baterai setelah memperbarui sistem operasi?

Jika setelah memperbarui sistem operasi icon baterai tetap tidak muncul, masalahnya mungkin lebih kompleks dan memerlukan bantuan ahli. Disarankan untuk menghubungi layanan pelanggan laptop atau mencari bantuan dari spesialis teknologi.

Kesimpulan

Memunculkan icon baterai di laptop bisa menjadi tugas yang mengganggu dan membuat frustrasi. Namun, dengan mengikuti langkah-langkah yang tercantum di atas, Anda dapat mengatasi masalah tersebut dengan mudah. Ingatlah untuk mengatur pengaturan tampilan sistem, menjalankan troubleshooter baterai, memperbarui driver baterai, mengubah pengaturan registry, atau memperbarui sistem operasi jika diperlukan. Jika masalah tetap berlanjut, jangan ragu untuk mencari bantuan dari ahli teknologi yang kompeten. Semoga artikel ini membantu Anda dalam memunculkan kembali icon baterai di laptop Anda. Selamat mencoba!

TRENDING :  Cara Menampilkan Persen Baterai iPhone