site traffic analytics

Cara Memindahkan Game Steam: Panduan Lengkap untuk Mengalihkan Game Anda

Haii, Teman Radar! Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang “cara memindahkan game Steam”. Jika Anda seorang gamer, Anda mungkin sudah tahu bahwa Steam adalah platform distribusi game digital terbesar di dunia. Tetapi, apakah Anda tahu bagaimana cara memindahkan game dari satu drive atau folder ke yang lain di dalam Steam? Jika tidak, jangan khawatir! Dalam artikel ini, kami akan memberi Anda panduan langkah demi langkah tentang bagaimana Anda dapat dengan mudah memindahkan game Steam Anda ke tempat yang baru. Jadi, mari kita mulai!

1. Persiapan Awal

1.1 Pastikan Steam dan Game Anda Sudah Terinstal

Sebelum Anda memindahkan game Steam, pastikan Anda sudah menginstal Steam dan game yang ingin Anda pindahkan di komputer Anda. Pastikan juga Anda memiliki ruang penyimpanan yang cukup di drive atau folder tujuan.

1.2 Tutup Aplikasi Steam

Sebelum Anda memulai proses pemindahan, pastikan Anda menutup aplikasi Steam sepenuhnya. Ini penting agar perubahan yang Anda lakukan dapat diterapkan dengan benar.

1.3 Backup Game Anda (Opsional)

Jika Anda memiliki game yang sangat berharga bagi Anda dan Anda khawatir kehilangan data saat memindahkannya, Anda dapat membuat salinan cadangan game Anda terlebih dahulu. Ini opsional, tetapi memiliki backup selalu disarankan untuk menghindari risiko kehilangan data.

2. Memindahkan Game Steam

2.1 Temukan Lokasi Instalasi Game Anda

Langkah pertama dalam memindahkan game Steam adalah mencari lokasi instalasi game tersebut. Untuk melakukannya, buka aplikasi Steam dan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Steam dan masuk ke akun Anda.
  2. Klik “Library” di atas jendela Steam.
  3. Klik kanan pada game yang ingin Anda pindahkan dan pilih “Properties”.
  4. Di tab “Local Files”, klik tombol “Browse Local Files”.
TRENDING :  Cara Buka Kunci iPhone Curian: Solusi yang Efektif

2.2 Salin Game Anda ke Lokasi Baru

Setelah Anda menemukan lokasi instalasi game, buka folder tersebut dan cari folder dengan nama game yang ingin Anda pindahkan. Kemudian, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memindahkan game Anda:

  1. Pilih folder game.
  2. Klik kanan dan pilih “Copy”.
  3. Pergi ke lokasi baru yang ingin Anda pindahkan game tersebut.
  4. Klik kanan dan pilih “Paste”.

3. Mengatur Lokasi Instalasi Baru di Steam

3.1 Hapus Game Steam dari Lokasi Awal

Setelah Anda menyalin game ke lokasi baru, langkah selanjutnya adalah menghapus game dari lokasi awal. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Steam.
  2. Pilih “Library” di atas jendela Steam.
  3. Klik kanan pada game yang ingin Anda hapus dari lokasi awal.
  4. Pilih “Properties”.
  5. Di tab “Local Files”, pilih “Delete Local Game Content” dan ikuti instruksi yang muncul.

3.2 Tambahkan Game dari Lokasi Baru

Sekarang, setelah Anda menghapus game dari lokasi awal, langkah terakhir adalah menambahkannya kembali dari lokasi baru. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pilih “Library” di aplikasi Steam.
  2. Klik “Install” di sebelah game yang ingin Anda pindahkan ke lokasi baru.
  3. Di jendela “Choose location for install”, pilih lokasi baru di mana game tersebut telah Anda salin sebelumnya.
  4. Klik “Next” dan ikuti instruksi yang muncul untuk menyelesaikan instalasi.

4. Tantangan yang Mungkin Anda Temui

4.1 Game Tidak Ditemukan di Lokasi Baru

Jika setelah Anda memindahkan game, Steam tidak dapat menemukannya di lokasi baru, kemungkinan ada kesalahan dalam proses pemindahan. Pastikan Anda telah mengikuti langkah-langkah dengan benar dan mengganti lokasi instalasi game di Steam.

4.2 Ruang Penyimpanan Tidak Cukup di Lokasi Baru

Jika Anda menemui masalah dengan ruang penyimpanan setelah memindahkan game, pastikan Anda memiliki cukup ruang penyimpanan di lokasi baru sebelum memindahkan game tersebut.

TRENDING :  Cara Top Up Apex Legends Mobile: Panduan Lengkap

4.3 Masalah dengan File Pendukung Tambahan

Beberapa game mungkin membutuhkan file pendukung tambahan di luar folder utama game. Pastikan Anda juga memindahkan file-file tersebut ke lokasi baru agar game dapat berfungsi dengan baik.

5. Kesimpulan

Secara keseluruhan, memindahkan game Steam ke lokasi baru sebenarnya cukup mudah dilakukan. Dengan mengikuti panduan langkah demi langkah di atas, Anda dapat dengan cepat dan mudah memindahkan game Anda tanpa kehilangan data ataupun kesulitan teknis yang berarti. Pastikan untuk selalu memeriksa ruang penyimpanan yang tersedia dan mengikuti petunjuk dengan hati-hati untuk hasil yang optimal. Semoga panduan ini bermanfaat bagi Anda yang ingin memindahkan game Steam dengan mudah dan tanpa masalah. Selamat bermain!