site traffic analytics

Cara Membuat Breakout Room di Zoom

Haii Teman Radar, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara membuat breakout room di Zoom.

Apa itu Breakout Room?

Breakout room adalah fitur yang disediakan oleh Zoom untuk memisahkan peserta ke dalam kelompok-kelompok kecil selama sesi rapat atau webinar. Fitur ini sangat berguna untuk membuat sesi yang lebih interaktif dan memungkinkan peserta berdiskusi dalam kelompok kecil sebelum kembali ke sesi utama.

1. Membuka Breakout Room

Langkah pertama untuk membuat breakout room di Zoom adalah membuka fitur breakout room. Setelah masuk ke Zoom meeting, klik ikon breakout room yang ada di bawah layar, kemudian pilih “Open All Rooms”.

2. Mengatur Jumlah dan Nama Breakout Room

Setelah membuka breakout room, Anda perlu mengatur jumlah dan nama room. Pada jendela yang muncul, klik “Options” untuk mengatur jumlah dan nama breakout room sesuai kebutuhan Anda. Setelah selesai, klik “Create Rooms”.

3. Mengelola Peserta ke Breakout Room

Setelah breakout room dibuat, Zoom akan secara otomatis memindahkan peserta ke breakout room secara acak. Namun, jika Anda ingin mengelola pemindahan peserta secara manual, Anda dapat membuka “Manage Participants” pada toolbar dan memindahkan peserta ke breakout room yang diinginkan.

4. Memanggil Kembali Peserta ke Sesuai Utama

Setelah selesai dalam breakout room, Anda dapat memanggil kembali peserta ke sesi utama dengan mengklik “Broadcast a message to all” pada jendela breakout room. Dengan begitu, peserta akan menerima pemberitahuan dan dapat kembali ke sesi utama dengan mengklik tautan yang tersedia.

Bagaimana Cara Mengubah Nama Breakout Room?

Untuk mengubah nama breakout room di Zoom, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

TRENDING :  Cara Restart MacBook: Panduan Lengkap untuk Pengguna Mac

1. Masuk ke Pengaturan Breakout Room

Pertama, masuk ke pengaturan breakout room dengan mengklik ikon breakout room di bawah layar saat sedang dalam Zoom meeting.

2. Mengubah Nama Breakout Room

Setelah masuk ke pengaturan breakout room, klik “Options” untuk membuka jendela pengaturan. Kemudian, klik tombol “Rename” di sebelah ruangan yang ingin Anda ubah namanya. Masukkan nama baru yang diinginkan dan klik “Save”.

3. Simpan Perubahan

Setelah mengubah nama breakout room, pastikan untuk menyimpan perubahan yang telah Anda lakukan dengan mengklik “Save”. Nama breakout room akan berubah secara otomatis dan dapat terlihat oleh peserta yang masuk ke breakout room.

Apakah Fitur Breakout Room Tersedia di Semua Versi Zoom?

Ya, fitur breakout room tersedia di semua versi Zoom. Baik Anda menggunakan Zoom Basic, Pro, Business, atau Enterprise, Anda dapat mengakses dan menggunakan fitur breakout room untuk membuat sesi yang lebih interaktif dan berkesan.

Apakah Peserta Bisa Membuat Breakout Room?

Tidak, hanya host atau pembuat Zoom meeting yang memiliki akses untuk membuat breakout room. Peserta hanya dapat diarahkan ke breakout room oleh host dan tidak memiliki otoritas untuk membuat breakout room sendiri.

Bagaimana Jika Saya Telah Mengatur Jumlah Breakout Room Secara Salah?

Jika Anda telah mengatur jumlah breakout room secara salah, Anda dapat memperbaikinya dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Tutup Breakout Room yang Tidak Diperlukan

Jika jumlah breakout room terlalu banyak, Anda dapat menutup breakout room yang tidak diperlukan. Pertama, klik ikon breakout room, kemudian pada jendela breakout room, klik “Options” dan pilih “Close All Rooms”.

2. Buka Lagi Breakout Room dengan Jumlah yang Benar

Setelah menutup breakout room yang tidak diperlukan, Anda dapat membuka lagi breakout room dengan jumlah yang benar sesuai kebutuhan. Masuk ke pengaturan breakout room, atur jumlah breakout room yang diinginkan, dan klik “Create Rooms”.

TRENDING :  Cara Memblokir Akun FB: Panduan Lengkap untuk Pengguna Facebook

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas tentang cara membuat breakout room di Zoom. Breakout room adalah fitur yang sangat berguna untuk memisahkan peserta ke dalam kelompok-kelompok kecil dan memungkinkan mereka berdiskusi secara lebih interaktif.

Anda dapat dengan mudah membuat breakout room dengan membuka fitur breakout room di Zoom meeting, mengatur jumlah dan nama room, serta memindahkan peserta ke breakout room dengan mudah. Anda juga dapat memanggil kembali peserta ke sesi utama setelah selesai di breakout room.

Fitur breakout room dapat diakses di semua versi Zoom dan hanya host yang memiliki akses untuk membuat breakout room. Peserta tidak dapat membuat breakout room sendiri.

Apabila Anda telah mengatur jumlah breakout room secara salah, Anda dapat dengan mudah memperbaikinya dengan menutup breakout room yang tidak diperlukan dan membuka lagi dengan jumlah yang benar.

Dengan menggunakan fitur breakout room di Zoom, Anda dapat mengadakan sesi rapat atau webinar yang lebih interaktif dan berkesan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dalam memanfaatkan fitur breakout room di Zoom!