Bagaimana Cara Menghapus Aplikasi di Smartphone atau Laptop Anda?
Bagaimana Cara Menghapus Aplikasi di Smartphone atau Laptop Anda?

Bagaimana Cara Menghapus Aplikasi di Smartphone atau Laptop Anda?

Haii teman Radar! Kali ini kami akan membahas tentang bagaimana cara menghapus aplikasi di smartphone Anda. Pernahkah Anda merasa bahwa smartphone Anda terlalu penuh dengan aplikasi yang tidak pernah digunakan? Ataukah Anda ingin menghapus aplikasi tertentu yang mengganggu privasi dan keamanan data pribadi Anda? Artikel ini akan membantu Anda untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut adalah beberapa cara untuk menghapus aplikasi di smartphone Anda:

Cara Menghapus Aplikasi di iPhone

Pilih Aplikasi yang Akan Dihapus

Pertama, Anda perlu memilih aplikasi yang ingin dihapus dari layar utama iPhone Anda. Tekan dan tahan ikon aplikasi tersebut sampai ikon-ikon aplikasi bergoyang-goyang dan muncul tanda “x” di sudut kiri atas ikon aplikasi tersebut.

Hapus Aplikasi

Setelah Anda memilih aplikasi yang ingin dihapus, klik tanda “x” yang muncul di sudut kiri atas ikon aplikasi tersebut. iPhone akan meminta konfirmasi untuk menghapus aplikasi tersebut. Klik “Hapus” untuk menghapus aplikasi tersebut.

Periksa Apakah Aplikasi Telah Terhapus

Setelah menghapus aplikasi, pastikan untuk memeriksa apakah aplikasi tersebut telah benar-benar terhapus dari perangkat iPhone Anda. Untuk memeriksa hal tersebut, masuk ke App Store dan cari aplikasi yang telah dihapus. Jika aplikasi tersebut tidak muncul di daftar “Dibeli”, maka aplikasi tersebut telah berhasil dihapus dari perangkat iPhone Anda.

Cara Menghapus Aplikasi di Android

Pilih Aplikasi yang Akan Dihapus

Pada layar utama Android Anda, tekan dan tahan ikon aplikasi yang ingin dihapus. Ikon-ikon aplikasi akan bergoyang-goyang dan tanda “x” akan muncul di sudut kanan atas ikon aplikasi tersebut.

Hapus Aplikasi

Klik tanda “x” yang muncul di sudut kanan atas ikon aplikasi tersebut. Android akan meminta konfirmasi untuk menghapus aplikasi tersebut. Klik “OK” untuk menghapus aplikasi tersebut.

Periksa Apakah Aplikasi Telah Terhapus

Setelah menghapus aplikasi, pastikan untuk memeriksa apakah aplikasi tersebut telah benar-benar terhapus dari perangkat Android Anda. Untuk memeriksa hal tersebut, masuk ke Google Play Store dan cari aplikasi yang telah dihapus. Jika aplikasi tersebut tidak muncul di daftar “Sudah Diinstal”, maka aplikasi tersebut telah berhasil dihapus dari perangkat Android Anda.

Cara Menghapus Aplikasi di Windows Phone

Pilih Aplikasi yang Akan Dihapus

Pada layar utama Windows Phone Anda, tekan dan tahan ikon aplikasi yang ingin dihapus. Ikon-ikon aplikasi akan bergoyang-goyang dan muncul tanda “-” di bawah ikon aplikasi tersebut.

TRENDING :  Cara Menyembunyikan Video atu Foto di HP Xiaomi dengan Mudah

Hapus Aplikasi

Klik tanda “-” yang muncul di bawah ikon aplikasi tersebut. Windows Phone akan meminta konfirmasi untuk menghapus aplikasi tersebut. Klik “Ya” untuk menghapus aplikasi tersebut.

Periksa Apakah Aplikasi Telah Terhapus

Setelah menghapus aplikasi, pastikan untuk memeriksa apakah aplikasi tersebut telah benar-benar terhapus dari perangkat Windows Phone Anda. Untuk memeriksa hal tersebut, masuk ke Windows Phone Store dan cari aplikasi yang telah dihapus. Jika aplikasi tersebut tidak muncul di daftar “My Apps”, maka aplikasi tersebut telah berhasil dihapus dari perangkat Windows Phone Anda.

Cara Menghapus Aplikasi di Windows

Pilih Aplikasi yang Akan Dihapus

Pada layar utama Windows Anda, buka “Control Panel” dan klik “Programs and Features”. Cari aplikasi yang ingin dihapus dan klik dua kali pada ikon aplikasi tersebut.

Hapus Aplikasi

Klik tombol “Uninstall” untuk menghapus aplikasi tersebut. Windows akan meminta konfirmasi untuk menghapus aplikasi tersebut. Klik “Yes” untuk menghapus aplikasi tersebut.

Periksa Apakah Aplikasi Telah Terhapus

Setelah menghapus aplikasi, pastikan untuk memeriksa apakah aplikasi tersebut telah benar-benar terhapus dari perangkat Windows Anda. Untuk memeriksa hal tersebut, buka “Control Panel” dan klik “Programs and Features”. Cari aplikasi yang telah dihapus dan pastikan bahwa aplikasi tersebut tidak muncul di daftar program yang terinstal di perangkat Windows Anda.

Cara Menghapus Aplikasi di Linux

Pilih Aplikasi yang Akan Dihapus

Buka terminal dan ketik perintah “sudo apt-get remove [nama aplikasi]”. Ganti [nama aplikasi] dengan nama aplikasi yang ingin dihapus.

Hapus Aplikasi

Setelah memasukkan perintah tersebut, tekan “Enter” untuk menghapus aplikasi tersebut. Linux akan meminta konfirmasi untuk menghapus aplikasi tersebut. Ketik “Y” untuk menghapus aplikasi tersebut.

Periksa Apakah Aplikasi Telah Terhapus

Setelah menghapus aplikasi, pastikan untuk memeriksa apakah aplikasi tersebut telah benar-benar terhapus dari perangkat Linux Anda. Untuk memeriksa hal tersebut, buka terminal dan ketik perintah “dpkg –list [nama aplikasi]”. Ganti [nama aplikasi] dengan nama aplikasi yang telah dihapus. Jika aplikasi tersebut tidak muncul di daftar aplikasi yang terinstal, maka aplikasi tersebut telah berhasil dihapus dari perangkat Linux Anda.

Cara Menghapus Aplikasi di iOS

Pilih Aplikasi yang Akan Dihapus

Pada layar utama iOS Anda, tekan dan tahan ikon aplikasi yang ingin dihapus. Ikon-ikon aplikasi akan bergoyang-goyang dan muncul tanda “X” di sudut kanan atas ikon aplikasi tersebut.

TRENDING :  Apa Itu Aplikasi Bibit? Simak Penjelasannya!

Hapus Aplikasi

Klik ikon “X” di sudut kanan atas ikon aplikasi tersebut. iOS akan meminta konfirmasi untuk menghapus aplikasi tersebut. Klik “Hapus” untuk menghapus aplikasi tersebut.

Periksa Apakah Aplikasi Telah Terhapus

Setelah menghapus aplikasi, pastikan untuk memeriksa apakah aplikasi tersebut telah benar-benar terhapus dari perangkat iOS Anda. Untuk memeriksa hal tersebut, masuk ke App Store dan cari aplikasi yang telah dihapus. Jika aplikasi tersebut tidak muncul di daftar “My Purchases”, maka aplikasi tersebut telah berhasil dihapus dari perangkat iOS Anda.

Cara Menghapus Aplikasi di Windows 10

Buka Settings

Klik ikon “Start” di pojok kiri bawah layar Anda, lalu klik ikon “Settings” (ikon berbentuk roda gigi).

Pilih Aplikasi yang Akan Dihapus

Pada jendela Settings, klik opsi “Apps”. Pada daftar aplikasi yang muncul, pilih aplikasi yang ingin dihapus.

Hapus Aplikasi

Klik tombol “Uninstall” di bawah nama aplikasi tersebut. Windows akan meminta konfirmasi untuk menghapus aplikasi tersebut. Klik “Uninstall” lagi untuk menghapus aplikasi tersebut.

Periksa Apakah Aplikasi Telah Terhapus

Setelah menghapus aplikasi, pastikan untuk memeriksa apakah aplikasi tersebut telah benar-benar terhapus dari perangkat Windows 10 Anda. Untuk memeriksa hal tersebut, buka daftar aplikasi di Start Menu dan cari aplikasi yang telah dihapus. Jika aplikasi tersebut tidak muncul di daftar aplikasi, maka aplikasi tersebut telah berhasil dihapus dari perangkat Windows 10 Anda.

Cara Menghapus Aplikasi di macOS

Buka Finder

Klik ikon “Finder” di dock (baris ikon di bawah layar), atau tekan tombol “Command + Space” untuk membuka Spotlight dan ketik “Finder” untuk mencarinya.

Pilih Aplikasi yang Akan Dihapus

Pada jendela Finder, buka folder “Applications”. Pilih aplikasi yang ingin dihapus.

Hapus Aplikasi

Klik kanan pada ikon aplikasi tersebut, lalu pilih opsi “Move to Trash”. macOS akan meminta konfirmasi untuk menghapus aplikasi tersebut. Klik “OK” untuk menghapus aplikasi tersebut.

Kosongkan Trash

Setelah menghapus aplikasi, pastikan untuk mengosongkan Trash. Klik kanan pada ikon Trash di dock, lalu pilih opsi “Empty Trash”.

Periksa Apakah Aplikasi Telah Terhapus

Setelah menghapus aplikasi, pastikan untuk memeriksa apakah aplikasi tersebut telah benar-benar terhapus dari perangkat macOS Anda. Untuk memeriksa hal tersebut, buka Spotlight dan ketik nama aplikasi yang telah dihapus. Jika aplikasi tersebut tidak muncul di hasil pencarian, maka aplikasi tersebut telah berhasil dihapus dari perangkat macOS Anda.

TRENDING :  Download Video TikTok Tanpa Tanda Air Full HD

Orang Juga Bertanya:

Pertanyaan Jawaban
Bagaimana cara menghapus aplikasi bawaan di perangkat Android? Tidak semua aplikasi bawaan di perangkat Android dapat dihapus. Namun, Anda dapat menonaktifkan aplikasi bawaan tersebut agar tidak muncul di daftar aplikasi. Untuk melakukannya, buka daftar aplikasi di perangkat Android Anda, lalu pilih aplikasi bawaan yang ingin dinonaktifkan. Klik opsi “Disable” atau “Turn off”, dan aplikasi tersebut akan dinonaktifkan.
Apakah menghapus aplikasi akan menghapus semua data yang tersimpan di dalamnya? Ya, ketika Anda menghapus aplikasi, maka semua data yang tersimpan di dalamnya akan ikut terhapus. Oleh karena itu, pastikan untuk mem-backup data penting sebelum menghapus aplikasi.
Apakah ada cara untuk mengembalikan aplikasi yang telah dihapus? Ya, beberapa toko aplikasi seperti Google Play Store dan App Store menyimpan riwayat aplikasi yang pernah diunduh atau dibeli oleh pengguna. Anda dapat mengunduh kembali aplikasi tersebut dari riwayat unduhan di toko aplikasi tersebut.
Apakah ada cara untuk menghapus aplikasi secara massal? Ya, pada perangkat Android, Anda dapat menghapus beberapa aplikasi sekaligus melalui opsi “Uninstall” di daftar “My Apps & Games”. Pada perangkat Windows 10 dan macOS, Anda perlu menghapus aplikasi satu per satu.
Apakah ada cara untuk menghapus aplikasi secara permanen tanpa memindahkannya ke Trash? Ya, pada perangkat macOS, Anda dapat menghapus aplikasi secara permanen dengan menekan tombol “Option” ketika Anda mengklik opsi “Move to Trash”. Pada perangkat Windows 10, Anda dapat menghapus aplikasi secara permanen dengan mengklik opsi “Shift + Delete” setelah mengklik tombol “Uninstall”. Namun, pastikan untuk mem-backup data penting sebelum melakukan tindakan ini, karena data yang terhapus tidak dapat dikembalikan.

Menghapus aplikasi yang tidak lagi dibutuhkan dapat membantu mempercepat kinerja perangkat Anda, memperluas ruang penyimpanan, dan meningkatkan efisiensi penggunaan perangkat. Meskipun setiap sistem operasi memiliki cara yang berbeda untuk menghapus aplikasi, namun dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat menghapus aplikasi dengan mudah dan aman. Pastikan untuk mem-backup data penting sebelum menghapus aplikasi, dan periksa kembali apakah aplikasi tersebut telah benar-benar terhapus dari perangkat Anda.

Cek Berita dan Artikel Radarbatas.com lainnya di Google News.