site traffic analytics

Cara Membersihkan Drive C di Windows 10

Hai, Teman Radar! Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara membersihkan drive C di Windows 10. Jika Anda sering mengalami kinerja yang lambat atau kehabisan ruang penyimpanan, membersihkan drive C bisa menjadi solusi yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah bagaimana membersihkan drive C dengan mudah dan efektif. Simak terus artikel ini untuk mengetahui caranya!

1. Menghapus File yang Tidak Diperlukan

1.1. Buka Pengaturan Windows

Langkah pertama dalam membersihkan drive C di Windows 10 adalah dengan membuka pengaturan Windows. Anda dapat melakukannya dengan mengklik tombol “Start” di pojok kiri bawah layar dan memilih opsi “Pengaturan”.

1.2. Pilih “Sistem”

Setelah masuk ke menu Pengaturan, cari dan pilih opsi “Sistem”. Di dalamnya, Anda akan menemukan opsi “Penyimpanan” yang akan membantu Anda membersihkan drive C.

1.3. Buka “Penyimpanan”

Ketika Anda sudah berada di menu Sistem, gulir ke bawah dan cari opsi “Penyimpanan”. Klik opsi tersebut untuk membuka menu penyimpanan yang lebih rinci.

1.4. Pilih Drive C

Di dalam menu Penyimpanan, Anda akan melihat daftar semua drive yang terhubung, termasuk drive C. Klik pada drive C untuk memilihnya dan lanjutkan ke langkah selanjutnya.

1.5. Pilih “Hapus File yang Tidak Diperlukan”

Setelah memilih drive C, akan ada opsi “Hapus File yang Tidak Diperlukan”. Klik opsi tersebut untuk melanjutkan proses membersihkan drive C.

1.6. Pilih Jenis File yang Akan Dihapus

Di dalam opsi “Hapus File yang Tidak Diperlukan”, Anda akan diberikan pilihan jenis file yang dapat dihapus, seperti File Sampah atau File Sementara. Anda juga dapat mengklik opsi “Hapus File Sistem” untuk membersihkan file sistem yang tidak perlu.

1.7. Klik “Hapus File”

Terakhir, klik tombol “Hapus File” untuk memulai proses penghapusan file yang tidak diperlukan di drive C. Setelah selesai, drive C Anda akan lebih bebas dan memiliki lebih banyak ruang penyimpanan.

2. Menggunakan Disk Cleanup

2.1. Buka File Explorer

Salah satu cara lain untuk membersihkan drive C di Windows 10 adalah dengan menggunakan Disk Cleanup. Untuk melakukannya, buka File Explorer dengan mengklik ikon folder di taskbar.

2.2. Klik Kanan pada Drive C

Setelah File Explorer terbuka, cari dan klik kanan pada drive C yang ingin Anda bersihkan. Kemudian, pilih opsi “Properties” di menu yang muncul.

2.3. Pilih “Disk Cleanup”

Di dalam jendela Properties, pilih tab “General” dan klik tombol “Disk Cleanup” yang terletak di bagian bawah jendela.

2.4. Pilih Jenis File yang Akan Dihapus

Setelah Disk Cleanup terbuka, Anda akan diberikan daftar jenis file yang dapat dihapus. Beri tanda centang pada jenis file yang ingin Anda hapus dan klik tombol “OK”.

TRENDING :  Cara Menghapus Cortana di Windows 11

2.5. Konfirmasi Penghapusan File

Sebelum penghapusan file dilakukan, Anda akan diminta untuk mengkonfirmasi tindakan tersebut. Klik tombol “Hapus File” untuk melanjutkan proses membersihkan drive C menggunakan Disk Cleanup.

2.6. Tunggu Hingga Proses Selesai

Disk Cleanup akan memulai proses penghapusan file yang tidak diperlukan di drive C. Tunggu hingga proses selesai dan drive C Anda akan lebih bersih dan terhindar dari file-file yang tidak perlu.

2.7. Selesai

Setelah proses membersihkan drive C selesai, Anda dapat menutup Disk Cleanup dan File Explorer. Drive C di Windows 10 Anda sekarang lebih bersih dan berfungsi lebih baik.

3. Memindahkan File ke Drive Lain

3.1. Buka File Explorer

Apabila drive C di Windows 10 masih penuh meskipun sudah menghapus file yang tidak perlu, langkah selanjutnya adalah memindahkan file ke drive lain yang memiliki ruang penyimpanan lebih besar. Untuk memulainya, buka File Explorer.

3.2. Pilih File atau Folder yang Akan Dipindahkan

Di dalam File Explorer, cari dan pilih file atau folder yang ingin Anda pindahkan ke drive lain. Anda dapat melakukannya dengan mengklik kanan pada file atau folder tersebut dan memilih opsi “Cut”.

3.3. Buka Drive Tujuan

Selanjutnya, buka drive tempat Anda ingin memindahkan file atau folder yang dipilih. Anda dapat melakukannya dengan mengklik ikon drive atau folder di sisi kiri File Explorer.

3.4. Paste File atau Folder

Setelah berada di drive tujuan, klik kanan pada ruang kosong di drive tersebut dan pilih opsi “Paste”. File atau folder yang Anda pilih akan mulai dipindahkan ke drive tujuan.

3.5. Tunggu Hingga Proses Selesai

Dalam proses pemindahan, pastikan untuk tidak membatalkan tindakan ini dan tunggu hingga proses selesai. Waktu yang dibutuhkan akan tergantung pada ukuran file atau folder yang dipindahkan serta kecepatan transfer data.

3.6. Hapus File Asli (Opsional)

Jika Anda ingin menghemat lebih banyak ruang penyimpanan di drive C, setelah memastikan bahwa file atau folder sudah berhasil dipindahkan ke drive tujuan, Anda dapat menghapus file asli dari drive C. Pastikan untuk memeriksa kembali apakah file yang dipindahkan sudah benar-benar berada di drive tujuan sebelum menghapusnya.

3.7. Selesai

Dengan memindahkan file atau folder yang tidak terlalu penting ke drive lain, Anda dapat membantu membersihkan drive C di Windows 10 dan meningkatkan kinerja sistem Anda.

TRENDING :  Cara Menghidupkan HP yang Mati Total

4. Menonaktifkan Fitur “Hibernation”

4.1. Buka Command Prompt sebagai Administrator

Fitur “Hibernation” pada Windows 10 dapat memakan ruang penyimpanan yang cukup besar di drive C. Untuk menonaktifkannya, buka Command Prompt dengan cara klik kanan pada tombol “Start” dan pilih opsi “Command Prompt (Admin)”.

4.2. Ketik Perintah Powercfg -h OFF

Setelah Command Prompt terbuka, ketik perintah “powercfg -h off” (tanpa tanda kutip) dan tekan tombol Enter pada keyboard. Perintah ini akan menonaktifkan fitur “Hibernation” dan mengosongkan file hiberfil.sys yang memakan ruang penyimpanan di drive C.

4.3. Tunggu Hingga Proses Selesai

Proses menonaktifkan fitur “Hibernation” akan segera dilakukan oleh sistem. Tunggu hingga proses selesai dan Anda akan melihat pengurangan ukuran file hiberfil.sys di drive C.

4.4. Periksa Hasilnya

Setelah menonaktifkan fitur “Hibernation”, periksa ukuran file hiberfil.sys di drive C. Seharusnya ukurannya jauh lebih kecil atau bahkan tidak ada sama sekali. Langkah ini akan membantu membersihkan drive C dan mengoptimalkan ruang penyimpanan Anda.

4.5. Selesai

Dengan menonaktifkan fitur “Hibernation”, Anda dapat membebaskan ruang penyimpanan di drive C dan membuat Windows 10 berjalan lebih cepat.

5. Menggunakan Software Cleaner

5.1. Pilih dan Unduh Software Cleaner

Jika Anda ingin membersihkan drive C di Windows 10 dengan cara yang lebih canggih, Anda dapat menggunakan software cleaner pihak ketiga. Cari dan pilih software cleaner yang sesuai dengan kebutuhan Anda, lalu unduh dan instal pada komputer Anda.

5.2. Buka Software Cleaner

Setelah berhasil menginstal software cleaner, buka aplikasi tersebut. Biasanya, software cleaner akan memiliki antarmuka yang intuitif dan mudah dipahami.

5.3. Pilih Drive C

Di dalam software cleaner, pilih drive C sebagai target pembersihan. Anda juga dapat memilih jenis file yang ingin dihapus, misalnya file cache, file internet temporary, atau file sistem yang tidak perlu.

5.4. Klik “Scan” atau “Search”

Setelah pengaturan selesai, klik tombol “Scan” atau “Search” untuk mulai memindai drive C. Software cleaner akan mencari file-file yang tidak diperlukan di drive C dan menampilkan hasilnya.

5.5. Pilih File yang Akan Dihapus

Dalam hasil pemindaian atau pencarian, Anda dapat melihat daftar file yang tidak diperlukan di drive C. Pilih file-file tersebut dan pastikan untuk membaca deskripsinya dengan teliti sebelum menghapusnya.

5.6. Klik “Delete” atau “Clean”

Setelah memilih file yang ingin dihapus, klik tombol “Delete” atau “Clean” untuk memulai proses pembersihan. Software cleaner akan menghapus file-file yang Anda pilih dan membersihkan drive C dengan lebih efektif.

TRENDING :  Cara Menghapus Akun Mi

5.7. Tunggu Hingga Proses Selesai

Tunggu hingga proses pembersihan selesai. Durasi yang dibutuhkan akan bergantung pada jumlah dan ukuran file yang dihapus, serta kecepatan komputer Anda.

5.8. Selesai

Setelah proses pembersihan selesai, tutup software cleaner dan periksa drive C untuk memastikan bahwa file-file yang tidak perlu sudah berhasil dihapus. Drive C di Windows 10 Anda sekarang lebih bersih dan berfungsi dengan lebih baik.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah membersihkan drive C aman dilakukan?

Iya, membersihkan drive C pada Windows 10 adalah tindakan yang aman dilakukan. Namun, pastikan untuk membuat salinan cadangan (backup) file yang penting sebelum melakukan proses ini sebagai langkah pencegahan.

2. Apakah saya bisa memilih jenis file yang ingin dihapus saat membersihkan drive C?

Ya, baik melalui pengaturan Windows, Disk Cleanup, atau menggunakan software cleaner, Anda dapat memilih jenis file yang ingin dihapus. Pilihlah dengan cermat dan pastikan tidak menghapus file yang penting.

3. Berapa sering saya perlu membersihkan drive C?

Hal ini bergantung pada seberapa sering Anda menggunakan komputer dan seberapa cepat drive C Anda terisi. Jika Anda menggunakan komputer secara intensif atau menyimpan banyak file, disarankan untuk membersihkan drive C setidaknya sekali dalam sebulan.

4. Apakah memindahkan file ke drive lain dapat meningkatkan kinerja komputer?

Ya, memindahkan file ke drive lain dapat membantu meningkatkan kinerja komputer, terutama jika drive C sudah hampir penuh. Dengan cara ini, Anda memberikan lebih banyak ruang pada drive C untuk meningkatkan kecepatan baca dan tulis data.

5. Apakah saya perlu mengaktifkan kembali fitur “Hibernation” setelah menonaktifkannya?

Tidak, Anda tidak perlu mengaktifkan kembali fitur “Hibernation” setelah menonaktifkannya. Fitur ini bukan merupakan fitur yang wajib dihidupkan dan menonaktifkannya tidak akan berdampak pada kinerja atau fitur lain dari Windows 10.

Kesimpulan

Membersihkan drive C di Windows 10 adalah langkah penting untuk memastikan kinerja yang optimal dan ruang penyimpanan yang cukup. Dalam artikel ini, kami telah membahas beberapa cara yang efektif untuk membersihkan drive C, mulai dari menghapus file yang tidak diperlukan hingga menggunakan software cleaner. Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, jadi pilihlah cara yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dengan mengikuti panduan yang telah kami berikan, Anda dapat membersihkan drive C dengan mudah dan efektif. Pastikan untuk mengulang proses membersihkan drive C secara berkala agar komputer Anda tetap berjalan dengan lancar dan ruang penyimpanan terjaga. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!