site traffic analytics

Cara Mematikan Update Otomatis Aplikasi: Solusi untuk Mengontrol Pembaruan secara Manual

Haii, Teman Radar! Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara mematikan update otomatis aplikasi. Bagi banyak pengguna, pembaruan otomatis aplikasi di ponsel atau komputer seringkali menjadi gangguan karena dapat memakan kuota data, memperlambat kinerja, atau menyebabkan masalah kompatibilitas dengan aplikasi lainnya. Namun, jangan khawatir! Kami akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara mematikan update otomatis aplikasi. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

1. Cara Mematikan Update Otomatis Aplikasi di Android

Bagi pengguna Android, ada beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk mematikan update otomatis aplikasi. Salah satu cara paling umum adalah melalui pengaturan Google Play Store. Berikut langkah-langkahnya:

1.1 Buka aplikasi Google Play Store

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka aplikasi Google Play Store di ponsel Anda. Aplikasi ini biasanya sudah terinstall secara default di ponsel Android Anda.

1.2 Buka menu Pengaturan

Setelah Anda membuka Google Play Store, klik ikon tiga garis horizontal di pojok kiri atas layar untuk membuka menu Pengaturan.

1.3 Pilih opsi “Update Aplikasi Otomatis”

Dalam menu Pengaturan, gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi “Update Aplikasi Otomatis”. Ketuk pada opsi ini untuk membukanya.

1.4 Pilih opsi “Tidak Ada Pembaruan Otomatis”

Di dalam opsi “Update Aplikasi Otomatis”, pilih opsi “Tidak Ada Pembaruan Otomatis” untuk mematikan fitur update otomatis aplikasi di ponsel Anda.

1.5 Selesai

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, Anda telah berhasil mematikan update otomatis aplikasi di ponsel Android Anda. Sekarang Anda dapat mengontrol pembaruan aplikasi secara manual.

2. Cara Mematikan Update Otomatis Aplikasi di iOS

Bagi pengguna iOS, ada beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk mematikan update otomatis aplikasi di iPhone atau iPad. Berikut ini panduan lengkapnya:

2.1 Buka Pengaturan

Pertama-tama, buka aplikasi Pengaturan di perangkat iOS Anda. Aplikasi Pengaturan biasanya terletak di layar utama perangkat Anda.

TRENDING :  Cara Mengubah Bahasa di Laptop: Panduan Lengkap

2.2 Cari dan buka opsi “iTunes & App Store”

Dalam aplikasi Pengaturan, gulir ke bawah dan cari opsi “iTunes & App Store”. Ketuk pada opsi ini untuk membukanya.

2.3 Matikan opsi “Update Aplikasi”

Di dalam menu “iTunes & App Store”, temukan opsi “Update Aplikasi” dan matikan fitur ini dengan menggeser tombol toggle ke kiri. Setelah itu, fitur update otomatis aplikasi di perangkat iOS Anda akan dinonaktifkan.

2.4 Selesai

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, Anda telah berhasil mematikan update otomatis aplikasi di iPhone atau iPad Anda. Sekarang Anda dapat mengatur pembaruan aplikasi secara manual.

3. Cara Mematikan Update Otomatis Aplikasi di Windows

Bagi pengguna Windows, terutama pengguna Windows 10, berikut adalah langkah-langkah untuk mematikan update otomatis aplikasi di komputer Anda:

3.1 Buka Pengaturan

Pertama-tama, buka aplikasi Pengaturan di komputer Windows Anda. Anda dapat membukanya dengan mengklik ikon Windows di pojok kiri bawah layar dan memilih opsi “Pengaturan”.

3.2 Pilih opsi “Pembaruan & Keamanan”

Di jendela Pengaturan, cari dan pilih opsi “Pembaruan & Keamanan”. Anda dapat menemukannya dengan menggulir ke bawah atau menggunakan fitur pencarian.

3.3 Pilih opsi “Windows Update”

Dalam menu “Pembaruan & Keamanan”, klik opsi “Windows Update” di bagian kiri jendela. Ini akan membuka pengaturan pembaruan Windows.

3.4 Klik opsi “Ganti Opsi Pembaruan”

Di dalam pengaturan pembaruan Windows, cari dan klik opsi “Ganti Opsi Pembaruan”. Opsi ini berada di bawah judul “Pembaruan Otomatis”.

3.5 Pilih opsi “Berhenti”

Setelah klik “Ganti Opsi Pembaruan”, pilih opsi “Berhenti” untuk mematikan pembaruan otomatis aplikasi di komputer Windows Anda.

3.6 Selesai

Sekarang Anda telah berhasil mematikan update otomatis aplikasi di Windows. Anda dapat mengendalikan pembaruan aplikasi secara manual sesuai kebutuhan Anda.

TRENDING :  Cara Membuat Profil WA Kosong

4. Cara Mematikan Update Otomatis Aplikasi di MacOS

Jika Anda pengguna Mac, Anda juga dapat mematikan update otomatis aplikasi di perangkat Anda. Berikut ini panduan langkah demi langkahnya:

4.1 Buka App Store

Pertama-tama, buka aplikasi App Store di MacBook Anda. Anda dapat menemukannya di folder “Applications” di Finder atau melalui Launchpad.

4.2 Klik opsi “App Store” di toolbar

Setelah membuka App Store, klik opsi “App Store” di toolbar bagian atas layar. Ini akan membuka menu pilihan terkait App Store.

4.3 Pilih opsi “Preferences”

Dalam menu pilihan App Store, pilih opsi “Preferences”. Anda dapat menemukannya di bagian bawah menu pilihan.

4.4 Matikan opsi “Automatically check for updates”

Di jendela Preferences, pastikan opsi “Automatically check for updates” tidak dicentang. Jika tercentang, klik untuk menghapus centang. Ini akan mematikan pembaruan otomatis aplikasi di Mac Anda.

4.5 Selesai

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, Anda telah berhasil mematikan update otomatis aplikasi di MacBook Anda. Sekarang Anda dapat mengatur pembaruan aplikasi secara manual.

5. Cara Mematikan Update Otomatis Aplikasi di Linux

Bagi pengguna Linux, ada beberapa metode yang dapat Anda coba untuk mematikan update otomatis aplikasi di sistem operasi Linux. Berikut adalah salah satu metode yang umum digunakan:

5.1 Buka Terminal

Langkah pertama adalah membuka Terminal di Linux Anda. Anda dapat menemukan Terminal di menu aplikasi atau dengan menggunakan shortcut keyboard.

5.2 Ketikkan perintah “sudo dnf remove dnf-automatic”

Setelah Terminal terbuka, ketikkan perintah “sudo dnf remove dnf-automatic” (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter. Perintah ini akan menghapus paket dnf-automatic, yang bertanggung jawab atas pembaruan otomatis di DNF (Dandified YUM) di Fedora-based Linux distributions.

5.3 Masukkan kata sandi root Anda

Setelah Anda menekan Enter, Terminal akan meminta Anda untuk memasukkan kata sandi root Anda. Ketikkan kata sandi dan tekan Enter. Tanda bintang (*) tidak akan muncul saat Anda mengetik kata sandi.

TRENDING :  Cara Mengganti Nama Blogger: Perubahan Nama Blogging yang Mudah

5.4 Tunggu proses penghapusan selesai

Setelah Anda memasukkan kata sandi, Terminal akan mulai menghapus paket dnf-automatic. Tunggu proses penghapusan selesai.

5.5 Selesai

Setelah proses penghapusan selesai, Anda telah berhasil mematikan update otomatis aplikasi di Linux. Anda dapat mengelola pembaruan aplikasi secara manual sesuai dengan preferensi Anda.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa dampaknya jika saya mematikan update otomatis aplikasi?

Mematikan update otomatis aplikasi dapat mempengaruhi keamanan dan kinerja aplikasi Anda. Aplikasi yang tidak diperbarui mungkin menjadi rentan terhadap gangguan keamanan atau bug yang dapat merusak kinerja aplikasi tersebut.

2. Bisakah saya memilih aplikasi yang tetap diupdate secara otomatis?

Ya, Anda dapat memilih aplikasi yang ingin tetap diupdate secara otomatis dari pengaturan aplikasi individual. Di Google Play Store, misalnya, Anda dapat memilih untuk mematikan update otomatis secara umum dan mencentang opsi update otomatis hanya untuk aplikasi tertentu.

3. Apakah saya masih dapat menggunakan aplikasi yang tidak diperbarui?

Anda masih dapat menggunakan aplikasi yang tidak diperbarui, namun perlu diingat bahwa aplikasi tersebut mungkin tidak berjalan dengan optimal atau rentan terhadap gangguan keamanan. Jika ada pembaruan yang ditawarkan, disarankan untuk memperbarui aplikasi tersebut untuk mengoptimalkan penggunaan Anda.

4. Bagaimana jika saya hanya ingin mematikan update otomatis saat menggunakan data seluler?

Anda dapat memilih opsi “Update Aplikasi hanya melalui Wi-Fi” di pengaturan Google Play Store (Android) atau iOS App Store (iOS) untuk mematikan update otomatis ketika Anda menggunakan data seluler. Dengan cara ini, aplikasi hanya akan diperbarui saat Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi.