site traffic analytics

Cara Mematikan Paksa Update Windows 10 Menggunakan Command Prompt CMD

Haii, Teman Radar! Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang “cara mematikan paksa update windows 10 menggunakan command prompt cmd”. Windows 10 merupakan salah satu sistem operasi populer yang banyak digunakan oleh pengguna PC di seluruh dunia. Namun, terkadang update otomatis yang dilakukan oleh Windows 10 bisa mengganggu aktivitas pengguna, terutama jika update tersebut memakan waktu yang lama atau mengganggu performa komputer. Oleh karena itu, kami akan membagikan cara-cara untuk mematikan paksa update Windows 10 menggunakan command prompt cmd.

1. Membuka Command Prompt sebagai Administrator

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka Command Prompt sebagai administrator. Caranya adalah dengan menekan tombol “Windows” + “X” pada keyboard Anda, lalu pilih “Command Prompt (Admin)” dari menu yang muncul. Ini akan memberikan Anda akses penuh ke command prompt cmd.

2. Mengetikkan Perintah untuk Menonaktifkan Update Otomatis

Setelah Anda membuka command prompt cmd sebagai administrator, langkah selanjutnya adalah mengetikkan perintah untuk menonaktifkan update otomatis. Ketikkan perintah berikut ini pada command prompt:

net stop wuauserv

Perintah di atas akan memberhentikan layanan Windows Update pada komputer Anda. Dengan begitu, update otomatis tidak akan berjalan sehingga Anda dapat menghindari gangguan yang disebabkan oleh update tersebut.

3. Memblokir Akses ke Layanan Windows Update

Jika Anda ingin memastikan bahwa update otomatis tidak akan berjalan, Anda dapat memblokir akses ke layanan Windows Update. Caranya adalah dengan mengetikkan perintah berikut ini pada command prompt:

sc config wuauserv start= disabled

Perintah di atas akan mengatur layanan Windows Update menjadi “disabled”, sehingga tidak akan dijalankan secara otomatis. Namun, Anda masih tetap dapat menjalankan update secara manual jika diperlukan.

TRENDING :  Cara Melihat Password Wifi: Tips dan Trik untuk Mengakses Jaringan Wifi

4. Mengubah Pengaturan Group Policy

Anda juga dapat mengubah pengaturan Group Policy untuk mematikan paksa update Windows 10. Berikut ini langkah-langkahnya:

Step 1:

Tekan tombol “Windows” + “R” pada keyboard untuk membuka jendela “Run”.

Step 2:

Ketikkan “gpedit.msc” pada jendela “Run” dan tekan tombol “Enter”.

Step 3:

Pada jendela “Local Group Policy Editor”, buka “Computer Configuration” > “Administrative Templates” > “Windows Components” > “Windows Update”.

Step 4:

Pada panel sebelah kanan, cari dan klik dua kali “Configure Automatic Updates”.

Step 5:

Pilih opsi “Disabled”, lalu klik “OK”.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, pengaturan Group Policy Anda akan diubah sehingga update otomatis dinonaktifkan.

5. Menggunakan Program Pihak Ketiga

Jika Anda merasa langkah-langkah di atas terlalu rumit, Anda juga dapat menggunakan program pihak ketiga untuk mematikan paksa update Windows 10. Ada beberapa program yang dapat Anda gunakan, seperti Windows Update Blocker, StopUpdates10, atau O&O ShutUp10. Setelah Anda menginstal salah satu program tersebut, Anda dapat menggunakannya untuk menonaktifkan update otomatis Windows 10 dengan mudah.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah aman untuk mematikan update Windows 10?

Ya, aman untuk mematikan update Windows 10 jika Anda tidak ingin update otomatis berjalan. Namun, penting untuk diingat bahwa update rutin adalah cara yang paling efektif untuk menjaga keamanan dan kinerja sistem operasi Anda. Pastikan Anda melakukan update manual secara berkala untuk memastikan sistem Anda tetap aman.

2. Apakah saya bisa mengaktifkan kembali update otomatis setelah mematikannya?

Tentu saja! Jika Anda ingin mengaktifkan kembali update otomatis setelah mematikannya, Anda dapat mengikuti langkah-langkah tersebut pada bagian ke-4 dan mengubah pengaturan Group Policy pada Local Group Policy Editor menjadi “Enabled” atau “Not Configured”. Anda juga dapat mengetikkan perintah “net start wuauserv” pada command prompt cmd untuk memulai kembali layanan Windows Update.

TRENDING :  Cara Ganti Password WiFi First Media

3. Apakah saya perlu mematikan update Windows 10 secara teratur?

Tidak, Anda tidak perlu mematikan update Windows 10 secara teratur. Update otomatis adalah cara yang efektif untuk memperbarui sistem operasi Anda dengan fitur terbaru dan perbaikan keamanan. Namun, jika Anda mengalami masalah dengan update otomatis atau ingin menjaga stabilitas komputer Anda, Anda dapat mematikan update sesuai kebutuhan.

4. Apakah saya bisa menggunakan Command Prompt biasa tanpa hak administrator?

Tidak, Anda perlu menggunakan Command Prompt sebagai administrator untuk mematikan paksa update Windows 10. Hanya dengan hak administrator, Anda memiliki akses penuh ke perintah cmd yang diperlukan untuk mematikan update otomatis.

5. Ada alternatif lain selain menggunakan Command Prompt untuk mematikan update Windows 10?

Iya, ada alternatif lain selain menggunakan Command Prompt. Anda dapat menggunakan program pihak ketiga yang dirancang khusus untuk mematikan atau mengendalikan update Windows 10 dengan mudah dan cepat. Namun, pastikan Anda mendownload program yang terpercaya dan aman.

Kesimpulan

Mematikan paksa update Windows 10 menggunakan command prompt cmd dapat membantu Anda menghindari gangguan yang disebabkan oleh update otomatis yang berjalan dalam waktu yang lama atau mengganggu performa komputer. Namun, penting untuk diingat bahwa update rutin adalah penting untuk menjaga keamanan dan kinerja sistem operasi Anda. Jika Anda memutuskan untuk mematikan update otomatis, pastikan untuk melakukan update secara manual secara berkala. Jangan lupa juga untuk menggunakan langkah-langkah ini dengan hati-hati dan bijaksana. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mengontrol update Windows 10 pada komputer Anda!