site traffic analytics

Cara Melihat MAC Address Pada PC Laptop Windows 11

Haii Teman Radar, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara melihat MAC Address pada PC laptop yang menggunakan sistem operasi Windows 11. MAC Address merupakan alamat fisik unik yang terdapat pada setiap perangkat jaringan, termasuk pada PC laptop. Mengetahui MAC Address pada PC laptop Windows 11 sangat penting, terutama saat mengonfigurasi jaringan atau mengatasi masalah koneksi. Berikut ini adalah beberapa cara mudah untuk melihat MAC Address pada PC laptop Windows 11.

1. Melihat MAC Address melalui Command Prompt

Langkah pertama adalah membuka Command Prompt. Kamu bisa menemukannya dengan mengetikkan “Command Prompt” pada kotak pencarian di taskbar, dan kemudian klik aplikasi Command Prompt yang muncul. Setelah Command Prompt terbuka, ketikkan perintah “ipconfig /all” (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter. Akan muncul informasi jaringan termasuk MAC Address yang terhubung dengan PC laptop Windows 11.

1.1. Langkah 1

Pertama-tama, cari kotak pencarian di taskbar dan ketik “Command Prompt”.

1.2. Langkah 2

Klik aplikasi Command Prompt yang muncul dalam hasil pencarian.

1.3. Langkah 3

Ketikkan perintah “ipconfig /all” (tanpa tanda kutip) di Command Prompt dan tekan Enter.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu akan dapat melihat MAC Address pada PC laptop Windows 11 dengan menggunakan Command Prompt.

2. Melihat MAC Address melalui Pengaturan Jaringan

Langkah pertama adalah membuka Pengaturan Jaringan. Kamu bisa melakukannya dengan mengklik ikon jaringan di taskbar, kemudian pilih “Pengaturan Jaringan dan Internet”. Setelah Pengaturan Jaringan terbuka, klik “Status” pada panel sebelah kiri, scroll ke bawah, dan klik “Lihat Properti Jaringan”. Di sana, kamu akan menemukan MAC Address yang terhubung dengan PC laptop Windows 11.

TRENDING :  Cara Screenshot di Vivo V27: Mudah dan Praktis!

2.1. Langkah 1

Klik ikon jaringan di taskbar untuk membuka panel jaringan.

2.2. Langkah 2

Pilih “Pengaturan Jaringan dan Internet” dalam panel jaringan.

2.3. Langkah 3

Scroll ke bawah pada halaman Pengaturan Jaringan dan klik “Lihat Properti Jaringan”.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu akan dapat melihat MAC Address pada PC laptop Windows 11 melalui Pengaturan Jaringan.

3. Melihat MAC Address melalui Device Manager

Langkah pertama adalah membuka Device Manager. Kamu bisa menemukannya dengan mengetikkan “Device Manager” pada kotak pencarian di taskbar, dan kemudian klik aplikasi Device Manager yang muncul. Setelah Device Manager terbuka, cari kategori “Kartu Jaringan” dan klik tanda panah di sebelahnya untuk melihat kartu jaringan yang terinstall. Klik kanan pada kartu jaringan yang ingin kamu lihat MAC Address-nya, pilih “Properties”, dan buka tab “Advanced”. Di sana, kamu akan menemukan MAC Address yang terhubung dengan kartu jaringan tersebut.

3.1. Langkah 1

Pertama-tama, cari kotak pencarian di taskbar dan ketik “Device Manager”.

3.2. Langkah 2

Klik aplikasi Device Manager yang muncul dalam hasil pencarian.

3.3. Langkah 3

Cari kategori “Kartu Jaringan”, klik tanda panah di sebelahnya, dan klik kanan pada kartu jaringan yang ingin dilihat MAC Address-nya.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu akan dapat melihat MAC Address pada PC laptop Windows 11 melalui Device Manager.

4. Melihat MAC Address melalui Command Prompt dan PowerShell

Langkah pertama adalah membuka Command Prompt atau PowerShell. Kamu bisa menemukannya dengan mengetikkan “Command Prompt” atau “PowerShell” pada kotak pencarian di taskbar, dan kemudian klik aplikasi yang muncul. Setelah Command Prompt atau PowerShell terbuka, ketikkan perintah “getmac /fo list /v” (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter. Akan muncul informasi MAC Address dari setiap adapter jaringan yang terhubung dengan PC laptop Windows 11.

TRENDING :  Cara Menentukan Ide Pokok Paragraf dalam Bahasa Indonesia

4.1. Langkah 1

Pertama-tama, cari kotak pencarian di taskbar dan ketik “Command Prompt” atau “PowerShell”.

4.2. Langkah 2

Klik aplikasi Command Prompt atau PowerShell yang muncul dalam hasil pencarian.

4.3. Langkah 3

Ketikkan perintah “getmac /fo list /v” (tanpa tanda kutip) di Command Prompt atau PowerShell dan tekan Enter.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu akan dapat melihat MAC Address pada PC laptop Windows 11 dengan menggunakan Command Prompt atau PowerShell.

5. Melihat MAC Address melalui Pengaturan Sistem

Langkah pertama adalah membuka Pengaturan Sistem. Kamu bisa melakukannya dengan mengklik ikon “Start” di taskbar, kemudian pilih “Settings” dan klik “System”. Setelah Pengaturan Sistem terbuka, klik “About” pada panel sebelah kiri, scroll ke bawah, dan klik “Advanced Network Settings”. Di sana, kamu akan menemukan MAC Address yang terhubung dengan PC laptop Windows 11.

5.1. Langkah 1

Klik ikon “Start” di taskbar untuk membuka menu Start.

5.2. Langkah 2

Pilih “Settings” dalam menu Start untuk membuka Pengaturan.

5.3. Langkah 3

Klik “System” dalam Pengaturan untuk membuka Pengaturan Sistem.

5.4. Langkah 4

Scroll ke bawah pada halaman Pengaturan Sistem dan klik “Advanced Network Settings”.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu akan dapat melihat MAC Address pada PC laptop Windows 11 melalui Pengaturan Sistem.

FAQ

1. Apa itu MAC Address?

MAC Address adalah alamat fisik unik yang terdapat pada setiap perangkat jaringan. Alamat ini digunakan untuk mengidentifikasi perangkat secara unik dalam jaringan.

2. Mengapa penting mengetahui MAC Address pada PC laptop Windows 11?

Mengetahui MAC Address pada PC laptop Windows 11 penting dalam mengonfigurasi jaringan atau mengatasi masalah koneksi, karena beberapa pengaturan atau solusi masalah membutuhkan informasi ini.

TRENDING :  Cara Bayar Spotify Premium

3. Apa perbedaan antara MAC Address dan IP Address?

MAC Address adalah alamat fizikal unik yang melekat pada perangkat jaringan, sedangkan IP Address adalah alamat logikal yang dibutuhkan untuk mengirim dan menerima data dalam jaringan.

4. Bisakah MAC Address berubah?

MAC Address pada perangkat jaringan umumnya tidak bisa diubah, karena itu adalah identitas unik perangkat tersebut. Namun, ada beberapa perangkat yang memiliki fitur untuk mengganti MAC Address.

5. Dapatkah saya melihat MAC Address dari perangkat jaringan lain dalam jaringan yang sama?

Tidak, kamu hanya bisa melihat MAC Address dari perangkat yang terhubung langsung dengan PC laptop Windows 11. Jika ingin melihat MAC Address dari perangkat jaringan lain, kamu perlu mengakses perangkat tersebut secara langsung.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas tentang cara melihat MAC Address pada PC laptop Windows 11. Terdapat beberapa metode yang bisa kamu gunakan, antara lain melalui Command Prompt, Pengaturan Jaringan, Device Manager, Command Prompt dan PowerShell, serta Pengaturan Sistem. Melalui langkah-langkah yang telah kami jelaskan, kamu akan dapat melihat MAC Address dengan mudah. Mengetahui MAC Address sangat penting saat mengkonfigurasi jaringan atau mengatasi masalah koneksi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi teman-teman yang membutuhkannya!