site traffic analytics

Cara Disable Driver Signature Enforcement: Mengatasi Kendala Instalasi Driver

Haii Teman Radar, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang “cara disable driver signature enforcement”. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap untuk mengatasi kendala instalasi driver dengan mematikan fitur driver signature enforcement pada Windows. Jadi, mari kita mulai.

Apa itu Driver Signature Enforcement?

Pengertian

Driver Signature Enforcement adalah fitur keamanan pada Windows yang memerlukan semua driver yang diinstal di sistem operasi harus telah secara resmi ditandatangani oleh Microsoft. Fitur ini ditujukan untuk memastikan bahwa hanya driver yang aman dan kompatibel yang dapat diinstal pada sistem Windows.

Kendala Instalasi Driver

Namun, terkadang Anda mungkin akan menghadapi kendala saat menginstal driver, terutama ketika driver yang ingin Anda instal tidak memiliki tanda tangan resmi dari Microsoft. Dalam situasi seperti ini, Anda perlu mematikan driver signature enforcement agar tetap bisa menginstal driver yang diperlukan.

Langkah-Langkah Cara Disable Driver Signature Enforcement di Windows

Langkah 1: Buka Advanced Startup Options

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka menu “Advanced Startup Options” di Windows. Anda dapat melakukannya dengan cara berikut:

  1. Buka “Settings” dengan mengklik ikon “Start” dan memilih opsi “Settings”.
  2. Pilih opsi “Update & Security” dan klik pada tab “Recovery”.
  3. Dalam bagian “Advanced startup”, klik tombol “Restart now”.
  4. Sistem Anda akan restart dan membuka menu “Choose an option”.

Langkah 2: Pilih “Troubleshoot” dan “Advanced options”

Setelah sistem Anda restart dan membuka menu “Choose an option”, pilih opsi “Troubleshoot” dan kemudian pilih “Advanced options”.

Langkah 3: Masuk ke “Startup Settings”

Pada menu “Advanced options”, pilih opsi “Startup Settings”.

TRENDING :  Mengatasi Sinyal Lemah: Tips dan Trik untuk Memperbaiki Kualitas Jaringan Anda

Langkah 4: Restart Komputer

Pada menu “Startup Settings”, klik tombol “Restart”.

Langkah 5: Pilih “Disable Driver Signature Enforcement”

Setelah komputer Anda restart, akan muncul beberapa pilihan pada menu “Startup Settings”. Pilih opsi “Disable Driver Signature Enforcement” dengan menekan tombol yang sesuai pada keyboard Anda.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

1. Apakah mematikan driver signature enforcement aman?

Ya, mematikan driver signature enforcement tidak membahayakan sistem operasi Anda. Namun, tetap berhati-hati saat menginstal driver yang tidak memiliki tanda tangan resmi dari Microsoft, karena driver tersebut mungkin tidak kompatibel atau tidak aman.

2. Apakah saya harus mematikan driver signature enforcement setiap kali menginstal driver?

Tidak, Anda tidak perlu mematikan driver signature enforcement setiap kali menginstal driver. Setelah driver terinstal, Anda dapat mengaktifkan kembali fitur ini untuk menjaga keamanan sistem Anda.

3. Apakah mematikan driver signature enforcement berlaku untuk semua driver yang diinstal?

Ya, ketika Anda mematikan driver signature enforcement, fitur ini akan dinonaktifkan untuk semua driver yang diinstal pada sistem.

4. Bagaimana saya dapat mengetahui apakah driver yang ingin saya instal tidak memiliki tanda tangan resmi?

Anda dapat memeriksa tanda tangan driver dengan mengklik kanan file driver, memilih opsi “Properties”, dan melihat tab “Digital Signatures”. Di tab ini, Anda dapat melihat apakah driver tersebut telah ditandatangani secara resmi oleh Microsoft.

5. Apakah saya dapat mengaktifkan kembali driver signature enforcement setelah mematikannya?

Ya, Anda dapat mengaktifkan kembali driver signature enforcement setelah mematikannya dengan mengikuti langkah-langkah yang sama dan memilih opsi yang sesuai pada menu “Startup Settings”.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas tentang cara disable driver signature enforcement dalam Windows. Fitur ini sering kali menjadi kendala saat menginstal driver yang tidak memiliki tanda tangan resmi dari Microsoft. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat mematikan fitur ini sementara untuk menginstal driver yang diperlukan. Namun, pastikan untuk tetap berhati-hati dalam memilih driver yang ingin Anda instal agar tetap menjaga keamanan dan kompatibilitas sistem operasi Anda.

TRENDING :  Cara Backup Chat Whatsapp di Android iPhone

Jadi, tidak perlu khawatir jika Anda menghadapi kendala instalasi driver di Windows. Anda dapat dengan mudah mengatasi masalah tersebut dengan cara disable driver signature enforcement. Semoga panduan ini bermanfaat bagi Anda. Terima kasih telah membaca artikel ini dan sampai jumpa di kesempatan berikutnya!