site traffic analytics

5 Cara Membuat Windows 10 Jadi Hemat Kuota

Haii, Teman Radar! Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang “5 cara membuat Windows 10 jadi hemat kuota”. Saat ini, penggunaan internet semakin penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama di masa pandemi seperti sekarang. Oleh karena itu, menjaga penggunaan kuota internet agar hemat menjadi hal yang sangat diperlukan.

Tetap Produktif dengan Disk Cleanup

Terkadang, Windows 10 dapat mengumpulkan file-file sementara yang tidak lagi diperlukan. Hal ini tentu bisa membuat kuota internet terpakai lebih banyak. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat menggunakan fitur Disk Cleanup di Windows 10 untuk membersihkan file-file tersebut. Dengan melakukan pembersihan secara teratur, Anda dapat menghemat kuota internet.

Langkah 1: Buka Disk Cleanup

Caranya sangat mudah. Anda tinggal klik kanan pada Local Disk (C:) lalu pilih Properties. Setelah itu, pilih Disk Cleanup pada tab General. Tunggu beberapa saat hingga proses penghitungan selesai.

Langkah 2: Pilih File yang Akan Dihapus

Terkadang, Anda ingin menghapus file-file tertentu yang tidak akan memengaruhi kinerja Windows 10. Pada tab Disk Cleanup, Anda akan disediakan berbagai pilihan file yang dapat dihapus. Anda dapat memilih file-file yang ingin dihapus dan memberikan tanda centang pada kotak di depannya.

Langkah 3: Konfirmasi Penghapusan

Setelah memilih file-file yang akan dihapus, klik tombol OK untuk konfirmasi. Windows 10 akan menghapus file-file tersebut secara permanen. Pastikan Anda memilih file dengan hati-hati agar tidak menghapus file yang sebenarnya Anda masih membutuhkannya.

Langkah 4: Bersihkan File Sistem

Tidak hanya file-file sementara, Windows 10 juga menyimpan file sistem yang tidak lagi diperlukan. Untuk membersihkannya, klik tombol “Clean up system files” pada tab Disk Cleanup. Proses penghitungan akan dilakukan kembali dan Anda dapat memilih file-file sistem yang akan dihapus.

Langkah 5: Konfirmasi dan Tunggu Proses Selesai

Setelah memilih file-file sistem yang akan dihapus, klik tombol OK untuk konfirmasi. Tunggu beberapa saat hingga proses penghapusan selesai. Selanjutnya, Anda bisa merasakan penggunaan Windows 10 yang lebih ringan dan hemat kuota internet.

Optimalkan Penggunaan Data pada Background Apps

Ketika menggunakan Windows 10, banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang tanpa kita sadari. Hal ini dapat membuat penggunaan kuota internet semakin tinggi. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengoptimalkan penggunaan data pada background apps dan membuat Windows 10 lebih hemat kuota:

TRENDING :  Kenapa WhatsApp Web Tidak Bisa Dibuka dan Cara Mengatasinya?

Langkah 1: Buka Settings

Anda bisa membuka Settings dengan menekan tombol Windows + I pada keyboard. Atau Anda juga dapat mengklik logo Windows di pojok kiri bawah dan memilih Settings.

Langkah 2: Pilih Network & Internet

Pada jendela Settings, temukan dan klik Network & Internet. Di halaman ini, Anda akan menemukan berbagai opsi pengaturan terkait koneksi internet.

Langkah 3: Pilih Status

Pada sisi kiri halaman Network & Internet, pilih Status. Di bagian kanan halaman, Anda akan menemukan beberapa opsi pengaturan jaringan.

Langkah 4: Matikan Background Apps yang Tidak Diperlukan

Scroll ke bawah hingga menemukan opsi Background apps. Klik opsi ini untuk membukanya. Di halaman ini, Anda akan melihat daftar aplikasi yang diizinkan untuk berjalan di latar belakang. Matikan aplikasi-aplikasi yang tidak perlu dengan menggeser tombolnya ke posisi Off.

Langkah 5: Sesuaikan Notifikasi dan Penggunaan Data

Anda juga dapat menyesuaikan notifikasi dan penggunaan data pada setiap aplikasi dengan mengklik tombol “Advanced options” di bawah daftar aplikasi. Pada halaman ini, Anda dapat mengatur notifikasi dan penggunaan data aplikasi dengan lebih rinci.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengoptimalkan penggunaan data pada background apps dan membuat Windows 10 lebih hemat kuota internet.

Blokir Update Windows 10 yang Tidak Penting

Saat menggunakan Windows 10, seringkali muncul notifikasi untuk melakukan update. Namun, tidak semua update tersebut penting dan dibutuhkan oleh pengguna. Untuk menghemat kuota internet, Anda dapat memblokir update Windows 10 yang tidak penting dengan langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Buka Settings

Pertama-tama, buka Settings dengan cara yang telah dijelaskan pada langkah-langkah sebelumnya.

Langkah 2: Pilih Update & Security

Setelah membuka Settings, cari dan klik menu Update & Security. Pada halaman ini, Anda akan menemukan berbagai pengaturan terkait pembaruan Windows 10.

Langkah 3: Pilih Advanced Options

Di halaman Update & Security, pilih Advanced options. Di bagian kanan halaman, Anda akan menemukan beberapa opsi terkait pembaruan Windows 10.

Langkah 4: Pilih Pause Updates

Carilah opsi “Pause updates for 7 days” dan pilih tombol di bawahnya untuk mematikan pembaruan Windows 10 untuk sementara waktu. Anda dapat memilih waktu yang lebih lama dengan mengklik tombol “Select a date” di bawahnya.

Langkah 5: Tunda Pembaruan yang Tidak Penting

Jika terdapat pembaruan yang tidak penting dan ingin ditunda, Anda dapat memilih opsi “Defer updates” pada halaman Advanced options. Dengan memilih opsi ini, pembaruan akan ditunda sampai batas waktu tertentu.

TRENDING :  Cara Hide Unhide NFT di Opensea untuk Mengamankan Koleksi Digital Anda

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, Anda dapat menghemat kuota internet dengan memblokir update Windows 10 yang tidak penting.

Gunakan Mode Hemat Kuota pada Microsoft Edge

Microsoft Edge adalah browser bawaan Windows 10 yang memiliki fitur Mode Hemat Kuota. Fitur ini dapat membantu Anda mengurangi penggunaan data saat browsing. Berikut adalah cara mengaktifkan Mode Hemat Kuota pada Microsoft Edge:

Langkah 1: Buka Microsoft Edge

Cari dan buka Microsoft Edge di Windows 10. Anda dapat menemukannya di menu Start atau dengan menggunakan fitur pencarian di taskbar.

Langkah 2: Buka Pengaturan Microsoft Edge

Setelah membuka Microsoft Edge, klik ikon tiga titik di pojok kanan atas browser. Pilih Settings pada menu drop-down yang muncul.

Langkah 3: Aktifkan Mode Hemat Kuota

Pada halaman Settings, scroll ke bawah hingga menemukan opsi “Hemat Kuota”. Aktifkan tombol “Hemat Kuota” untuk mengaktifkan Mode Hemat Kuota.

Langkah 4: Pengaturan Tambahan (Opsional)

Jika Anda ingin mengatur penggunaan kuota secara lebih rinci, klik “Pilihan” di bawah tombol “Hemat Kuota”. Di halaman ini, Anda dapat memilih berbagai opsi seperti memblokir gambar dan video yang tidak perlu.

Langkah 5: Mulai Browsing Hemat Kuota

Setelah mengaktifkan Mode Hemat Kuota, Anda dapat mulai browsing dengan penggunaan data yang lebih hemat. Microsoft Edge akan melakukan kompresi data ketika Anda mengakses website, sehingga dapat mengurangi penggunaan kuota internet.

Pengaturan Metered Connection untuk Menghindari Pembaruan Otomatis

Pada Windows 10, terdapat fitur Metered Connection yang dapat membantu Anda menghindari pembaruan otomatis yang menghabiskan kuota internet. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatur Metered Connection:

Langkah 1: Buka Settings

Sesuai dengan langkah-langkah sebelumnya, buka Settings pada Windows 10.

Langkah 2: Pilih Network & Internet

Cari dan klik Network & Internet pada jendela Settings.

Langkah 3: Pilih Wi-Fi atau Ethernet

Jika Anda menggunakan koneksi Wi-Fi, klik Wi-Fi pada sisi kiri halaman Network & Internet. Jika menggunakan koneksi Ethernet, pilih Ethernet.

Langkah 4: Pilih Koneksi yang Digunakan

Pada halaman Wi-Fi atau Ethernet, pilih koneksi yang digunakan saat ini dengan mengklik nama jaringan. Setelah itu, klik “Set as metered connection” untuk mengatur koneksi sebagai Metered Connection.

Langkah 5: Batasi Pembaruan Otomatis

Dengan mengatur koneksi sebagai Metered Connection, pembaruan otomatis akan dibatasi. Windows 10 hanya akan melakukan pembaruan penting yang tidak akan menghabiskan kuota internet dengan berlebihan.

TRENDING :  Cara Download Drakor: Panduan Lengkap untuk Mendapatkan Drama Korea Kesayanganmu

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengatur Metered Connection dan menghindari pembaruan otomatis yang menghabiskan kuota internet.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah Disk Cleanup dapat merusak sistem operasi?

Tidak, Disk Cleanup adalah fitur bawaan Windows 10 yang aman digunakan. Namun, selalu pastikan untuk memilih file dengan hati-hati agar tidak menghapus file yang masih dibutuhkan oleh sistem operasi.

2. Apa yang terjadi jika saya menonaktifkan semua background apps di Windows 10?

Menonaktifkan semua background apps akan menghentikan aplikasi-aplikasi di latar belakang. Hal ini dapat menghemat kuota internet, tetapi beberapa aplikasi mungkin tidak berfungsi dengan baik jika tidak diizinkan untuk berjalan di latar belakang.

3. Apakah memblokir update Windows 10 adalah tindakan yang aman?

Tidak semua update Windows 10 bisa dianggap tidak penting. Beberapa update adalah pembaruan keamanan yang sangat penting untuk melindungi sistem operasi dari serangan malware. Sebaiknya, pertimbangkan kembali sebelum memblokir semua pembaruan.

4. Apakah Mode Hemat Kuota pada Microsoft Edge mengurangi kualitas gambar dan video?

Mode Hemat Kuota pada Microsoft Edge mengompresi gambar dan video untuk mengurangi penggunaan data. Ini dapat mengurangi kualitas gambar dan video, tetapi Anda masih dapat melihat konten dengan jelas.

5. Apakah semua koneksi bisa diatur sebagai Metered Connection?

Tidak semua koneksi dapat diatur sebagai Metered Connection. Fitur ini hanya tersedia untuk koneksi Wi-Fi dan Ethernet.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah memberikan 5 cara untuk membuat Windows 10 lebih hemat kuota internet. Dari menggunakan Disk Cleanup untuk membersihkan file-file sementara, mengoptimalkan penggunaan data pada background apps, memblokir update Windows 10 yang tidak penting, menggunakan Mode Hemat Kuota pada Microsoft Edge, hingga mengatur Metered Connection untuk menghindari pembaruan otomatis.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menghemat kuota internet dengan efektif saat menggunakan Windows 10. Selain itu, penting untuk tetap mengingat bahwa keamanan sistem operasi dan kebutuhan pembaruan tetap harus diprioritaskan. Jadi, pilih dengan bijak cara yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mengelola penggunaan kuota internet pada Windows 10. Selamat mencoba!