site traffic analytics
Cara Ngeprint Excel Agar Tidak Terpotong
Cara Ngeprint Excel Agar Tidak Terpotong

Cara Ngeprint Excel Agar Tidak Terpotong

Haii teman Radar! Kali ini kami akan membahas cara ngeprint excel agar tidak terpotong. Salah satu masalah yang sering dihadapi saat mencetak dokumen di Microsoft Excel adalah ketidaksesuaian ukuran halaman. Ketika lembaran excel dicetak, seringkali tabel atau grafik yang diinginkan terpotong dan tidak muat pada satu halaman. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi masalah ini.

1. Atur Ukuran Kertas

Pertama-tama, pastikan bahwa ukuran kertas yang dipilih adalah sama dengan ukuran lembaran yang digunakan di Excel. Untuk mengatur ukuran kertas di Microsoft Excel, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pilih tab “Page Layout” di menu bar.
  2. Pilih opsi “Size” di sebelah kiri, kemudian pilih ukuran kertas yang sesuai.

Jika ukuran kertas yang Anda butuhkan tidak tersedia dalam daftar, klik “More Paper Sizes” untuk menambahkan ukuran kertas kustom.

Contoh:

Ukuran Kertas Ukuran Lembaran Excel
A4 21 x 29.7 cm
Letter 21.59 x 27.94 cm

2. Atur Skala Halaman

Jika masih terpotong setelah mengatur ukuran kertas, cobalah menyesuaikan skala halaman di Excel. Berikut adalah cara melakukannya:

  1. Pilih tab “Page Layout” di menu bar.
  2. Pilih opsi “Scale to Fit” di sebelah kiri.
  3. Pilih “Fit All Columns on One Page” atau “Fit All Rows on One Page” sesuai kebutuhan.

Anda juga dapat memilih “Custom Scaling Options” untuk menyesuaikan skala secara manual.

3. Pilih Area yang Akan Dicetak

Jika masih terpotong meskipun telah mengatur ukuran kertas dan skala halaman, cobalah memilih area yang akan dicetak. Berikut adalah cara melakukannya:

  1. Pilih area yang akan dicetak.
  2. Klik kanan pada area yang dipilih, kemudian pilih “Print Area”.
  3. Pilih “Set Print Area” untuk menetapkan area yang dipilih sebagai area yang akan dicetak.
TRENDING :  Cara Mempercepat Jaringan Telkomsel

4. Gunakan Fitur “Page Break Preview”

Fitur “Page Break Preview” dapat membantu Anda mengatur potongan halaman secara manual. Berikut adalah cara mengaksesnya:

  1. Pilih tab “View” di menu bar.
  2. Pilih opsi “Page Break Preview” di sebelah kiri.
  3. Anda dapat menyesuaikan batas potongan halaman dengan menyeret garis biru pada tampilan “Page Break Preview”.
  4. Setelah selesai, klik “Normal View” untuk kembali ke tampilan normal.

5. Gunakan Fitur “Print Preview”

Sebelum mencetak, pastikan untuk melihat tampilan print preview terlebih dahulu. Fitur ini memungkinkan Anda melihat tampilan akhir dokumen sebelum mencetaknya. Berikut adalah cara mengaksesnya:

  1. Pilih tab “File” di menu bar.
  2. Pilih opsi “Print” di sebelah kiri.
  3. Pilih “Print Preview” di sebelah kanan.

Anda dapat memeriksa tampilan dokumen dan menyesuaikan pengaturan sebelum mencetak.

6. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika cara di atas tidak berhasil, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti “PDFCreator” atau “CutePDF”. Aplikasi ini dapat membantu Anda mengubah file excel menjadi file PDF yang dapat dicetak dengan mudah. Anda dapat menemukan aplikasi ini secara online dan mengunduhnya secara gratis.

Orang Juga Bertanya:

1. Apa yang harus dilakukan jika tabel terpotong ketika dicetak di Excel? Coba atur ukuran kertas, skala halaman, atau pilih area yang akan dicetak. Jika masih terpotong, gunakan fitur “Page Break Preview” atau “Print Preview”, atau gunakan aplikasi pihak ketiga.
2. Bagaimana cara mengatur ukuran kertas di Excel? Pilih tab “Page Layout” di menu bar, pilih opsi “Size” di sebelah kiri, kemudian pilih ukuran kertas yang sesuai.
3. Bagaimana cara mengatur skala halaman di Excel? Pilih tab “Page Layout” di menu bar, pilih opsi “Scale to Fit” di sebelah kiri, kemudian pilih “Fit All Columns on One Page” atau “Fit All Rows on One Page” sesuai kebutuhan. Anda juga dapat memilih “Custom Scaling Options” untuk menyesuaikan skala secara manual.
TRENDING :  Cara Mencari Toko di Shopee

Demikianlah cara ngeprint excel agar tidak terpotong. Ada beberapa cara yang dapat Anda coba, mulai dari mengatur ukuran kertas, skala halaman, memilih area yang akan dicetak, menggunakan fitur “Page Break Preview” atau “Print Preview”, hingga menggunakan aplikasi pihak ketiga. Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat mencetak dokumen excel dengan mudah dan tidak perlu khawatir lagi tentang tabel atau grafik yang terpotong.

Cek Berita dan Artikel Radarbatas.com lainnya di Google News.