Bagaimana Cara Mengoptimalkan Jaringan Anda Untuk Kerja dan Belajar Online
Bagaimana Cara Mengoptimalkan Jaringan Anda Untuk Kerja dan Belajar Online

Cara Ampuh Mempercepat Koneksimu Untuk Kerja dan Belajar Online

Pandemi COVID-19 telah mengubah pola kerja / hidup banyak dari kita. Meskipun ada beberapa orang di luar sana di garis depan melakukan pekerjaan berbahaya dan penting dan bergerak di seluruh dunia, banyak dari kita yang terjebak di rumah, melakukan bagian kita untuk mengurangi penularan virus.

Dinamika domestik juga berubah secara dramatis. Sementara sebagian dari kita telah bekerja dari rumah selama bertahun-tahun, secara historis kita hanyalah bagian kecil dari keseluruhan angkatan kerja. Tetapi sejak pandemi melanda, bekerja dari rumah telah menjadi apa yang terjadi disebut “New Normal”.

Selain kerumitan kehidupan rumah tangga 9-5 kita, banyak dari anak-anak juga ada di rumah. Saat debat pembukaan kembali sekolah berkecamuk, banyak orang tua memilih untuk menahan anak-anak mereka di rumah untuk belajar. Banyak kantor sekolah, perguruan tinggi, dan universitas telah beralih ke strategi pendidikan jarak jauh.

Meskipun tidak ada keraguan bahwa kondisi New Normal ini memiliki dampak besar pada rasa kesejahteraan dan kewarasan kita, hal itu juga mengubah apa yang kita butuhkan dari jaringan rumah kita. Sebelum pandemi, jaringan rumah dan daya broadband terutama digunakan untuk streaming beberapa film, menonton YouTube, memainkan beberapa game, dan memeriksa email.

Tapi sekarang jaringan rumah berada di bawah tekanan. Banyak keluarga memiliki dua orang tua dan sekelompok anak, semuanya memberi tekanan pada jaringan yang menggunakan bandwidth pada saat yang bersamaan. Orang dewasa mungkin perlu menghadiri konferensi Zoom untuk bekerja, sementara anak-anak mungkin juga perlu mengikuti sesi zoom untuk sekolah.

Ini banyak tekanan pada jaringan kamu. Jaringan kamu telah menjadi misi penting. kamu membutuhkannya untuk mendapatkan gaji, dan anak-anak kamu membutuhkannya untuk lulus sekolah. Dalam konteks ini, memaksimalkan jaringan sangatlah penting. Tapi apa sebenarnya artinya itu?

Panduan komprehensif ini akan membantu kamu menjawab dan membantu memandu kamu menuju perubahan dan peningkatan yang mungkin ingin kamu lakukan. Saya akan membahas tiga bidang subjek utama yang terkait erat: memahami persyaratan bandwidth, memahami penawaran penyedia broadband, dan mengoptimalkan jaringan rumah kamu.

Kami memiliki banyak hal untuk dibahas, jadi mari kita mulai. Pantau terus info saya untuk kiat kinerja. Mereka akan memberi kamu ide-ide hebat untuk memaksimalkan kinerja. Saya juga punya beberapa tip anggaran di akhir artikel.

INFORMASI BANDWIDTH

Jika kamu pernah mencoba minum smoothie dengan sedotan, pahami bandwidth. Minum soda melalui sedotan itu sederhana. Soda hanyalah air dengan gelembung. Ini tidak sering dan kamu tidak perlu melakukan banyak hisapan untuk memuaskan dahaga kamu. Tapi coba minum smoothie kental melalui sedotan yang sama dan kamu mungkin mengalami masalah. Entah kamu perlu menyedot lebih keras atau kamu membutuhkan sedotan yang lebih besar.

Data yang kami kirimkan di Internet seperti ini. Beberapa hal, seperti pesan teks email sederhana, membutuhkan bandwidth yang sangat sedikit karena tidak ada banyak data. Tetapi streaming video 4K membutuhkan banyak bandwidth karena file datanya sangat besar.

Tentu, kamu secara teoritis dapat menonton streaming video 4K dengan kemampuan bandwidth apa pun (bahkan dial-up), tetapi kamu harus mengunduh seluruh file terlebih dahulu, yang bisa memakan waktu berhari-hari. Jika kamu hanya ingin mengklik dan melihat, pipa internet harus cukup besar untuk menampung semua data ini.

HARI INI, SEMUANYA TENTANG VIDEO

Jadi mari kita bahas secara spesifik. Dalam kondisi New Normal yang dipicu pandemi, ini semua tentang video. Email dasar dan penjelajahan web menggunakan bandwidth yang relatif kecil. Foto dan musik lebih memakan, begitu pula game. Tapi video itulah yang memakan banyak bandwidth. Inilah yang akan kita lihat dalam panduan ini.

Bandwidth biasanya diukur dalam megabit per detik, ditulis sebagai Mbps (dengan huruf kecil “b”). Itu jutaan bit per detik. Seperti yang dapat kamu lihat pada grafik di bawah, Netflix mengklaim bahwa bandwidth minimum absolut yang dibutuhkan adalah 0,5 Mbps. Ini akan menjadi video dengan buffer yang sangat tinggi, bernilai sangat rendah.

Sebaliknya, untuk menonton film dengan streaming 4K yang megah, koneksi kamu membutuhkan 20 Mbps. Artinya, tube kamu harus bisa mengirim 20 juta bit dalam satu detik. Seperti yang kamu lihat, level resolusi yang berbeda membutuhkan jumlah bandwidth yang berbeda.

Untungnya, Netflix dan YouTube (dan sebagian besar layanan streaming lainnya) memungkinkan kamu untuk menentukan kualitas video yang kamu tonton (dan, dengan ekstensi, bandwidth yang kamu gunakan) atau secara otomatis membatasi video kamu berdasarkan bandwidth yang ada.

Di dunia di mana kamu mungkin hanya menonton satu aliran Netflix dan mungkin satu video YouTube pada satu waktu, ini berfungsi dengan baik. Tetapi ketika kamu, pasangan kamu, dan anak-anak kamu semua harus online pada saat yang sama, semua menggunakan video, persyaratannya berubah.

APA YANG DIJUAL ISP LANGGANANMU

Saat kamu mendaftar untuk layanan broadband, ISP kamu biasanya menjual paket berdasarkan bandwidth unggahan dan unduhan yang kamu pilih. Semakin tinggi kapasitasnya, semakin mahal harganya. Semakin sedikit kapasitasnya, semakin murah. Tapi apa sebenarnya artinya itu?

TRENDING :  Mengapa Internet Saya Sangat Lambat? Berikut 7 Alasan dan Cara Memperbaikinya

Lihat diagram di bawah ini. Perhatikan titik bertanda A. Ini adalah koneksi antara rumah kamu dan titik koneksi data ISP kamu, dan itulah yang dijual oleh penyedia broadband kamu kepada kamu.

Bagaimana Cara Mengoptimalkan Jaringan Anda Untuk Kerja dan Belajar Online
Dari Sini ke Sana

Segala sesuatu setelah ISP (ditampilkan di sebelah kanan dalam diagram) umumnya berada di luar kendali ISP. Setiap login web berjalan melewati ISP kamu melalui banyak mesin yang berbeda, seringkali dari berbagai jalur, ke layanan yang kamu gunakan. Dan kemudian, tentu saja, jawabannya kembali. kamu dan ISP kamu sama sekali tidak memiliki kendali atas bagian pengalaman itu.

Diagram berikut mengilustrasikannya secara lebih rinci. kamu memeriksa jaringan di dalam rumah kamu. Ini ditunjukkan oleh A pada diagram. ISP kamu mengontrol semua perangkat keras antara pusat data mereka dan rumah kamu, yang disebut B.

Bagaimana Cara Mengoptimalkan Jaringan Anda Untuk Kerja dan Belajar Online

Tetapi kamu juga memiliki beberapa kendali di area itu juga, karena kamu dapat memilih paket bandwidth, dan itu menentukan seberapa besar tabung data yang kamu dapatkan di rumah kamu.

Namun, tidak semuanya seperti yang terlihat. Meskipun ISP kamu mungkin menjual bandwidth dalam jumlah tertentu, mereka mungkin tidak dapat mengirimkannya. Halaman Comcast di mana kamu dapat memesan layanan secara eksplisit menyebutnya. Tercantum, “Kecepatan aktual bervariasi dan tidak dijamin.”

Ini bisa karena alasan apa pun, mulai dari keinginan mereka untuk mencekik kamu jika kamu menggunakan terlalu banyak data hingga terlalu banyak orang di jaringan pada satu waktu.

Tip Kinerja: Pastikan untuk memeriksa dengan ISP kamu untuk memastikan kamu menghindari pembatasan bandwidth, baik dengan membayar biaya bandwidth atau dengan memeriksa penggunaan kamu.

Lihat diagram berikut ini:

Bagaimana Cara Mengoptimalkan Jaringan Anda Untuk Kerja dan Belajar Online

Ketika kamu membeli bandwidth, kamu membelinya di titik A, ke dan dari rumah kamu. Jika ISP kamu telah menerapkan jalur serat khusus untuk setiap rumah atau berbagi umpan antara sekelompok rumah, itu dapat menentukan seberapa banyak aliran yang sebenarnya kamu dapatkan. Jika semua anggota cluster menggunakan kapasitas pada saat yang sama, pelambatan dapat terjadi hanya karena titik koneksi ISP B mungkin kelebihan beban.

Ini juga di luar kendali kamu. Tetapi akan membantu untuk mengetahui apakah kamu menggunakan koneksi bersama (biasanya modem kabel) atau pada koneksi fiber khusus.

Tip kinerja: Secara umum, serat khusus akan memberi kamu layanan yang lebih kamul daripada modem kabel.

Tentu saja, bahkan dengan fiber, koneksi upstream ISP kamu bisa terbebani jika semua klien mereka berada di konferensi Zoom pada saat yang bersamaan. Dan mari kita perjelas. Serat tidak tersedia di banyak komunitas, jadi kamu cenderung berurusan dengan kabel.

KEMAMPUAN DOWNLOAD

Mari kita bicara tentang mengunggah dan mengunduh bandwidth. Hingga saat ini, penyedia Internet rumahan jarang menghabiskan banyak waktu untuk membahas bandwidth unggahan yang mereka alokasikan untuk setiap pelanggan.

Berikut sedikit latar belakangnya. Saya seseorang yang membutuhkan bandwidth unggahan dalam jumlah besar selama bertahun-tahun untuk proyek pekerjaan saya. Muat terabyte data cadangan, banyak file video 4K, mesin virtual untuk pengujian, dan video YouTube yang sudah selesai. Saya juga melakukan banyak konferensi video dimana tatap muka saya diunggah dan kemudian disiarkan ke penonton televisi.

Bekerja dari rumah, mendapatkan bandwidth unggahan itu bermasalah. Berbagai perwakilan broadband yang saya ajak bicara selama bertahun-tahun mengatakan kepada saya bahwa sangat sedikit orang yang pernah bertanya tentang bandwidth unggahan, itulah sebabnya ISP tidak pernah menawarkan kapasitas yang besar.

Tentu saja, karena COVID-19, ini semua berubah dengan cepat.

Sebelum COVID, sebagian besar pengguna menjelajahi web, menonton YouTube atau Netflix, atau bermain game. Kapasitas pemuatan yang dibutuhkan sedikit. Sekarang semua orang selalu menggunakan Zoom. Saat menggunakan Zoom, kamu memerlukan kapasitas broadband untuk mengirim video ke hulu sebanyak yang kamu perlukan kapasitas broadband untuk menonton video.

Meskipun semua ISP berbeda, berikut yang dikatakan oleh perwakilan Comcast setempat kepada saya adalah rangkaian penawaran mereka bulan ini:

Bagaimana Cara Mengoptimalkan Jaringan Anda Untuk Kerja dan Belajar Online

Perhatikan perbedaan besar antara kapasitas unduh (biru terbesar) dan kapasitas unggah (biru paling muda). Comcast (dan sebagian besar ISP) menawarkan kapasitas unggah yang hanya sebagian kecil dari kapasitas unduhan. Saya tidak lagi menggunakan Comcast. Saya beruntung memiliki serat komunitas lokal yang sangat cepat.

Kami memperhatikan dua hal. Pertama, saya memberi label bagian sebagai “bandwidth yang terlalu dipromosikan atau tidak tersedia”. Dalam pengalaman saya, bandwidth yang dapat digunakan rata-rata hanya sekitar 60% dari apa yang diklaim oleh penyedia broadband untuk menjual kamu. Karena kamu harus bekerja dan berfungsi berdasarkan bandwidth yang sebenarnya kamu miliki, penting untuk dipahami bahwa angka yang dikutip selalu optimis.

Namun, dalam kasus di atas, kamu dapat dengan nyaman mengunduh empat sesi Zoom, satu sesi Netflix 4K, dan sesi video 4K lainnya, atau banyak sesi video HD. Dengan 100 Mbps lebih sedikit, seluruh keluarga kamu dapat bekerja bersama secara online, setidaknya dalam hal kinerja pengunduhan.

Segalanya menjadi lebih ketat bagi mereka yang memiliki anggaran lebih rendah atau yang tidak bisa mendapatkan banyak bandwidth di wilayah mereka. Jika kamu turun ke 25 Mbps bandwidth unduhan, kamu benar-benar hanya dapat mendukung dua aliran Zoom dan satu aliran video HD. Video 4K sudah keluar.

TRENDING :  Cara mendapatkan Microsoft Word Secara Gratis

Untungnya, video 4K tidak penting dalam konteks pekerjaan di rumah atau di rumah. Sangat menyenangkan memiliki malam film keluarga, tetapi itu tidak penting untuk misi.

Tip Kinerja: Semua aliran video 4K dinonaktifkan secara default. Sebagian besar layanan streaming kamu memungkinkan kamu menonaktifkan 4K, dan melakukannya adalah cara mudah untuk mendapatkan kembali bandwidth dan mengurangi penggunaan data. kamu mungkin tidak akan pernah memperhatikan perbedaan kualitas.

Kiat anggaran: Beberapa streamer mengenakan biaya tambahan untuk 4K, jadi batalkan biaya tambahan itu.

ENIGMA PEMUATAN

Jika kamu ingat grafik di atas yang menunjukkan paket broadband, bahkan paket Comcast yang menawarkan kapasitas unduh 1 Gbps hanya memiliki unggahan hanya 35 Mbps, saya beruntung. Salah satu alasan saya memilih kota pertanian pedesaan kecil bersejarah yang sekarang saya tinggali adalah karena komunitas telah membangun layanan internet berbasis serat mereka sendiri dan menawarkan 1Gbps untuk naik dan turun.

Ini penting, terutama jika kamu mengkhawatirkan produktivitas. Salah satu video terbaru saya adalah file 2GB yang harus saya unggah ke YouTube.

Sekarang, mari kita perjelas. Mengupload file video bukanlah masalah utama New Normal kami. Apa yang biasa saya lakukan sebelum saya memiliki bandwidth unggahan yang baik adalah mengatur file saya untuk diunggah ketika saya pergi tidur. Dengan begitu, mereka tidak membatasi bandwidth saya dan saya tidak perlu duduk dan menunggu hingga upload selesai.

Sebaliknya, masalah yang sangat besar yang harus kamu khawatirkan adalah memuat kapasitas ketika datang ke pembelajaran online dan konferensi video berbasis kerja. Saya mengenal keluarga beranggotakan enam orang di mana dua orang dewasa dan empat anak semuanya pergi ke kantor atau sekolah – dan yang sekarang semuanya ada di rumah, dan yang semuanya perlu menghadiri konferensi Zoom pada waktu yang sama.

Seperti yang ditunjukkan bagan di bawah ini, tidak masalah jika kamu memiliki kecepatan 100 Mbps ke bawah, menurut paket kamu, jika yang kamu miliki hanyalah 5 Mbps ke atas. Dengan 5 Mbps up, kamu hampir tidak dapat mempertahankan streaming Zoom.

Lebih buruk lagi, mereka yang memiliki kinerja pemuatan lebih rendah bahkan mungkin tidak dapat menjalankan streaming dengan kamul.

Bahkan saat naik ke lantai atas, bandwidth unggahan mungkin tidak cukup. Mereka yang memiliki kapasitas unggah 15 Mbps mungkin dapat menjalankan tiga konferensi Zoom pada saat yang sama, empat jika semua aktivitas unggahan lainnya dihentikan. Hanya jika kamu dapat mengunggah kapasitas dalam kisaran 35 Mbps dan lebih dari itu, kamu dapat mempertahankan aktivitas zoom tingkat keluarga.

MANAJEMEN PENGGUNAAN UPLOAD

Seperti yang kamu lihat, hambatan bagi banyak keluarga yang bekerja dan belajar di rumah adalah kapasitas muat yang ditawarkan oleh ISP mereka. Beberapa keluarga mungkin tidak memiliki akses ke kapasitas muatan yang lebih tinggi, baik karena tidak tersedia di daerah mereka atau karena mereka tidak mampu membelinya.

Tip Kinerja: Bagi mereka yang memiliki bandwidth terbatas yang tersedia, ketahui apa yang menggunakan bandwidth itu setiap saat. Matikan apa pun yang tidak perlu selama konferensi video.

Jika kamu tidak menggunakan ponsel kamu untuk konferensi video, alihkan ke mode pesawat Menghidupkan (bukan menangguhkan) televisi dan semua komputer yang tidak digunakan.

Tips Kinerja: Di router dan klien cadangan, batasi penggunaan bandwidth unggahan atau jadwalkan unggahan saat kamu tidur.

Kiat kinerja: Beli paket dengan bandwidth unggahan terbesar yang kamu mampu.

Pengalaman saya menunjukkan bahwa secara umum saya tidak memiliki masalah dengan kinerja unduhan, tetapi kinerja unggahan hampir selalu menjadi tantangan.

Mengelola bandwidth unggahan mungkin perlu menjadi upaya tim. Selama bertahun-tahun, saya dan istri saya mengoordinasikan penggunaan bandwidth sehingga salah satu dari kami tidak menelan tabung ketika yang lain membutuhkan kapasitas.

Anda mungkin perlu merencanakan waktu blackout ketika Netflix dan YouTube dilarang. kamu mungkin juga perlu menyiapkan kalender pusat di mana setiap anggota keluarga merekam ketika mereka perlu konferensi video dan orang lain mencoba untuk menyiasati waktu.

Didik anggota keluarga kamu, dan jika itu tidak berhasil, pertimbangkan untuk menggunakan salah satu dari banyak pilihan kontrol orang tua di luar sana. kamu mungkin hanya perlu memblokir Facebook, Netflix, YouTube, dan semua streamer lainnya pada waktu-waktu tertentu dalam sehari atau untuk anggota keluarga tertentu.

JARINGAN RUMAHMU

Hingga saat ini, hampir semua yang kita bicarakan adalah koneksi antara ISP kamu dan rumah kamu. Tetapi ada aspek lain dari kinerja jaringan: jaringan internal kamu.

Ingatlah ini: kinerja antara ISP dan rumah kamu setara dengan ISP kamu. Performa antara komputer dan router terserah pengguna.

APA YANG DIUKUR SEBENARNYA TES KECEPATAN

Sebelum kita menggali cara untuk mengoptimalkan jaringan rumah kamu, mari kita bicara tentang apa yang sebenarnya diukur oleh uji kecepatan. Jika kamu menggunakan Fast.com atau SpeedTest.net (atau yang serupa), kamu mungkin mengira kamu mengukur kinerja ISP kamu di poin A. Tetapi sebenarnya tidak.

TRENDING :  Berikut Cara Pasang Set Top Box pada TV Analog di Rumah

Pada kenyataannya, kamu mengukur performa dari mesin uji (B) ke server uji (C). Segala sesuatu yang lain berkontribusi pada pengukuran itu, jadi jika ada acara TV yang sedang ditonton, dibutuhkan bandwidth. Jika ada download otomatis, dibutuhkan bandwidth.

Tes kecepatan akan memberi kamu indikasi yang baik tentang kinerja jaringan secara keseluruhan, tetapi tidak akan benar-benar membantu mengonfirmasi bahwa ISP kamu memenuhi tuntutan kinerjanya.

Ngomong-ngomong, perhatikan perbedaan antara unduhan dan unggahan yang dilaporkan dalam uji kecepatan yang ditunjukkan. Ini adalah tes yang dilakukan oleh salah satu editor kami yang bekerja dari rumah. Dengan unggahan 11 Mbps, editor kami mungkin dapat menangani dua atau tiga aliran Zoom secara bersamaan, tetapi tidak banyak yang lainnya.

OPTIMASI RUMAH NETWORK DENGAN WIRED ETHERNET

Meskipun mengoptimalkan umpan jaringan dari ISP kamu sebenarnya merupakan fungsi dari keberuntungan lokasi kamu dan seberapa banyak kamu bersedia membayar, mengoptimalkan jaringan rumah kamu adalah hal lain lagi.

Pertama, mari kita putar variabel keluar. Cara kamu menggunakan jaringan rumah kamu mungkin berbeda dari yang saya lakukan. Saya meluncurkan file video dan mesin virtual yang sangat besar, dari berbagai desktop ke server saya. Ini adalah tingkat permintaan yang sangat berbeda dari memastikan koneksi kamu ke Zoom dan Gmail berfungsi dengan baik.

Untuk keperluan artikel ini, saya tidak akan membahas pengoptimalan jaringan rumah untuk para profesional ekstrim. Sebaliknya, saya akan fokus pada apa yang dapat kamu lakukan untuk membuat jaringan kamu lebih cocok untuk pekerjaan dan pembelajaran di rumah, dengan asumsi penggunaan produktivitas dan aplikasi pembelajaran yang relatif sederhana.

Tip Kinerja:

  • Koneksi kabel akan selalu lebih kamul dan biasanya lebih cepat daripada koneksi nirkabel. Jika memungkinkan, jalankan utas.
  • Jika kamu perlu mengoptimalkan produktivitas, biarkan penyiapan kamu sedikit buruk jika itu akan membantu kamu menyelesaikan pekerjaan.
  • Saat mengatur pengaturan internet kabel kamu, cari perangkat Gigabit Ethernet dan ini termasuk router. Yang membawa saya ke tip kinerja lainnya.
  • Jika router kamu berusia lebih dari beberapa tahun, pertimbangkan untuk meningkatkan. Router super murah (dan router lama) tidak dapat menangani banyak throughput video.
  • Saat menjalankan kabel, mungkin perlu membuat cabang. Gunakan sakelar Ethernet dengan peringkat GigE dan hindari hub Ethernet.

OPTIMALKAN KINERJA WI-FI

Pertama, saya ingin menjelaskan sesuatu yang membingungkan banyak orang. Jika kamu memiliki koneksi Wi-Fi yang buruk, biasanya itu bukan kesalahan ISP kamu. Wi-Fi adalah tentang bagaimana kamu mengatur jaringan di dalam rumah kamu. ISP kamu (seperti yang telah kita bahas panjang lebar di sini) hanya menangani koneksi antara rumah kamu dan internet.

Wi-Fi bisa menyedot begitu banyak alasan. Ini adalah sinyal radio, jadi logam di dinding, peralatan, listrik di udara juga dapat memengaruhinya. Rumah saya adalah mimpi buruk Wi-Fi, yang akhirnya saya selesaikan dengan jaringan mesh nirkabel, koneksi kabel jika memungkinkan, dan banyak pengujian. Saya membicarakannya, bersama dengan beberapa alat pengoptimalan yang sangat berguna di artikel lain. Jika kamu mengalami masalah Wi-Fi, ini harus dibaca.

Tip kinerja: Pertimbangkan untuk mengadopsi jaringan mesh untuk Wi-Fi kamu untuk menjangkau area yang jauh di rumah kamu.

Saya menggunakan dua jaringan mesh. Yang pertama adalah sistem Google WIFi (sekarang disebut Nest WiFi). Ini bekerja dengan baik di rumah sewaan kami. Tidak terlalu banyak di rumah yang kami beli nanti. Untuk tempat saya tinggal sekarang, router dan mesh Synology yang saya diskusikan di sini bekerja lebih kamul.

Ide jala adalah bahwa alih-alih Wi-Fi kamu memancar dari satu titik, jala titik akses router menciptakan selimut Wi-Fi di seluruh rumah kamu. Ada masalah, tapi pasti membantu.

TIPS ANGGARAN

Sejauh ini, saya telah berbicara tentang meningkatkan bandwidth yang kamu beli dari ISP kamu, menambahkan router mesh, dan menjalankan kabel dan sakelar di seluruh rumah kamu. Itu bisa mahal. Mari kita lihat beberapa ide untuk menghemat uang dan meningkatkan kinerja.

  • Router Wi-Fi adalah hub jaringan. Jika kamu tidak bisa mendapatkan sinyal yang baik di ruangan lain, siapkan meja atau area kerja di dekat router.
  • Tetapkan waktu yang diizinkan untuk streaming TV dan akses rekreasi YouTube. Jika semua orang tidak menggunakan media streaming sampai jam 7 malam atau jam 8 malam (kecuali sekolah atau kantor), kamu sebenarnya akan meningkatkan bandwidth yang tersedia.
  • Meskipun kamu tidak mampu membeli router baru, kabel, dan banyak sakelar, kebanyakan komputer memiliki port Ethernet. Kabel Ethernet yang relatif pendek bisa sangat murah (dan tersedia dengan banyak perangkat). Coba sambungkan komputer ke router secara langsung jika memiliki port yang tersedia.
  • Pastikan untuk mematikan semua pencadangan otomatis dan pembaruan otomatis dan menjalankannya setelah jam kerja.
  • Setel YouTube ke default resolusi yang lebih rendah. Jika kamu menggunakan Chrome, plugin YouTube 4K / HD Otomatis tidak hanya memungkinkan kamu menyetel 4K otomatis, tetapi juga memungkinkan kamu menyetel resolusi apa pun, hingga 144p. Setel ini ke serendah mungkin di semua perangkat Chrome kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *