Cara Memperbaiki Pengisian Baterai yang Lama di Android

Banyak orang cenderung mengeluhkan masalah pengisian daya yang lambat pada perangkat Android mereka. Dan itu cukup terlihat terutama pada ponsel yang tidak mendukung pengisian cepat. Jika Kamu juga lelah karena ponsel Kamu selalu terhubung sepanjang hari, jangan khawatir, kami mendukung Kamu. Berikut adalah panduan sederhana tentang cara memperbaiki masalah pengisian lambat di Android Kamu.

Cara Perbaiki pengisian lambat di Android

1. Hindari menggunakan ponsel saat mengisi daya

Menggunakan ponsel saat mengisi daya akan menghabiskan banyak daya saat menjalankan tampilan dan sumber daya lainnya. Konsumsi daya paralel ini mengurangi arus di mana baterai sedang diisi, sehingga menurunkan tingkat pengisian secara keseluruhan.

Demikian pula, banyak ponsel cenderung menjadi hangat jika Kamu menggunakannya saat mengisi daya. Ketika panas melampaui batas tertentu, ponsel mulai membatasi kecepatan dan kinerja pengisian daya untuk menjaga suhu.

Selain itu, panas berlebih dari layar dan prosesor dapat menyebabkan kerusakan baterai atau waktu siklus yang sangat singkat. Karenanya, yang terbaik adalah menghindari penggunaan ponsel atau perangkat apa pun saat mengisi daya.

2. Nonaktifkan fitur konektivitas

Fitur konektivitas seperti Bluetooth, GPS, WiFi dan NFC menggunakan perangkat keras khusus yang disediakan di telepon untuk bekerja. Hal ini menyebabkan peningkatan konsumsi baterai dan mengurangi tingkat pengisian bersih.

Jadi, matikan semua fitur konektivitas yang tidak perlu termasuk data seluler saat mengisi daya ponsel Kamu untuk mempercepat proses.

3. Aktifkan mode pesawat

Selain mematikan fitur konektivitas, Kamu juga dapat mempertimbangkan untuk mengaktifkan mode pesawat. Dengan cara ini, ponsel akan berhenti mencoba berkomunikasi dengan menara seluler dan Kamu tidak akan dapat mengirim atau menerima panggilan atau pesan teks.

TRENDING :  Cara Mengubah Nama Perangkat Android

Selain itu, ini juga akan menonaktifkan data seluler, yang berarti Kamu tidak akan lagi menerima pemberitahuan. Jadi, jika Kamu memiliki waktu terbatas untuk mengisi daya ponsel dan dapat mengatur beberapa menit tanpa konektivitas seluler, carilah!

4. Gunakan mode hemat baterai

Hampir semua ponsel Android lainnya telah dilengkapi dengan mode hemat baterai built-in. Mengaktifkannya secara signifikan mengurangi jumlah aplikasi dan proses latar belakang yang memakan sumber daya, yang pada gilirannya meningkatkan kecepatan pengisian daya saat terhubung.

5. Periksa kabelnya

Jika kecepatan pengisian daya ponsel Kamu turun secara signifikan dalam beberapa hari terakhir, penyebabnya mungkin kabel USB yang rusak. Umumnya, kabel ini cenderung kehilangan efisiensinya dari waktu ke waktu dan dapat putus kapan saja bahkan tanpa menunjukkan tanda-tanda kerusakan.

Jadi, coba ganti kabel dan lihat apakah itu penyebab sebenarnya. Selain itu, saat membeli kabel baru, selalu pilih kabel dari merek bagus yang memiliki ukuran lebih tinggi dan kompatibel dengan peringkat output adaptor pengisian daya Kamu. Jika perangkat Kamu mendukung pengisian cepat, pastikan kabel mendukung protokol pengisian khusus itu.

6. Dapatkan pengisi daya yang tepat

Jika kabelnya baik-baik saja, masalahnya mungkin dengan bata pengisi daya. Sekarang, sebagian besar pengisi daya tersedia dengan port universal yang dapat digunakan untuk mengisi daya telepon apa pun. Dan di sinilah segala sesuatunya mulai salah.

Oleh karena itu, selalu pastikan untuk mengisi daya ponsel Kamu dengan power brick asli perusahaan yang disertakan dengan kotak. Jika ini tidak tersedia, gunakan pengisi daya pihak ketiga bersertifikat dengan spesifikasi serupa (pencocokan arus listrik dan peringkat voltase). Jika Kamu menggunakan pengisi daya tidak bermerek atau palsu, segera buang karena dapat berbahaya.

TRENDING :  Mengapa Mengisi Daya Ponsel Anda Semalam Itu Tidak Bagus

Selain itu, jika ponsel mendukung pengisian cepat, itu tidak berarti bahwa perusahaan akan menyediakan pengisi daya cepat di dalam kotak. Sekalipun demikian, terkadang, ini mungkin bukan yang tercepat untuk mendukung telepon.

Misalnya, Redmi K20 Pro dibeli dengan pengisi daya 18W sedangkan batu bata 27W dijual terpisah oleh perusahaan. Demikian pula, Samsung Galaxy Note 10 +, meskipun memiliki dukungan pengisian cepat 45W, dilengkapi dengan pengisi daya 25W yang lebih lambat. Jadi teliti kemampuan pengisian daya ponsel Kamu dan periksa apakah itu mendukung adaptor pengisian yang lebih cepat.

7. Hindari mengisi daya dari laptop atau PC

Pernahkah Kamu bertanya-tanya mengapa ponsel Kamu mengisi daya dengan sangat lambat saat terhubung ke PC atau laptop? Nah, itu karena port tersebut terutama ditujukan untuk transfer data dan tidak dapat memberikan arus listrik yang diperlukan untuk pengisian cepat.

Misalnya, port USB 2.0 komputer dapat mengeluarkan maksimum 0,5A sedangkan port USB 3.0 dapat memberikan tingkat pengisian puncak 0,9A, yang jauh lebih rendah daripada standar pengisian daya saat ini. Pengisi daya dinding khusus, sebagai perbandingan, biasanya diberi nilai 2A.

8. Perbarui perangkat lunak ponsel

Pembaruan perangkat lunak terbaru mungkin telah mengubah kecepatan pengisian daya ponsel atau kinerja baterai. Jika demikian, tunggu perbaikan dari perusahaan. Jika tidak, Kamu dapat mencoba menurunkan versi perangkat lunak ke versi sebelumnya secara manual atau dengan membawa ponsel ke pusat layanan resmi merek tersebut.

9. Periksa baterai, ganti jika perlu

Baterai Li-ion cenderung kehilangan efisiensinya dalam jangka panjang. Ini juga dapat disebabkan oleh mengikuti praktik penagihan yang tidak sehat. Jadi, jika ponsel Kamu tidak mengisi daya secepat atau menahan daya seperti beberapa bulan yang lalu, periksa di pusat layanan resmi merek dan minta penggantian baterai.

TRENDING :  Berikut 7 Keyboard Tablet Terbaik 2022

Biasanya, penggantian baterai dilakukan secara gratis jika ditemukan cacat dalam masa garansi. Bahkan untuk casing yang tidak bergaransi, biaya penggantian tidak akan membuat Kamu kesulitan. Karena itu, jangan mencari baterai lokal dengan biaya berapa pun!

Kesimpulan

Jadi ini adalah beberapa cara paling layak untuk memperbaiki pengisian lambat pada perangkat Android. Konon, dengkuran membuat ponsel tetap dingin saat mengisi daya dan mencoba membawa paket baterai portabel untuk diisap saat dalam perjalanan. Beri tahu kami jika Kamu memiliki hal lain untuk ditambahkan melalui komentar di bawah. Dan jangan ragu untuk menghubungi jika Kamu memiliki keraguan atau pertanyaan.