Cara Mempercepat Brosing Anda Dengan Perbaikan Sederhana Ini
Cara Mempercepat Brosing Anda Dengan Perbaikan Sederhana Ini

Cara Mempercepat Browsing Anda Dengan Perbaikan Sederhana Ini

Dengan kemajuan teknologi ke tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya dan bandwidth semakin cepat setiap hari, orang akan berharap internet berjalan lebih efisien.

Namun, ada beberapa faktor yang dapat menghalangi kemampuan kita untuk menikmati pengalaman menjelajah Internet tanpa hambatan. Baca terus selagi kami menjelajahi kiat produktivitas ini untuk membantu Anda menikmati penjelajahan internet yang lebih cepat.

1. Gunakan browser cepat minimal

Penting untuk menggunakan browser web yang cepat dengan langkah keamanan dan privasi yang memadai. Karena browser Anda adalah portal pribadi Anda ke internet, Anda perlu memastikan bahwa Anda menggunakan salah satu yang memberikan pengalaman internet yang lancar.

Faktor yang berkontribusi terhadap kecepatan browser adalah waktu buka halaman. Ini adalah waktu yang diperlukan browser untuk merender situs web dan ditentukan oleh jenis browser yang digunakan serta jumlah ekstensi dan add-on di dalamnya.

Sulit untuk diukur karena ada banyak faktor yang berperan. Tetapi beberapa peramban cepat termasuk Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Safari.

Ekstensi dan plug-in yang tidak digunakan berpotensi memperlambat komputer Anda dan memengaruhi pengalaman penjelajahan Anda. Mereka dapat menghabiskan sumber daya sistem dan menyebabkan crash dan bug. Meskipun ada beberapa ekstensi yang sangat berguna yang membuat hidup Anda lebih mudah, sebaiknya periksa ekstensi dan plugin Anda secara teratur.

2. Optimalkan cache browser

Setiap kali Anda menelusuri internet dan membuka halaman web, browser secara otomatis menyimpan salinan file dari halaman web tersebut ke hard drive Anda. Ini disimpan dalam cache browser di komputer Anda dan membantu memuat halaman web tertentu lebih cepat di masa mendatang.

Setiap kali Anda mengunjungi kembali halaman web itu, browser Anda hanya mengunduh file-file yang telah berubah sejak kunjungan terakhir Anda ke situs web itu. Jika ukuran cache Anda mulai membesar dan Anda tidak sering mengunjungi situs web tertentu, beban cache tambahan ini dapat memperlambat pengalaman browsing Anda.

TRENDING :  6 Risiko Teratas yang Kamu Hadapi Saat Menggunakan Facebook

Optimalkan cache browser di Chrome:

  1. Buka Chrome.
  2. Klik Lainnya di kanan atas.
  3. Klik Alat Lainnya lalu klik Hapus Data Penjelajahan.
  4. Klik Sepanjang waktu untuk menghapus seluruh cache di Chrome.
  5. Centang kotak yang muncul di samping Cookie dan data situs lain serta gambar dan file yang disimpan dalam cache.
  6. Klik Hapus Data.

Optimalkan cache browser di Firefox:

  1. Buka Firefox.
  2. Buka menu dan klik Opsi.
  3. Klik Privasi dan Keamanan.
  4. Klik pada Cookies dan data situs.
  5. Klik Hapus Data.
  6. Centang kotak di samping Konten Web Cache.
  7. Klik Clear.
  8. Tutup kotak Informasi setelah selesai.

3. Latihan Manajemen Tab yang Baik

Pengguna perlu berusaha untuk mengelola tab mereka secara efisien agar mendapatkan pengalaman menjelajah yang lebih optimal. Meskipun menjelajah banyak situs web bisa menyenangkan, membuka banyak tab secara bersamaan dapat sangat menghambat kecepatan penjelajahan Anda.

Aturan yang ideal adalah menjaga jumlah tab minimum tetap terbuka sesuai kebutuhan. Jika Anda perlu mengakses beberapa situs web dalam waktu singkat, Anda disarankan untuk menandai beberapa situs web ini sebagai referensi saat Anda membutuhkan informasi tersebut.

Google Chrome memiliki fitur pengelompokan tab hebat yang tersedia di bawah pilihan alatnya. Pengelompokan tab memungkinkan Anda membuka sekelompok situs web secara bersamaan dengan satu klik. Anda dapat menyesuaikan nama dan warna grup tab dan kemudian menyusun ulang tab di dalam grup itu sesuai dengan preferensi Anda.

Ini sangat berguna saat mengerjakan beberapa proyek pada waktu yang sama atau saat membandingkan grup produk. Untuk membuat kartu tim, Anda dapat melakukan hal berikut:

  1. Setelah tab terbuka di Chrome, klik kanan pada tab itu dan pilih Tambahkan Tab ke Grup Baru.
  2. Pilih nama dan warna untuk tab deck.
  3. Buka tab baru, klik kanan masing-masing dan pilih Tambahkan ke Grup.
  4. Pilih grup tujuan pengiriman kartu. Semua kartu dalam suatu kelompok akan dikenali dari warnanya.
TRENDING :  Cara Memperbaiki Kesalahan ERR_Connection_Refused di Chrome

Anda juga dapat mencoba menggunakan ekstensi pengelolaan kartu untuk kinerja yang optimal. Ini menghemat memori dengan menjelajahi tab yang tidak digunakan, mengelola sesi, melihat pratinjau tab, dan melakukan pembersihan cepat.

Saat di Chrome, Anda dapat mencoba The Great Suspender sementara Anda yang menggunakan Firefox dapat mencoba Max Tab.

4. Merawat Komputer

Saat Anda memiliki pengalaman internet yang lambat, penting untuk memeriksa apakah komputer Anda berjalan lebih lambat dari biasanya. Jika komputer Anda adalah model yang lebih lama dan Anda tidak bisa mendapatkan model yang lebih baru, Anda mungkin ingin mempertimbangkan beberapa metode yang nyaman untuk mempercepat komputer Anda.

  1. Pertimbangkan untuk menambahkan lebih banyak memori ke komputer Anda untuk memenuhi permintaan situs web dan aplikasi modern yang lebih tinggi.
  2. Defrag hard drive dan bantu sistem file berjalan lebih efisien.
  3. Nonaktifkan beberapa proses latar belakang yang mungkin tidak Anda sadari, seperti pembaruan perangkat lunak otomatis yang mengakumulasi bandwidth.
  4. Beberapa virus dapat menyebabkan komputer Anda berjalan lambat, jadi penting untuk memindai komputer Anda secara teratur dari malware dan virus.
  5. Kosongkan ruang hard drive dengan menghapus aplikasi dan program yang tidak diinginkan dari komputer Anda.

Tip sederhana untuk browsing yang lebih cepat

Ada beberapa solusi yang dapat Anda gunakan untuk membantu Anda mengoptimalkan pengalaman penjelajahan Anda. Tetapi kesuksesan Anda akan bergantung pada jenis pekerjaan yang Anda lakukan secara online.

Kiat dasar ini melihat kontributor utama pengalaman penjelajahan yang lambat. Coba gunakan beberapa add-on dan ekstensi khusus browser untuk menyelesaikan penjelajahan Anda juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *