site traffic analytics

Cara Mengatasi Word Not Responding

Haii teman Radar, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara mengatasi word not responding.

Mungkin kita sering mengalami ketika sedang mengetik dokumen menggunakan Microsoft Word, tiba-tiba program tersebut terhenti dan muncul pesan “Word not responding”. Hal ini tentu sangat mengganggu dan dapat menghambat pekerjaan yang sedang kita lakukan. Namun, jangan khawatir karena masalah ini dapat diatasi dengan beberapa cara yang akan kami bahas berikut ini.

1. Periksa Koneksi Internet

Salah satu penyebab Word not responding adalah koneksi internet yang tidak stabil. Jika program Microsoft Word terhubung dengan internet dan koneksi internet terputus, maka program tersebut akan terhenti dan muncul pesan Word not responding.

Oleh karena itu, pastikan koneksi internet Anda stabil dan terhubung dengan jaringan yang baik sebelum menggunakan Microsoft Word. Jika koneksi internet masih tidak stabil, coba gunakan aplikasi offline Google Docs atau LibreOffice Writer sebagai alternatif.

2. Nonaktifkan Add-ins

Add-ins atau aplikasi tambahan dalam Microsoft Word dapat menyebabkan program menjadi lambat dan terhenti. Untuk mengatasinya, nonaktifkan semua add-ins yang tidak diperlukan atau yang merusak kinerja Word dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Klik “File” di pojok kiri atas, pilih “Opsional,” kemudian klik “Add-Ins”.
  2. Nonaktifkan semua add-ins yang ingin dihapus dan klik “OK”.
  3. Restart kembali Word.

3. Gunakan Safe Mode

Jika Word terus-menerus mengalami masalah, maka kamu dapat menggunakan safe mode untuk menemukan masalah yang ada, dan mengatasi masalah tersebut dengan mudah.

  1. Klik “Start” dan jalankan Word di Safe Mode. Caranya adalah dengan mengetikkan “winword /safe” pada kotak pencarian.
  2. Jika Word berjalan lancar maka ada add-ins atau template yang tidak terkait yang mengganggu kinerja Word.
  3. Nonaktifkanlah add-ins atau template tersebut dengan langkah-langkah pada poin 2 dan restart kembali Word.
TRENDING :  Cara Nonton Film di Telegram Sambil VC: Inilah Kunci Menikmati Film Bareng Teman

4. Perbarui Microsoft Word

Microsoft Word sering memperbarui versinya. Jika Anda masih menggunakan versi lama dan belum diperbarui, maka ada kemungkinan program tersebut tidak kompatibel dengan sistem operasi yang baru.

Jadi, pastikan selalu memperbarui Word ke versi terbaru untuk memaksimalkan kinerja program yang dijalankan.

5. Periksa Ketersediaan Ruang Disk

Ruang disk yang penuh atau hampir penuh bisa menjadi penyebab Word not responding. Karena program akan lebih cepat membuka file ketika masih ada ruang disk yang tersedia. Jadi, pastikan Anda memiliki cukup ruang disk untuk menyimpan dokumen dan file tambahan lainnya.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Bagaimana cara mengetahui versi Microsoft Word yang saya gunakan?

Buka program Microsoft Word, klik “File” di pojok kiri atas. Kemudian, klik “Akun” dan kemudian klik “Informasi Produk”. Di sini, Anda dapat melihat versi Word dan sistem operasi Anda.

2. Apakah tertentu versi Microsoft Word dapat menyebabkan Word not responding?

Ya, jika Anda masih menggunakan versi lama dan belum diperbarui, maka ada kemungkinan program tersebut tidak kompatibel dengan sistem operasi yang baru. Oleh karena itu, pastikan selalu memperbarui Word ke versi terbaru.

3. Apakah Microsoft Word hanya tersedia di Windows?

Tidak, Microsoft Word dapat digunakan di Windows, macOS, iOS, dan Android.

4. Apa itu safe mode di Microsoft Word?

Safe mode di Microsoft Word merupakan cara untuk menjalankan program tanpa add-ins atau template untuk menemukan masalah yang terjadi dan mengatasi masalah tersebut dengan mudah.

5. Apakah Microsoft Word harus terhubung dengan internet?

Tidak, Microsoft Word adalah sebuah aplikasi dokumen yang dapat digunakan secara offline tanpa koneksi internet.

TRENDING :  Perbedaan Infinix Smart 2 dan Smart 3 Plus

Kesimpulan

Terkadang, dalam mengelola dokumen menggunakan Microsoft Word, ada pesan “Word not responding” muncul. Pesan ini dapat membuat kita terhenti dalam proses pekerjaan. Namun, dengan mengikuti beberapa cara yang telah kami bagikan, seperti memeriksa koneksi internet, nonaktifkan add-ins, gunakan safe mode, perbarui Microsoft Word, dan periksa ketersediaan ruang disk, kamu dapat dengan mudah mengatasi masalah Word not responding dan menyamakan ritme kembali dalam memproduksi dokumen. Pastikan kamu selalu memperbaiki versi Word dan terhubung dengan koneksi internet yang baik untuk mempercepat kinerja Word.