site traffic analytics

Cara Bayar PLN lewat M Banking BCA: Mudah dan Praktis

Haii teman Radar, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara bayar PLN lewat M Banking BCA. Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi, kini membayar tagihan PLN lebih mudah dan praktis dilakukan melalui layanan mobile banking BCA. Pastinya kamu tidak ingin repot-repot lagi antre di loket pembayaran PLN, bukan? Berikut ini akan kami jelaskan cara mudahnya.

1. Aktivasi M Banking BCA

Sebelum kamu bisa melakukan pembayaran PLN melalui M Banking BCA, pastikan kamu sudah mengaktifkan layanan tersebut terlebih dahulu. Bagi kamu yang belum terdaftar, bisa mengunduh aplikasi M Banking BCA di PlayStore atau AppStore, lalu melakukan registrasi.

Jika sudah terdaftar, kamu harus melakukan aktivasi dengan cara mengunjungi ATM BCA terdekat. Layanan M Banking BCA bisa diaktifkan dengan memilih menu “m-BCA” lalu pilih “Aktivasi”. Setelah itu, ikuti langkah-langkah yang muncul pada layar ATM hingga selesai.

1.1. Cara Aktivasi M Banking BCA

– Buka aplikasi M Banking BCA

– Pilih menu “Aktivasi”

– Isi data personal yang dibutuhkan, seperti nomor rekening BCA, nomor HP yang terdaftar di bank BCA, dan password serta konfirmasi password

– Periksa kembali data yang diisi dan pastikan sudah benar

– Kemudian tekan tombol “Aktivasi”

– Aplikasi akan mengirimkan kode aktivasi melalui SMS, lalu masukkan kode tersebut pada halaman aktivasi di aplikasi M Banking BCA

– Selesai

2. Registrasi Tagihan PLN

Setelah berhasil mengaktifkan layanan M Banking BCA, langkah berikutnya adalah melakukan registrasi tagihan PLN. Cara ini dilakukan agar kamu bisa memeriksa jumlah tagihan dan langsung melakukan pembayaran tanpa perlu repot mencari informasi di loket PLN.

2.1. Cara Registrasi Tagihan PLN

– Buka aplikasi M Banking BCA

TRENDING :  Inilah Alasan Mengapa Asus A456UR Layak Diperhitungkan Sebagai Laptop Pilihan Anda

– Pilih menu “Tagihan”

– Pilih “Registrasi Tagihan Baru”

– Pilih kategori “Listrik” dan pilih “PLN”

– Masukkan ID Pelanggan PLN dan pilih “Lanjutkan”

– Kemudian, isi rincian informasi tentang tagihan PLN secara lengkap

– Tekan “Daftar”

– Selesai

3. Pembayaran Tagihan PLN

Setelah berhasil melakukan aktivasi M Banking BCA dan registrasi tagihan PLN, selanjutnya kamu bisa langsung melakukan pembayaran menggunakan aplikasi tersebut melalui ponsel kamu. Pastikan kamu sudah memiliki saldo uang yang cukup untuk membayar tagihan tersebut.

3.1. Cara Pembayaran Tagihan PLN

– Buka aplikasi M Banking BCA

– Pilih menu “Tagihan”

– Pilih “Bayar Tagihan”

– Pilih tagihan PLN yang ingin kamu bayar

– Masukkan nominal tagihan yang tertera pada layar aplikasi

– Pilih rekening yang akan digunakan untuk membayar tagihan

– Konfirmasi pembayaran

– Selesai, kamu akan mendapat bukti pembayaran

4. Kelebihan dan Kemudahan Bayar PLN lewat M Banking BCA

Dengan menggunakan layanan M Banking BCA untuk membayar tagihan PLN, kamu bakal merasakan berbagai kelebihan dan kemudahan, seperti:

4.1. Mudah dan Praktis

Proses pembayaran tagihan PLN lebih mudah dan praktis dilakukan dari mana saja dan kapan saja dengan hanya menggunakan ponsel kamu.

4.2. Cepat dan Aman

Kamu tidak perlu lagi mengantri di loket pembayaran tagihan PLN yang banyak menelan waktu. Dengan menggunakan M Banking BCA, proses pembayaran menjadi lebih cepat dan aman karena transaksi dilakukan secara online dan terverifikasi langsung oleh bank.

4.3. Hemat Biaya Administrasi

Dengan menggunakan M Banking BCA, kamu bisa menghemat biaya administrasi karena tidak perlu lagi membayar biaya administrasi loket pembayaran tagihan PLN.

5. Kemungkinan Terjadi Kesalahan

Meskipun pembayaran tagihan PLN melalui M Banking BCA cukup mudah dan praktis, namun kamu tidak boleh lengah dan harus berhati-hati agar tidak terjadi kesalahan saat melakukan transaksi. Beberapa kesalahan yang sering terjadi, di antaranya:

TRENDING :  Cara Menggunakan Kuota Aon Tri: Tips dan Trik yang Perlu Diketahui

5.1. Salah Mengisi Nomor ID Pelanggan

Jika nomor ID pelanggan yang kamu masukkan salah, maka tagihan PLN tidak dapat ditemukan saat proses pembayaran, dan kamu harus mengulang lagi dari awal.

5.2. Salah Memasukkan Nominal Pembayaran

Jika kamu salah memasukkan nominal pembayaran, maka tagihan PLN tidak akan terbayar secara penuh. Hal ini dapat menyebabkan kamu harus membayar kembali lebih dari satu kali.

5.3. Tidak Mengecek Kembali Informasi Pembayaran

Pastikan kamu sudah memeriksa kembali informasi tentang pembayaran PLN, seperti nominal pembayaran, nomor ID pelanggan PLN, dan nomor rekening yang akan digunakan untuk membayar tagihan.

FAQ

1. Cara Menghilangkan Tagihan PLN yang Salah pada M Banking BCA?

Jika kamu salah input ID pelanggan atau tagihan, kamu bisa menghilangkan atau menghapus tagihan tersebut dengan cara:

– Buka aplikasi M Banking BCA

– Pilih menu “Tagihan”

– Pilih kategori “Listrik” dan pilih “PLN”

– Pilih tagihan yang ingin dihapus

– Hapus tagihan tersebut secara permanen dengan mengklik tanda “x” di kanan atas

2. Apakah Harus Punya Kartu ATM BCA untuk Aktivasi M Banking BCA?

Iya, kamu harus memiliki kartu ATM BCA untuk melakukan aktivasi M Banking BCA. Hal ini diperlukan untuk memverifikasi data dan mengamankan akun kamu.

3. Apakah Pembayaran PLN melalui M Banking BCA Aman?

Iya, pembayaran tagihan PLN melalui M Banking BCA sangat aman karena transaksi dilakukan secara online dan terverifikasi langsung oleh bank. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan fitur keamanan seperti mToken untuk memproteksi akun kamu agar lebih aman.

4. Apakah Ada Batas Waktu untuk Pembayaran PLN melalui M Banking BCA?

Tidak ada batasan waktu dalam melakukan pembayaran tagihan PLN melalui M Banking BCA. Kamu bisa melakukan pembayaran kapan saja dan di mana saja dengan ponsel kamu.

TRENDING :  Cara Pin Postingan Instagram dengan Mudah dan Efektif

5. Apakah Menerima Bukti Pembayaran melalui M Banking BCA?

Ya, kamu akan menerima bukti pembayaran melalui M Banking BCA yang bisa langsung kamu simpan atau cetak sebagai tanda bukti pembayaran.

Kesimpulan

Dalam era digital seperti sekarang ini, pembayaran tagihan PLN menjadi semakin mudah dan praktis dengan menggunakan M Banking BCA. Proses pembayaran yang cepat dan aman membuat kamu tidak perlu lagi mengantri di loket pembayaran PLN. Namun, kamu harus tetap berhati-hati dan teliti saat melakukan transaksi agar terhindar dari kesalahan yang merugikan. Dengan kemudahan dan kelebihan yang ditawarkan, tidak ada alasan lagi untuk tidak mencoba layanan M Banking BCA saat melakukan pembayaran tagihan PLN.