site traffic analytics
Cara Mengatasi Can’t Connect to This Network dengan Mudah dan Cepat
Cara Mengatasi Can’t Connect to This Network dengan Mudah dan Cepat

Cara Mengatasi Can’t Connect to This Network dengan Mudah dan Cepat

Haii teman Radar, kali ini kami akan membahas tentang cara mengatasi pesan error “can’t connect to this network” yang sering muncul pada perangkat kita saat ingin terhubung dengan jaringan Wi-Fi. Pesan error tersebut bisa muncul karena berbagai alasan seperti jaringan yang lemah, masalah pada perangkat, atau pengaturan jaringan yang salah. Dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa solusi sederhana yang dapat membantu Anda mengatasi pesan error tersebut.

1. Periksa Kembali Nama dan Password Jaringan Wi-Fi

Salah satu alasan utama mengapa Anda tidak bisa terhubung ke jaringan Wi-Fi adalah karena kesalahan pada nama atau password jaringan. Pastikan Anda memasukkan nama dan password jaringan yang benar dan sesuai dengan yang diberikan oleh penyedia jaringan Wi-Fi. Jika Anda tidak yakin dengan nama atau password jaringan, coba tanyakan kepada penyedia jaringan atau lihat di router Wi-Fi Anda.

Jika Anda yakin bahwa nama dan password jaringan telah dimasukkan dengan benar, cobalah untuk menghapus profil jaringan Wi-Fi dan membuat ulang profil tersebut. Anda dapat melakukannya dengan membuka “Settings” pada perangkat Anda, lalu klik “Network & Internet” dan pilih “Wi-Fi”. Setelah itu, cari profil jaringan yang ingin Anda hapus dan klik “Forget”. Setelah itu, buat kembali profil jaringan dengan memasukkan nama dan password yang benar.

2. Cek Kembali Sinyal Wi-Fi

Ketika Anda tidak dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi, pastikan bahwa sinyal Wi-Fi yang diterima perangkat Anda cukup kuat. Sinyal yang lemah dapat membuat Anda kesulitan untuk terhubung ke jaringan Wi-Fi. Anda dapat mencoba mendekatkan perangkat ke router Wi-Fi atau mencoba untuk memindahkan router ke tempat yang lebih dekat dengan perangkat Anda. Selain itu, pastikan bahwa tidak ada halangan di antara perangkat Anda dan router Wi-Fi seperti tembok atau perabotan.

TRENDING :  Cara Matikan Update Windows

Jika setelah melakukan hal tersebut sinyal Wi-Fi masih lemah, cobalah untuk mereset router Wi-Fi. Anda dapat melakukan reset dengan menekan tombol reset pada router atau dengan mencabut kabel listrik dari router selama beberapa detik, kemudian sambungkan kembali kabel listrik tersebut.

3. Periksa Kembali Pengaturan Jaringan Wi-Fi

Seringkali pesan error “can’t connect to this network” muncul karena ada masalah pada pengaturan jaringan Wi-Fi. Pastikan bahwa pengaturan jaringan Wi-Fi pada perangkat Anda telah dikonfigurasi dengan benar. Anda dapat membuka “Settings” pada perangkat Anda, lalu klik “Network & Internet” dan pilih “Wi-Fi”. Setelah itu, pilih jaringan Wi-Fi yang ingin Anda terhubung dan klik “Properties”. Pastikan bahwa pengaturan jaringan seperti alamat IP, subnet mask, dan gateway telah dikonfigurasi dengan benar. Jika Anda tidak yakin dengan pengaturan tersebut, coba untuk menghubungi penyedia jaringan atau perusahaan yang menyediakan perangkat Wi-Fi.

Jika Anda masih tidak bisa terhubung ke jaringan Wi-Fi setelah memeriksa pengaturan, cobalah untuk mengubah pengaturan jaringan menjadi “Automatic”. Anda dapat melakukannya dengan memilih “Properties” pada jaringan Wi-Fi, kemudian pilih “Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)” dan klik “Properties”. Setelah itu, pilih opsi “Obtain an IP address automatically” dan “Obtain DNS server address automatically”.

4. Restart Perangkat Anda

Kadang-kadang pesan error “can’t connect to this network” dapat diselesaikan dengan melakukan restart pada perangkat Anda. Restart perangkat dapat membersihkan memori dan memperbaiki masalah pada aplikasi atau sistem operasi yang menyebabkan pesan error tersebut muncul.

Anda dapat melakukan restart pada perangkat Anda dengan menekan tombol power dan memilih opsi “Restart”. Setelah perangkat Anda menyala kembali, coba untuk terhubung ke jaringan Wi-Fi yang diinginkan.

TRENDING :  Cara Menggabungkan File JPG: Panduan Lengkap untuk Menggabungkan Gambar

5. Cek Kembali Driver Wi-Fi Anda

Pesan error “can’t connect to this network” juga dapat disebabkan oleh masalah pada driver Wi-Fi Anda. Pastikan bahwa driver Wi-Fi pada perangkat Anda telah diperbarui ke versi terbaru. Anda dapat memeriksa hal ini dengan membuka “Device Manager” pada perangkat Anda dan mencari driver Wi-Fi. Setelah itu, klik kanan pada driver Wi-Fi dan pilih opsi “Update driver”. Jika ada pembaruan yang tersedia, pilih opsi “Update” untuk memperbarui driver Wi-Fi Anda.

Jika pembaruan driver Wi-Fi tidak tersedia atau tidak memperbaiki masalah, coba untuk menghapus driver Wi-Fi dan menginstal ulang driver tersebut. Anda dapat melakukannya dengan membuka “Device Manager” pada perangkat Anda dan mencari driver Wi-Fi. Setelah itu, klik kanan pada driver Wi-Fi dan pilih opsi “Uninstall device”. Setelah driver Wi-Fi dihapus, restart perangkat Anda dan biarkan sistem operasi memperbarui driver Wi-Fi secara otomatis.

6. Reset Pengaturan Jaringan pada Perangkat Anda

Jika semua solusi di atas tidak berhasil, coba untuk melakukan reset pada pengaturan jaringan pada perangkat Anda. Reset pengaturan jaringan akan menghapus semua pengaturan jaringan yang telah Anda konfigurasi pada perangkat Anda, seperti profil jaringan Wi-Fi, jaringan seluler, dan VPN. Setelah reset, Anda dapat membuat ulang profil jaringan Wi-Fi dan mengatur ulang pengaturan jaringan lainnya.

Anda dapat melakukan reset pengaturan jaringan pada perangkat Anda dengan membuka “Settings” dan klik “Network & Internet”. Setelah itu, pilih “Status” dan klik “Network reset”. Kemudian klik “Reset now” untuk mengkonfirmasi reset pengaturan jaringan pada perangkat Anda.

Dalam artikel ini, kami telah membahas tentang cara mengatasi pesan error “can’t connect to this network” pada perangkat Anda. Pesan error tersebut dapat disebabkan oleh berbagai masalah, seperti masalah pada jaringan Wi-Fi, masalah pada pengaturan jaringan, masalah pada driver Wi-Fi, atau masalah pada perangkat itu sendiri.

TRENDING :  Cara Install Ubuntu Subsystem di Windows 10

Beberapa solusi yang dapat Anda coba untuk mengatasi masalah tersebut antara lain dengan melakukan reset jaringan, memeriksa koneksi jaringan, memeriksa pengaturan jaringan, melakukan restart perangkat, memperbarui atau menginstal ulang driver Wi-Fi, dan melakukan reset pengaturan jaringan pada perangkat Anda.

Setelah Anda mencoba beberapa solusi di atas, kemungkinan besar pesan error “can’t connect to this network” sudah tidak muncul lagi pada perangkat Anda. Namun, jika masalah tersebut masih muncul, sebaiknya Anda menghubungi penyedia jaringan atau perusahaan yang menyediakan perangkat Wi-Fi untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Kami harap artikel ini bermanfaat bagi teman Radar yang sedang mengalami masalah terkait koneksi jaringan Wi-Fi pada perangkatnya. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman Anda yang juga membutuhkan informasi mengenai cara mengatasi pesan error “can’t connect to this network”.