site traffic analytics
Mengatasi FPS Monitoring (MSI Afterburner) Tidak Muncul di CSGO
Mengatasi FPS Monitoring (MSI Afterburner) Tidak Muncul di CSGO

Mengatasi FPS Monitoring (MSI Afterburner) Tidak Muncul di CSGO

Haii teman Radar, kali ini kami akan membahas tentang cara mengatasi masalah FPS monitoring tidak muncul di game CSGO saat menggunakan MSI Afterburner. Sebagai seorang gamer, kita tentunya ingin mengawasi performa game yang kita mainkan dengan FPS monitoring. Namun, masalah seringkali terjadi ketika FPS monitoring tidak muncul saat kita menggunakan MSI Afterburner.

Apa itu MSI Afterburner?

MSI Afterburner adalah salah satu aplikasi monitoring performa komputer yang populer di kalangan gamer. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk memonitoring suhu, clock speed, dan fan speed dari kartu grafis. Selain itu, MSI Afterburner juga dapat digunakan untuk mengoptimalkan performa kartu grafis.

Masalah FPS Monitoring Tidak Muncul di CSGO

Saat menggunakan MSI Afterburner untuk memonitoring FPS di game CSGO, seringkali terjadi masalah di mana FPS monitoring tidak muncul. Hal ini dapat terjadi karena beberapa penyebab seperti konfigurasi aplikasi yang salah atau masalah pada game CSGO itu sendiri.

Cara Mengatasi FPS Monitoring Tidak Muncul di CSGO

1. Pastikan MSI Afterburner Sudah Terinstall

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan bahwa MSI Afterburner sudah terinstall di komputer. Jika belum terinstall, Anda dapat mengunduhnya di website resmi MSI di https://www.msi.com/Landing/afterburner.

2. Aktifkan FPS Monitoring di MSI Afterburner

Setelah MSI Afterburner terinstall, langkah selanjutnya adalah mengaktifkan FPS monitoring di aplikasi tersebut. Caranya adalah dengan membuka aplikasi MSI Afterburner, kemudian klik tombol settings di bagian bawah.

Setelah itu, pilih tab Monitoring, kemudian aktifkan OSD (On-Screen Display) untuk FPS. Pastikan juga bahwa posisi OSD sudah dipilih dengan benar.

3. Konfigurasi Steam Overlay

Jika langkah kedua sudah dilakukan namun masih gagal, kemungkinan masalah terletak pada konfigurasi Steam overlay. Steam overlay adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk memonitoring FPS di game menggunakan layar overlay.

TRENDING :  Cara Cek Windows 11 Sudah Aktif atau Belum

Untuk mengaktifkan Steam overlay, buka aplikasi Steam dan masuk ke menu Settings. Setelah itu, pilih tab In-Game dan aktifkan fitur “Enable the Steam Overlay while in-game”.

Jika Steam overlay sudah diaktifkan namun masih gagal, coba untuk menonaktifkan fitur tersebut, kemudian aktifkan kembali setelah beberapa saat.

4. Matikan Aplikasi Lain yang Berjalan

Jika semua langkah di atas sudah dilakukan namun masih gagal, kemungkinan masalah terletak pada aplikasi lain yang berjalan di latar belakang.

Coba untuk menutup semua aplikasi yang tidak diperlukan selama bermain game, terutama aplikasi yang menggunakan overlay seperti GeForce Experience atau Discord. Aplikasi tersebut dapat mengganggu overlay pada MSI Afterburner dan menyebabkan masalah FPS monitoring tidak muncul di CSGO.

5. Cek Konfigurasi Game CSGO

Jika semua langkah di atas sudah dilakukan dan masih belum berhasil, coba untuk memeriksa konfigurasi game CSGO. Pastikan bahwa dalam game, console sudah diaktifkan dengan menekan tombol ~ pada keyboard.

Kemudian ketik perintah “net_graph 1” di console untuk memunculkan net graph. Jika net graph muncul, berarti masalah bukan pada game CSGO namun pada overlay pada MSI Afterburner.

6. Perbarui Driver Kartu Grafis

Jika semua cara di atas sudah dilakukan dan masih gagal, coba untuk memperbarui driver kartu grafis. Driver yang sudah usang dapat menyebabkan masalah pada overlay pada MSI Afterburner.

Anda dapat mengunduh driver terbaru untuk kartu grafis Anda di website resmi produsen kartu grafis seperti Nvidia atau AMD.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
Apakah MSI Afterburner gratis? Ya, MSI Afterburner adalah aplikasi gratis yang dapat diunduh di website resmi MSI.
Apakah MSI Afterburner dapat digunakan untuk kartu grafis selain dari MSI? Ya, MSI Afterburner dapat digunakan untuk kartu grafis dari produsen lain selama kartu grafis tersebut mendukung fitur monitoring yang disediakan oleh aplikasi ini.
Apakah FPS monitoring dapat mengurangi performa game? Tidak, FPS monitoring tidak memiliki pengaruh terhadap performa game. Namun, jika penggunaan overlay pada aplikasi monitoring performa terlalu banyak, hal ini dapat mempengaruhi performa game.
Apakah MSI Afterburner dapat digunakan untuk memonitoring performa CPU? Tidak, MSI Afterburner hanya dapat digunakan untuk memonitoring performa kartu grafis.
TRENDING :  Cara Screenshot Panjang di Android iPhone

Kesimpulan

Demikianlah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah FPS monitoring tidak muncul di game CSGO saat menggunakan MSI Afterburner. Langkah-langkah tersebut meliputi memastikan MSI Afterburner sudah terinstall, mengaktifkan FPS monitoring di aplikasi tersebut, konfigurasi Steam overlay, menutup aplikasi lain yang berjalan, memeriksa konfigurasi game CSGO, dan memperbarui driver kartu grafis.

Dalam beberapa kasus, masalah dapat diatasi dengan melakukan beberapa langkah yang lebih mudah seperti menonaktifkan dan mengaktifkan kembali fitur FPS monitoring pada MSI Afterburner atau mengubah konfigurasi Steam overlay. Namun, jika masalah masih tetap terjadi, cobalah untuk melakukan langkah yang lebih ekstensif seperti memperbarui driver kartu grafis.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda mengatasi masalah FPS monitoring yang tidak muncul di game CSGO saat menggunakan MSI Afterburner. Jangan lupa untuk selalu memperbarui driver kartu grafis dan aplikasi gaming lainnya secara berkala untuk memastikan kinerja yang optimal.

Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan atau memberikan saran melalui kolom komentar di bawah ini. Kami akan senang mendengar pendapat Anda. Terima kasih telah membaca artikel ini dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.