site traffic analytics

Cara Memunculkan Icon Volume di Taskbar

Haii Teman Radar, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara memunculkan icon volume di taskbar. Mungkin beberapa dari anda mengalami masalah dimana icon volume tidak muncul di taskbar pada perangkat komputer atau laptop anda. Hal ini dapat menyebabkan anda mengalami kesulitan dalam mengatur dan mengontrol volume suara. Namun, tenang saja karena kami akan memberikan panduan lengkap untuk memunculkan icon volume di taskbar anda. Simak penjelasan berikut ini.

1. Menggunakan Pengaturan Windows

1.1 Langkah 1: Buka Pengaturan

Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah membuka pengaturan pada perangkat anda. Caranya, buka menu Start dan klik ikon gear/roda gigi untuk membuka pengaturan Windows.

1.2 Langkah 2: Pilih Personalisasi

Setelah pengaturan terbuka, pilih opsi “Personalisasi” pada menu.

1.3 Langkah 3: Pilih Taskbar

Selanjutnya, pilih opsi “Taskbar” pada menu sebelah kiri pengaturan personalisasi.

1.4 Langkah 4: Aktifkan Icon Volume

Pada pengaturan taskbar, gulir ke bawah dan cari opsi “Icon System Tray” untuk melihat pengaturan icon volume. Pastikan opsi “Volume” aktifkan.

1.5 Langkah 5: Simpan Perubahan

Terakhir, klik “Simpan” atau “Apply” untuk menyimpan perubahan yang telah anda lakukan pada pengaturan taskbar.

2. Menggunakan Group Policy Editor

2.1 Langkah 1: Buka Group Policy Editor

Jika anda menggunakan versi Windows Pro, Enterprise, atau Education, anda dapat membuka Group Policy Editor untuk memunculkan icon volume di taskbar. Caranya, tekan tombol “Win + R” untuk membuka kotak Run, lalu ketik “gpedit.msc” dan tekan Enter untuk membuka Group Policy Editor.

2.2 Langkah 2: Buka Pengaturan Taskbar

Setelah Group Policy Editor terbuka, buka pengaturan “Taskbar and Start Menu” pada jalur berikut: User Configuration -> Administrative Templates -> Start Menu and Taskbar.

TRENDING :  Cara Menghidupkan HP Samsung Jika Tombol Power Rusak

2.3 Langkah 3: Aktifkan “Remove the Volume Control icon”

Pada pengaturan taskbar, cari opsi yang disebut “Remove the Volume Control icon” dan pastikan opsi tersebut tidak diaktifkan atau “Not Configured”. Jika opsi tersebut diaktifkan, nonaktifkan atau pilih “Not Configured”.

2.4 Langkah 4: Simpan Perubahan

Setelah itu, klik “Apply” atau “OK” untuk menyimpan perubahan yang telah anda lakukan pada pengaturan Group Policy Editor.

3. Menggunakan Registry Editor

3.1 Langkah 1: Buka Registry Editor

Jika anda tidak memiliki akses ke Group Policy Editor, anda dapat menggunakan Registry Editor untuk memunculkan icon volume di taskbar. Caranya, tekan tombol “Win + R” untuk membuka kotak Run, lalu ketik “regedit” dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.

3.2 Langkah 2: Buka Pengaturan Taskbar

Setelah Registry Editor terbuka, buka pengaturan “Taskbar” pada jalur berikut: HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer.

3.3 Langkah 3: Buat Nilai DWORD

Pada pengaturan taskbar, klik kanan pada area kosong di panel kanan, pilih “New” dan pilih “DWORD (32-bit) Value”. Beri nama nilai DWORD tersebut “NoTrayItemsDisplay” (tanpa tanda kutip) dan pastikan nilai tersebut adalah 0.

3.4 Langkah 4: Simpan Perubahan

Terakhir, tutup Registry Editor dan restart perangkat anda untuk menerapkan perubahan yang telah anda lakukan.

4. Menggunakan Command Prompt

4.1 Langkah 1: Buka Command Prompt sebagai Administrator

Buka Command Prompt dengan hak akses administrator. Caranya, tekan tombol “Win + X” dan pilih “Command Prompt (Admin)” dari menu yang muncul.

4.2 Langkah 2: Jalankan Perintah

Jalankan perintah berikut di Command Prompt:

reg delete "HKCU\Software\Classes\Local Settings\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\TrayNotify" /v "IconStreams" /f
reg delete "HKCU\Software\Classes\Local Settings\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\TrayNotify" /v "PastIconsStream" /f
taskkill /f /im explorer.exe
start explorer.exe

4.3 Langkah 3: Simpan Perubahan

Setelah perintah berhasil dijalankan, tutup Command Prompt dan restart perangkat anda untuk menerapkan perubahan yang telah anda lakukan.

TRENDING :  Cara Download Install Aktivasi Matlab R2015a

5. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

5.1 Langkah 1: Download dan Instal Aplikasi

Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk memunculkan icon volume di taskbar. Cari aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan anda dan download serta instal aplikasi tersebut pada perangkat anda.

5.2 Langkah 2: Buka Aplikasi

Setelah aplikasi terinstal, buka aplikasi tersebut dan cari opsi untuk mengaktifkan atau memunculkan icon volume di taskbar. Pastikan anda menyimpan perubahan yang telah anda lakukan pada aplikasi tersebut.

5.3 Langkah 3: Restart Perangkat

Terakhir, restart perangkat anda untuk menerapkan perubahan yang telah anda lakukan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

FAQ

1. Apa yang menyebabkan icon volume tidak muncul di taskbar?

Icon volume mungkin tidak muncul di taskbar karena pengaturan yang salah, masalah pada sistem operasi, atau pengaruh dari program pihak ketiga.

2. Apakah semua versi Windows dapat menggunakan Group Policy Editor?

Tidak, hanya versi Windows Pro, Enterprise, atau Education yang dapat menggunakan Group Policy Editor.

3. Apakah Registry Editor dapat merusak sistem operasi?

Registry Editor adalah alat yang kuat dan memodifikasi registri dengan tidak hati-hati dapat merusak sistem operasi. Oleh karena itu, sebaiknya berhati-hati saat menggunakan Registry Editor.

4. Apakah Command Prompt dapat menghapus data penting pada perangkat?

Command Prompt dapat menghapus data penting jika perintah yang salah dijalankan. Pastikan untuk melakukan backup data anda sebelum menjalankan perintah melalui Command Prompt.

5. Bagaimana saya memilih aplikasi pihak ketiga yang aman dan terpercaya?

Sebelum menginstal aplikasi pihak ketiga, pastikan untuk membaca ulasan pengguna, memeriksa reputasi pengembang, dan mendownload aplikasi dari sumber yang terpercaya.

Kesimpulan

Memunculkan icon volume di taskbar adalah langkah penting untuk mengatur dan mengontrol volume suara pada perangkat komputer atau laptop kita. Dalam artikel ini, kami telah membahas beberapa cara untuk memunculkan icon volume di taskbar, mulai dari menggunakan pengaturan Windows, Group Policy Editor, Registry Editor, Command Prompt, hingga menggunakan aplikasi pihak ketiga. Anda dapat memilih metode yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi anda.

TRENDING :  Cara Hutang Pulsa Telkomsel: Solusi Mudah untuk Mengisi Pulsa di Saat Darurat

Pastikan untuk mengikuti langkah-langkah dengan teliti dan hati-hati saat melakukan perubahan pada pengaturan sistem. Jika anda masih mengalami masalah dengan icon volume di taskbar, disarankan untuk mencari bantuan dari teknisi IT yang berpengalaman. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu anda dalam memunculkan icon volume di taskbar. Terima kasih telah membaca!