site traffic analytics

Cara Membagi Layar di Windows 10

Haii Teman Radar, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara membagi layar di Windows 10. Bagi pengguna Windows 10, fitur ini dapat sangat berguna untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam bekerja. Dengan membagi layar, Anda dapat dengan mudah melihat dan bekerja dengan beberapa aplikasi atau jendela secara bersamaan tanpa harus beralih antara satu yang lain. Mari kita simak cara melakukan pembagian layar di Windows 10 berikut ini!

Membagi Layar dengan Shortcut Keyboard

Cara yang paling cepat dan mudah untuk membagi layar di Windows 10 adalah dengan menggunakan shortcut keyboard. Anda dapat menggunakan kombinasi tombol win + panah kiri atau win + panah kanan untuk memindahkan jendela aktif ke setengah bagian layar.

1. Untuk membagi jendela aktif ke setengah bagian layar kiri, tekan tombol win + panah kiri.

2. Untuk membagi jendela aktif ke setengah bagian layar kanan, tekan tombol win + panah kanan.

Menggandakan Jendela pada Layar

Selain membagi layar menjadi dua bagian, Windows 10 juga memungkinkan Anda untuk menggandakan jendela pada layar. Dengan fitur ini, Anda dapat dengan mudah bekerja dengan beberapa jendela yang sama tanpa perlu membagi layar menjadi dua.

1. Untuk menggandakan jendela aktif pada layar, klik dan tahan tombol jendela (di sudut kanan atas jendela) dan seret jendela ke salah satu sisi layar.

2. Saat pointer berubah menjadi tanda plus (+), lepaskan tombol jendela untuk menggandakan jendela pada layar.

Memperbesar atau Memperkecil Jendela

Selain membagi layar, Windows 10 juga menawarkan fitur memperbesar atau memperkecil jendela. Anda dapat dengan mudah mengatur ukuran jendela sesuai kebutuhan Anda.

TRENDING :  Cara Daftar Netflix di iPhone

1. Untuk memperbesar atau memperkecil jendela, arahkan cursor pada bagian tepi jendela yang ingin diubah ukurannya.

2. Saat cursor berubah menjadi tanda panah ganda, tahan tombol kiri mouse dan seret tepi jendela ke arah yang diinginkan.

Menggunakan Snap Assist

Windows 10 juga dilengkapi dengan fitur Snap Assist yang memudahkan Anda untuk mengatur jendela-jendela yang terbuka secara otomatis. Fitur ini sangat berguna jika Anda bekerja dengan beberapa aplikasi atau jendela dalam satu waktu.

1. Untuk menggunakan Snap Assist, buka dulu beberapa aplikasi atau jendela yang ingin Anda tampilkan pada layar secara bersamaan.

2. Seret jendela ke salah satu sisi layar dan biarkan Snap Assist mengatur jendela lainnya secara otomatis.

Menggunakan Fitur Virtual Desktop

Windows 10 juga memiliki fitur Virtual Desktop yang memungkinkan Anda untuk membuat beberapa desktop virtual. Dengan fitur ini, Anda dapat dengan mudah mengatur dan beralih antara beberapa aktivitas atau tugas yang berbeda.

1. Untuk menggunakan fitur Virtual Desktop, klik tombol Task View di taskbar atau tekan tombol win + tab.

2. Klik tombol “Tambah Desktop Baru” di bagian kanan bawah layar.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Bagaimana cara mengembalikan jendela ke ukuran semula setelah membagi layar?

Untuk mengembalikan jendela ke ukuran semula setelah membagi layar, cukup seret jendela ke atas atau bawah hingga memenuhi layar penuh. Kemudian, seret jendela ke salah satu sisi layar untuk mengembalikannya ke ukuran sebelumnya.

2. Apakah fitur membagi layar hanya tersedia di Windows 10?

Ya, fitur membagi layar yang disebutkan dalam artikel ini hanya tersedia di Windows 10. Versi Windows sebelumnya tidak memiliki fitur ini secara bawaan.

TRENDING :  Cara Memasang VPN di Google Chrome

3. Apakah shortcut keyboard bisa digunakan untuk menggandakan jendela pada layar?

Tidak, shortcut keyboard digunakan untuk membagi layar menjadi dua bagian. Untuk menggandakan jendela pada layar, Anda perlu menggunakan metode yang dijelaskan pada bagian terkait di artikel ini.

4. Apakah ada batasan jumlah desktop virtual yang dapat dibuat di Windows 10?

Tidak, Anda dapat membuat sebanyak mungkin desktop virtual sesuai kebutuhan Anda di Windows 10.

5. Apakah fitur Snap Assist dapat dinonaktifkan?

Ya, Anda dapat menonaktifkan fitur Snap Assist melalui pengaturan Windows 10. Buka Pengaturan > Sistem > Multitasking, dan matikan sakelar “Dapatkan saran tentang apa yang bisa dilakukan dengan setiap jendela di layar”.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas cara membagi layar di Windows 10 untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam bekerja. Anda dapat menggunakan shortcut keyboard, menggandakan jendela, memperbesar atau memperkecil jendela, menggunakan Snap Assist, dan fitur Virtual Desktop untuk mengatur dan bekerja dengan beberapa aplikasi atau jendela secara bersamaan. Dengan memanfaatkan fitur-fitur ini, Anda dapat dengan mudah menyesuaikan tampilan dan mengorganisir pekerjaan Anda sesuai kebutuhan. Jangan ragu untuk mencoba dan eksplorasi sendiri fitur-fitur yang telah kami jelaskan. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mengoptimalkan penggunaan Windows 10!