site traffic analytics
Apa Itu Aplikasi Mendeley? Cara Menggunakan dan Keuntungan Bagi Peneliti
Apa Itu Aplikasi Mendeley? Cara Menggunakan dan Keuntungan Bagi Peneliti

Apa Itu Aplikasi Mendeley? Cara Menggunakan dan Keuntungan Bagi Peneliti

Haii teman Radar! Kali ini kami akan membahas tentang aplikasi Mendeley yang merupakan salah satu aplikasi penting bagi para peneliti dalam mengorganisir referensi dan mengelola literatur penelitian. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan secara detail tentang apa itu aplikasi Mendeley, cara menggunakannya, dan keuntungan apa yang dapat didapatkan oleh peneliti.

Apa Itu Aplikasi Mendeley?

Aplikasi Mendeley adalah sebuah perangkat lunak manajemen referensi gratis yang dapat digunakan oleh peneliti dan mahasiswa dalam mengelola literatur penelitian mereka. Aplikasi ini diluncurkan pada tahun 2008 dan saat ini dimiliki oleh Elsevier, perusahaan penerbitan terbesar di dunia.

Fitur-Fitur Mendeley

Mendeley memiliki berbagai fitur yang sangat membantu bagi para peneliti dalam mengelola referensi dan literatur penelitian mereka. Beberapa fitur Mendeley yang paling penting antara lain:

1. Membuat dan mengelola daftar referensi

Dengan Mendeley, para peneliti dapat membuat dan mengelola daftar referensi mereka dengan mudah. Aplikasi ini memungkinkan para penggunanya untuk mengimpor referensi dari berbagai sumber, termasuk dari database online dan PDF.

2. Membuat dan mengelola kutipan dan bibliografi

Mendeley juga memudahkan pengguna dalam membuat dan mengelola kutipan dan bibliografi mereka. Aplikasi ini dapat menghasilkan kutipan dan bibliografi secara otomatis dalam berbagai format, termasuk APA, MLA, dan Chicago.

3. Kolaborasi dengan pengguna lain

Mendeley memudahkan para peneliti dalam berkolaborasi dengan peneliti lain. Aplikasi ini memungkinkan para penggunanya untuk berbagi referensi dan dokumentasi penelitian dengan mudah, serta memberikan akses kepada pengguna lain untuk mengedit dan menambahkan referensi.

4. Mengatur dan menandai literatur

Mendeley memungkinkan pengguna untuk mengatur dan menandai literatur dengan mudah. Aplikasi ini memungkinkan para penggunanya untuk menambahkan catatan dan tag ke setiap referensi, sehingga memudahkan pengguna dalam mengatur dan menemukan literatur penelitian yang relevan.

TRENDING :  Telkom Group Perkenalkan Layanan Digital TADEX

5. Membuat profil akademik

Mendeley juga memungkinkan para peneliti untuk membuat profil akademik mereka sendiri. Profil ini dapat digunakan untuk menampilkan karya-karya penelitian, jurnal yang di-publish, dan statistik lainnya.

Cara Menggunakan Mendeley

Bagi yang belum familiar dengan aplikasi Mendeley, berikut adalah langkah-langkah cara menggunakan aplikasi Mendeley:

Download dan Install Aplikasi

Langkah pertama dalam menggunakan Mendeley adalah mengunduh dan menginstal aplikasinya. Aplikasi Mendeley dapat diunduh secara gratis dari situs web resminya, dan tersedia untuk Windows, Mac, dan Linux.

Setelah mengunduh aplikasi, ikuti langkah-langkah instalasi yang disediakan. Setelah selesai menginstal aplikasi, buka aplikasi Mendeley untuk pertama kali.

Mendaftar Akun Mendeley

Setelah membuka aplikasi Mendeley, langkah selanjutnya adalah mendaftar akun. Anda dapat mendaftar akun Mendeley menggunakan akun Facebook atau Google Anda, atau dengan mengisi formulir pendaftaran yang disediakan.

Setelah mendaftar akun, Anda dapat melengkapi profil Anda dengan informasi akademik dan penelitian Anda. Ini akan membantu orang lain dalam menemukan profil Anda dan mencari referensi dan dokumentasi penelitian Anda.

Import Referensi ke Mendeley

Setelah mendaftar akun, Anda dapat mulai mengimpor referensi ke Mendeley. Anda dapat mengimpor referensi dari berbagai sumber, termasuk dari database online seperti Google Scholar, PubMed, dan Scopus, atau dari file PDF yang telah Anda unduh.

Untuk mengimpor referensi, buka aplikasi Mendeley dan klik tombol “Add Document”. Anda dapat memilih sumber referensi yang ingin Anda impor, dan Mendeley akan secara otomatis menambahkan referensi tersebut ke dalam daftar referensi Anda.

Mengatur dan Menandai Referensi

Setelah Anda mengimpor referensi ke Mendeley, langkah selanjutnya adalah mengatur dan menandai referensi. Anda dapat menambahkan tag dan catatan ke setiap referensi untuk membantu Anda mengorganisir dan menemukan referensi yang relevan dengan mudah.

TRENDING :  Berikut Cara Pasang Set Top Box pada TV Analog di Rumah

Anda juga dapat membuat koleksi referensi untuk mengelompokkan referensi yang memiliki topik atau tema yang sama. Ini akan membantu Anda dalam mengelola referensi Anda dengan lebih efektif.

Membuat Kutipan dan Bibliografi

Setelah Anda mengatur dan menandai referensi, langkah selanjutnya adalah membuat kutipan dan bibliografi. Mendeley dapat menghasilkan kutipan dan bibliografi secara otomatis dalam berbagai format, termasuk APA, MLA, dan Chicago.

Untuk membuat kutipan atau bibliografi, cukup klik tombol “Cite” pada referensi yang ingin Anda gunakan, dan Mendeley akan secara otomatis menghasilkan kutipan atau bibliografi dalam format yang Anda pilih.

Keuntungan Menggunakan Mendeley

Ada banyak keuntungan yang dapat diperoleh dengan menggunakan aplikasi Mendeley dalam mengorganisir dan mengelola literatur penelitian. Beberapa keuntungan tersebut antara lain:

1. Meningkatkan Efisiensi Penelitian

Dengan Mendeley, para peneliti dapat mengorganiskan dan mengelola referensi mereka dengan lebih efisien. Dalam waktu yang lebih singkat, mereka dapat menemukan referensi yang dibutuhkan, mengatur referensi mereka, dan membuat kutipan dan bibliografi dengan mudah dan cepat.

2. Kolaborasi dengan Peneliti Lain

Mendeley memudahkan para peneliti untuk berkolaborasi dengan peneliti lain dalam proyek penelitian mereka. Mereka dapat berbagi referensi, membuat grup penelitian, dan berdiskusi tentang topik penelitian dengan anggota grup.

3. Integrasi dengan Sumber Referensi Online

Mendeley dapat dengan mudah mengimpor referensi dari sumber online seperti Google Scholar, PubMed, dan Scopus. Ini memudahkan para peneliti dalam mencari referensi dan mengelola referensi mereka dalam satu tempat.

4. Sinkronisasi dengan Aplikasi Seluler

Mendeley juga tersedia dalam bentuk aplikasi seluler, yang memudahkan para peneliti untuk mengakses referensi mereka dari mana saja dan kapan saja. Aplikasi seluler Mendeley tersedia untuk iOS dan Android.

TRENDING :  Cara Ampuh Mempercepat Koneksimu Untuk Kerja dan Belajar Online

Orang Juga Bertanya:

Pertanyaan Jawaban
Apa itu Mendeley? Mendeley adalah aplikasi manajemen referensi yang memudahkan para peneliti dalam mengorganisir dan mengelola literatur penelitian mereka.
Bagaimana cara menggunakan Mendeley? Anda dapat menggunakan Mendeley dengan mengunduh dan menginstal aplikasinya, mendaftar akun, mengimpor referensi, mengatur dan menandai referensi, dan membuat kutipan dan bibliografi.
Apakah Mendeley gratis? Ya, Mendeley dapat diunduh dan digunakan secara gratis. Namun, ada juga versi premium yang menawarkan fitur tambahan.
Apa saja keuntungan menggunakan Mendeley? Keuntungan menggunakan Mendeley antara lain meningkatkan efisiensi penelitian, kolaborasi dengan peneliti lain, integrasi dengan sumber referensi online, dan sinkronisasi dengan aplikasi seluler.
Apakah Mendeley tersedia untuk platform selain Windows? Ya, Mendeley tersedia untuk Windows, Mac, dan Linux.

Jadi, itulah pembahasan mengenai apa itu aplikasi Mendeley dan bagaimana cara menggunakannya. Dengan menggunakan Mendeley, para peneliti dapat mengorganisir dan mengelola literatur penelitian mereka dengan lebih efisien dan efektif. Mendeley juga memudahkan para peneliti untuk berkolaborasi dengan peneliti lain dan mengakses referensi mereka dari mana saja dan kapan saja dengan aplikasi seluler. Selain itu, dengan integrasi Mendeley dengan sumber referensi online, para peneliti dapat menemukan referensi yang dibutuhkan dengan mudah dan cepat.

Jangan ragu untuk mencoba aplikasi Mendeley untuk membantu dalam penelitian dan pengelolaan referensi Anda. Unduh aplikasi Mendeley di situs resmi mereka di sini dan mulailah merapikan referensi penelitian Anda sekarang juga!

Cek Berita dan Artikel Radarbatas.com lainnya di Google News.