Cara Mengetahui Jika Akun Facebookmu Telah Diretas

Cara Mengetahui Jika Akun Facebookmu Telah Diretas

Mengingat jumlah data yang kami tambahkan ke Facebook, lebih penting dari sebelumnya untuk memastikan Anda melindungi akun Anda. Namun, bahkan pengguna yang paling sadar keamanan pun dapat meretas akun mereka.

Untungnya, Facebook menawarkan beberapa jaminan untuk melindungi Anda dari peretas. Berikut cara mengetahui apakah seseorang telah meretas akun Facebook Anda.

Periksa login Facebook yang tidak dikenali

Cara Mengetahui Jika Akun Facebookmu Telah Diretas

Facebook melacak semua perangkat yang Anda gunakan untuk masuk ke akun Anda. Biasanya, itu adalah ponsel cerdas, tablet, laptop, dan, jika Anda memiliki majikan yang murah hati, komputer kantor Anda. Jika Anda menerima permintaan masuk dari perangkat atau browser yang tidak biasa, Anda dapat meminta Facebook untuk mengirimkan pemberitahuan.

Untuk mengkonfigurasi fitur ini, masuk ke akun Facebook Anda, klik panah kecil di sudut kanan atas layar dan pilih Settings > Settings & Privacy dari menu. Selanjutnya, di panel di sisi kiri layar, klik Security and Login. Ini adalah item kedua dalam daftar.

Sekarang Anda perlu menggulir ke bawah ke Setting up extra security > Get alerts about unrecognized logins. Klik Ubah untuk melihat opsi yang tersedia.

Anda bisa meminta notifikasi ponsel cerdas, notifikasi email, atau keduanya. Tandai kotak centang di sebelah pilihan. Jika sudah siap, klik Save Changes.

Penting untuk diperhatikan bahwa fungsi ini tidak memblokir upaya login; itu hanya memberi tahu Anda bahwa login telah terjadi.

Periksa lokasi akses

Cara Mengetahui Jika Akun Facebookmu Telah Diretas

Meskipun Anda belum mengatur pemberitahuan untuk login yang tidak dikenal atau tidak biasa, masih mungkin untuk melihat bukti seseorang meretas akun Facebook Anda. Anda dapat memeriksa daftar sesi Facebook aktif Anda dan melihat riwayat lengkap aktivitas terbaru Anda.

TRENDING :  4 Cara Mudah Mengimpor Kata Sandi ke Chrome

Untuk memeriksa lokasi di mana akun Anda masuk, Anda harus sekali lagi mengklik panah kecil di sudut kanan atas layar beranda Facebook dan memilih Settings > Settings & Privacy dari menu drop-down. Di panel kiri, pilih Security and Login. Lalu gulir ke bawah ke Where you’re logged in.

Anda akan melihat semua sesi Facebook yang aktif dan terbaru. Sesi aktif saat ini akan memiliki indikator Aktif sekarang bersama dengan nama perangkat / browser.

Untuk setiap sesi, Anda dapat melihat jenis perangkat, lokasi dan tanggal. Jika sesi yang tidak dikenali ditampilkan, klik pada tiga titik vertikal di sebelah nama sesi dan pilih Not You > Secure Account. Facebook akan memandu Anda melalui berbagai opsi yang ditawarkannya untuk membuat akun Anda lebih aman.

Anda harus memperhatikan bahwa daftar ini didasarkan pada alamat IP Anda, jadi lokasinya mungkin tidak sepenuhnya akurat. Tetapi perhatikan lokasi atau perangkat aneh yang tidak dapat dijelaskan oleh VPN Anda.

Untuk menutup semua sesi aktif, Anda dapat memilih Log out of all sessions di bagian bawah daftar. Jika Anda melakukan langkah ini, sebaiknya segera ubah kata sandi Anda dan aktifkan otentikasi dua faktor. Ini akan mencegah peretas yang mengetahui kata sandi Anda mendapatkan kembali akses ke akun Anda.

Keluar dari semua sesi juga bisa menjadi tindakan biasa yang Anda lakukan dari waktu ke waktu untuk melindungi akun Anda dan keluar dari perangkat yang tidak lagi Anda gunakan.

Tanda-tanda bahwa Facebook Anda telah diretas

Ingat, diretas tidak selalu berarti seseorang memiliki akses ke kredensial Anda. Lagi pula, Anda mungkin secara tidak sengaja meninggalkan akun Anda yang sudah masuk di komputer umum.

TRENDING :  Hobi Cari Internet Gratis di Kafe? Waspada Kejahatan Siber di Balik Wifi Publik

Jika seseorang telah mengakses akun Anda, Anda mungkin dapat melihat beberapa tanda bahwa Anda meretas:

  • Apakah data pribadi Anda (nama, tanggal lahir, posisi, perusahaan, dll.) Diubah?
  • Apakah Anda sekarang berteman dengan orang yang tidak Anda kenal?
  • Apakah pesan dikirim dari akun Anda tanpa sepengetahuan Anda?
  • Pernahkah Anda melihat postingan yang tidak biasa di timeline Anda?

Jika Anda melihat tanda-tanda ini, Anda harus mengambil langkah-langkah untuk melindungi akun Anda.

Jika Anda tidak lagi dapat masuk ke akun Facebook Anda karena peretas mengubah kata sandi Anda, pastikan untuk membaca panduan ini yang menjelaskan cara memulihkan akun Facebook Anda ketika Anda tidak lagi dapat masuk.

Alat Anti-Peretasan Pihak Ketiga

Selain alat anti-peretasan internal Facebook, Anda juga dapat membuka beberapa situs pihak ketiga yang memungkinkan Anda memeriksa apakah akun Facebook Anda telah diretas atau tidak.

Salah satu yang terbaik adalah Have I Been Pwned. Situs web ini memungkinkan Anda memasukkan alamat email atau nama pengguna yang kemudian digunakan untuk memindai basis data peretasan situs. Jika terjadi peretasan, Anda akan diberi tahu akun mana yang diretas dan dari mana asal pelanggaran tersebut. Ini cara mudah untuk memeriksa daftar akun Facebook yang diretas.

Anda juga dapat mencatat detail Anda dan diberi tahu jika peretasan baru terjadi di masa mendatang.

Ingat, jika Anda menjadi korban peretasan, Anda harus segera mengubah kata sandi pada akun yang terpengaruh. Sebaiknya Anda juga menyiapkan otentikasi dua faktor.

Beri tahu Facebook segera

Cara Mengetahui Jika Akun Facebookmu Telah Diretas

Jika salah satu alat yang telah kita diskusikan dalam artikel ini membuat Anda mengira seseorang telah menyusupi akun Facebook Anda, salah satu hal yang perlu Anda lakukan saat Facebook Anda diretas adalah segera memberi tahu Facebook.

TRENDING :  Singapura Mengesahkan Undang-Undang yang Mengatur Penggunaan Data Pelacakan Kontak oleh Polisi

Untungnya, Facebook sekarang menawarkan alat khusus untuk melaporkan akun yang diretas. Anda perlu membuka facebook.com/hacked dan memberi tahu Facebook mengapa menurut Anda akun Anda disusupi. Empat pilihan tersebut adalah:

  • Saya melihat kiriman, pesan, atau acara di akun saya yang tidak saya buat.
  • Orang lain memasuki akun saya tanpa izin saya.
  • Saya menemukan akun yang menggunakan nama atau foto saya.
  • Orang dapat melihat hal-hal tentang saya yang menurut saya bersifat pribadi.

Hanya dua yang pertama yang memandu Anda melalui kuesioner keamanan akun Facebook internal. Orang lain membawa Anda ke halaman informasi privasi dan plagiarisme.

Apakah Anda mengikuti sesi Facebook Anda?

Singkatnya, Facebook menawarkan dua alat asli yang membantu Anda menentukan apakah Anda telah diretas:

  • Peringatan untuk login yang tidak diakui.
  • Daftar semua sesi Facebook Anda baru-baru ini.

Jika Anda menggabungkan alat-alat ini dengan situs pihak ketiga dan beberapa akal sehat, Anda akan dapat langsung mengetahui apakah seseorang telah meretas akun Facebook Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *