Apa yang Didengar Kucing?

Kucing terkadang adalah makhluk yang suka disalahpahami. Anda mungkin melihat mereka berdiri di sudut melihat ke dinding, bertingkah seperti mereka mengejar sesuatu yang tidak ada di sana, atau berlarian di sekitar rumah seperti melihat hantu . Sebenarnya, kucing tidak memiliki ESP (setidaknya tidak seperti yang kita ketahui!), tetapi indra mereka sangat berbeda dari kita. Pendengaran kucing, misalnya, memperkuat suara dan telinga mereka berputar untuk memberi mereka gambaran pendengaran yang jelas tentang hal-hal yang tidak bisa didengar manusia.

Cara kerja pendengaran kucing

Bentuk dan posisi telinga kucing memungkinkannya untuk mendengar dengan sangat baik. Telinga luar kucing besar, tegak, dan berbentuk kerucut. Bentuk telinga luar kucing , yang disebut pinna, menangkap gelombang suara dan menyalurkannya melalui saluran telinga ke gendang telinga. Pinna dikendalikan oleh 30 otot , yang memungkinkannya berputar 180 derajat. Sebaliknya, anjing memiliki sekitar 18 otot yang mengontrol pinna mereka.

Kucing dapat mengontrol setiap pinna telinga secara mandiri, sehingga mereka dapat memutar setiap telinga untuk menentukan sumber suara. Bentuk corong saluran telinga kucing yang lebih dalam dan lebih runcing terdengar lebih dalam ke telinga dengan lebih efektif. Telinga bagian dalam kucing memiliki tiga tulang kecil, palu, landasan, dan sanggurdi, yang berfungsi seperti telinga manusia.

Apa yang bisa didengar kucing?

Telinga kucing dapat memperkuat gelombang suara dua atau tiga kali untuk frekuensi antara 2.000 dan 6.000 siklus per detik, juga dikenal sebagai Hertz (Hz). Rentang frekuensi pendengaran normal untuk manusia adalah 20 hingga 20.000 hertz. Dalam desibel, manusia dapat mendengar rentang suara normal 0 hingga 180 dB, meskipun apa pun yang lebih dari 85 dB dianggap keras dan berpotensi merusak.

TRENDING :  Kenapa Kucing Menjilati Kita? Berikut Ulasannya

Manusia dan kucing sama-sama memulai jangkauan pendengaran mereka pada sekitar 20 Hz, tetapi kucing dapat mendengar frekuensi yang jauh lebih tinggi daripada yang kita bisa, dan jauh lebih tinggi daripada yang bisa didengar anjing. Jurnal Hearing Research mengatakan jangkauan pendengaran kucing untuk suara 70 dB SPL (tingkat tekanan suara) meluas dari 48 Hz hingga 85.000 Hz. Sebagai perbandingan, AKC mengatakan bahwa anjing dapat mendengar hingga 67.000 hertz. Kita manusia biasa dapat mendeteksi suara hingga 20.000 hertz.

Sebuah studi penelitian lama yang sering dikutip oleh Louisiana State University mengatakan kucing mampu mendengar suara bernada jauh lebih tinggi hingga 1,6 oktaf di atas jangkauan manusia, dan satu oktaf di atas apa yang bisa didengar anjing. jangkauan anjing. Animal Planet mengatakan kucing yang sehat dapat mendengar suara empat atau lima kali lebih jauh daripada manusia. Tidak hanya itu, mereka adalah pemburu yang sangat terampil sehingga jika seekor kucing berjarak tiga kaki dari asal suara, ia dapat menentukan lokasi suara itu hingga beberapa inci hanya dalam enam seperseratus detik.

Ketulian dan kebutaan pada kucing putih

Ada kepercayaan umum bahwa kucing putih dilahirkan buta atau tuli, atau keduanya. Faktanya, kucing putih tidak memiliki insiden kebutaan herediter yang lebih tinggi daripada kucing dengan warna lain. Namun, ada kemungkinan kucing putih bermata biru lebih rentan terhadap ketulian. Untuk kucing dengan dua mata biru, Pusat Kesehatan Cornell Feline mengatakan bahwa 65 sampai 85 persen dari kucing putih dengan dua mata biru tuli.

Hanya 17 hingga 22 persen kucing putih dengan mata tidak biru yang terlahir tuli. Untuk kucing dengan satu mata biru, persentase itu naik hingga 40 persen. Jika kucing memiliki satu mata biru, mereka akan selalu tuli pada sisi yang sama dengan mata biru.

TRENDING :  Ternyata Ini Alasannya Kenapa Anak Kucing Sering Dijilat oleh Induknya?

Mengapa kucing putih dengan mata biru tuli? Genetika adalah biang keladinya. Gen yang bertanggung jawab atas warna bulu putih adalah gen dominan yang disebut W. gen ini tidak hanya bertanggung jawab atas warna bulu putih tetapi memiliki lebih dari satu efek — mata biru dan tuli juga. Karena merupakan gen dominan, semua kucing dengan gen tersebut akan memiliki bulu putih, yang juga sangat menghubungkan gen tersebut dengan warna mata biru dan indera pendengaran kucing juga, tetapi tidak semua kucing putih atau kucing putih bermata biru memiliki gen tersebut. tuli. gen dan/atau faktor lingkungan.

Namun, cukup umum bahwa peternak dan pemilik yang bertanggung jawab harus memeriksa kucing putih mereka untuk ketulian melalui tes sederhana yang disebut pengujian BAER – respons yang membangkitkan pendengaran batang otak. Jika Anda memiliki kucing yang tuli, ia akan membutuhkan perawatan dan perhatian ekstra untuk melindunginya dari mobil yang melaju kencang dan predator.