Bagaimana Cara Merawat Kucing Berusia Tua

Bagaimana Cara Merawat Kucing Berusia Tua

Jika kamu baru saja mengadopsi kucing tua dikehidupan dan rumah kalian, atau kucing teman kalian sudah mulai beranjak dewasa bertahun-tahun lalu, kamu mungkin memiliki pertanyaan bagaimana cara merawat kucing.

Sebagian besar merawat kucing yang lebih tua membutuhkan komitmen yang sama seperti kucing yang lebih muda, dengan beberapa pertimbangan tambahan cara merawat kucing tua.

Secara umum kucing tua akan memperlihatkan sedikit energi dan kegembiaraan dari pada kucing muda, dan mungkin mereka menunjukkan tanda-tanda penuaan seperti radang sendi, masalah gigi, dan perubahan kebiasaan mereka.

Apa itu Kucing Berusia Tua?

Meskipun tidak ada garis keras yang ditetapkan untuk kucing menyebrang ke status usia tua, sebagian besar medis mencatat bahwa perubahan yang disebabkan oleh usia mulai kelihatan pada diri kucing antara usia 7 sampai 10 tahun.

Di usia 12 tahun, kucing akan dianggap berusia lanjut, dan perubahan harus dilakukan di bidang-bidang seperti perawatan hewan dan diet untuk memastikan kesehatan dan kebugaran terbaik untuk kehidupan selanjutnya.

pada umumnya kucing berusia lajut kadang membutuhkan waktu yang lebih tenang daripada kucing muda, dan akan lebih rentan terhadap penyakit karena disebabkan sistem kekebalan semain lemah. Namun seekor kucing dimasa keemasaannya tentu mampu memberikan cinta dan kasih sayang, mungkin masih berburu di kemudian hari, dan masih membutuhkan kesempatan untuk berolahraga secara teratur, sama seperti kucing lainnya.

Masalah umum Pada Kucing Berusia Tua

Untuk sebagian besar, kucing yang lebih tua mampu menjalani hidup sama penuhnya dengan rekan-rekan mereka yang lebih muda, meskipun beberapa perubahan dalam kesehatan fisik dan perilaku dicatat di antara banyak kucing di kemudian hari. Salah satu sumber masalah umum pada kucing yang berusia lanjut yaitu saluran kemih. Karena Penyakit saluran kemih dibagian bawah kucing, atau sering disebut FLUTD, tidak jarang di antara kucing paruh baya dan senior yang mungkin menunjukkan gejala seperti mengejan untuk buang air kecil, menangis saat buang air kecil, dan buang air kecil di luar kotak pasir. Masalah gigi juga dapat muncul pada kucing senior, seperti penyakit periodontal , yang tidak jarang terjadi tetapi dapat diobati dan dicegah dengan perawatan gigi rutin sepanjang hidup kucing. Terkadang, intoleransi makanan mungkin muncul pada kucing yang lebih tua, seperti perubahan kebiasaan makan mereka, seperti makan berlebihan atau kurang.

TRENDING :  Cara Membasmi Kutu pada Kucing

Akhirnya, Anda mungkin akan melihat perubahan perilaku pada kucing Anda seiring bertambahnya usia, banyak di antaranya tidak perlu dikhawatirkan dan hanya datang dengan proses penuaan alami. Seperti hewan usia lanjut, kucing akan mengalami perubahan dalam memori, kesadaran, persepsi dan fungsi kognitif. Semua keterbatasan ini dapat mengakibatkan perubahan pada perilaku mereka, dan beberapa kucing mungkin menjadi lebih pemalu, cemas, agresif, atau mudah tersinggung, sementara yang lain mungkin menemukan diri mereka mencari kenyamanan dan sedikit lebih meringkuk daripada sebelumnya.

Cara merawat kucing yang lebih tua

Seiring bertambahnya usia kucingmu, perawatan dokter hewan harus ditingkatkan menjadi pemeriksaan setiap enam hingga 12 bulan, dan jenis perawatan yang diterima kucing Anda akan berubah sesuai dengan usianya. Misalnya, pemeriksaan darah dan pemeriksaan tinja harus dilakukan setahun sekali saat pemeriksaan untuk membantu menemukan penyakit atau kondisi apa pun yang mungkin memerlukan perawatan.

Meskipun tidak dijamin terjadi pada setiap kucing yang menua, masalah medis seperti masalah tiroid, kanker, gangguan penglihatan dan pendengaran, dan bahkan kepikunan dapat memengaruhi banyak kucing di kemudian hari. Kunjungan dokter hewan secara teratur dapat membantu penjaga kucing menentukan apakah gejala seperti peningkatan tidur atau penurunan nafsu makan adalah gejala masalah medis atau hanya efek samping dari penuaan. Dokter hewan Anda juga dapat merekomendasikan diet yang sesuai untuk kucing Anda yang menua.

Untuk membantu menjaga kucing Anda tetap sehat dan senyaman mungkin di tahun-tahun terakhir hidupnya, tetap di atas perawatan kucing dasar adalah tempat terbaik untuk memulai. Menyediakan air bersih dan makanan, kotak pasir segar, dan kasih sayang saat dibutuhkan dapat berkontribusi pada kualitas hidup yang baik untuk kucing yang lebih tua. Selain itu, perawatan biasanya melambat seiring bertambahnya usia kucing, jadi lakukan penyikatan bulu secara teratur, pembersihan gigi (jika disarankan oleh dokter hewan Anda), dan pemangkasan kuku dapat membantu kucing Anda tetap nyaman. Jika kucing Anda memiliki masalah mobilitas, membuat barang sehari-hari dapat diakses, seperti mangkuk makanan dan air, kotak pasir, dan tempat istirahat favorit dapat membantu kucing Anda menyesuaikan diri dengan keterbatasan yang baru ditemukan ini, yang sering terjadi seiring waktu. Banyak induk kucing akan menambahkan tempat makan tambahan dan kotak pasir di sekitar rumah, serta tangga atau permukaan yang kokoh agar kucing dapat memanjat dan mencapai titik-titik dari tanah.

TRENDING :  Kenapa Kucing Menyukai Sepatu yang Bau?

Terakhir, bagian dari membuat hidup kucing yang menua menjadi nyaman adalah dengan menghormati ruang dan batasannya, dan tidak menempatkannya pada posisi yang mungkin membuatnya gelisah. Jika Anda tahu kucing Anda tidak suka dibelai oleh orang baru, ditangani oleh anak kecil, diganggu oleh anjing, atau dijemput oleh siapa pun, pastikan untuk memberi tahu siapa pun di rumah untuk mematuhi batasannya. Jika memungkinkan, berikan waktu dan ruang pribadi untuk kucing Anda yang lebih tua untuk menemukan waktu sendiri jika ia membutuhkannya.

Kata Kunci

merawat kucing umur 1 bulan-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *