Alasannya Kenapa Anak Kucing Sering Dijilat oleh Induknya

Ternyata Ini Alasannya Kenapa Anak Kucing Sering Dijilat oleh Induknya?

Memiliki kucing peliharaan yang melahirkan beberapa anak kucing menggemaskan pasti sangat membahagiakan bagi kita. Melihat perilaku induk dan anak-anak kucing tersebut itu dapat membuat kita senang dan mengusir stres sepanjang hari.

Salah satu perilaku yang kerap terjadi adalah induk kucing menjilat anak kucing. Aktivitas ini pun rutin dilakukan oleh induk kucing.

Nah, apa penyebab induk kucing menjilat anak kucing? Dilansir dari The Nest, Rabu (17/2/2021), berikut beberapa alasannya.

1. Waktunya Mandi

Kucing adalah pembersih yang sangat teliti. Semuanya harus rapi dan teratur, terutama mantel bulunya.

Induk kucing mungkin menjilat anak kucing hanya untuk membersihkannya atau memandikannya. Setelah dia menyelesaikan ritual mandi paginya sendiri, dia mungkin meringkuk dan menjilati anak-anaknya.

Ini dilakukan bahkan jika sang anak sudah bisa mandi sendiri. Dia membantu bayi kucing dan menunjukkan kepadanya dengan menghilangkan kotoran dari kulit terluarnya yang halus.

2. Berbagi Aroma

Segera setelah induk kucing merasa nyaman dengan anggota keluarga barunya, dia ingin membuatnya lebih akrab dengannya. Induk kucing akan menjilat anak-anaknya untuk menyebarkan aromanya.

Dia menandai anak-anaknya agar baunya seperti bagian dari keluarganya dan juga agar dia lebih terbiasa dengan baunya.

Dia mungkin akan menjilatnya sebagai balasan, menukar aromanya sendiri. Pertukaran aroma ini membantu ikatan kucing.

3. Kasih Sayang

Saat kucing-kucing Anda terus terikat, mereka akan menjilat satu sama lain untuk menunjukkan kasih sayang. Induk kucing menjilat anak-anaknya untuk menunjukkan kepadanya bahwa dia aman dan dia menyayanginya.

Mereka kemungkinan besar akan mendengkur selama sesi mandi ini untuk memberi sinyal satu sama lain bahwa masing-masing tenang dan nyaman. Sinyal ini memberitahu Anda bahwa kucing Anda sangat bahagia dan memiliki hubungan yang kuat.

TRENDING :  Cara Menghilangkan Kutu Kucing Secara Alami

4. Menjilat Kompulsif

Pikirkan semua perilaku Anda untuk menenangkan diri, misalnya menggigit kuku, mengetuk jari, atau menggoyangkan kaki. Kucing memiliki tingkah laku yang serupa.

Beberapa kucing adalah penjilat kompulsif dan selalu menjulurkan lidah karena hal itu tampak menghibur. Jika induk kucing merasa stres, hiperaktif, atau hanya bosan, dia mungkin menjilat anak-anaknya untuk menenangkan dirinya sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *